WordPress Itu Apa? Selengkapnya Tentang WordPress

281
5
Wordpress Itu Apa, Info Lengkap Tentang Wordpress
Wordpress Itu Apa, Info Lengkap Tentang Wordpress

WordPress itu Apa? Mungkin sebagian dari Anda masih belum tahu tentang apa itu WordPress? Pertama kali saya membaca berita di majalah pada 2007, saya juga memiliki pertanyaan yang sama.

Jawaban singkat dan sedikit teknis untuk pertanyaan itu. WordPress itu apa? WordPress adalah perangkat lunak / skrip yang dapat diinstal di server / hosting untuk membuat situs web, situs web apa pun!

Dan untuk membuka wawasan, saya akan menulis lebih banyak tentang berbagai organisasi di balik WordPress. Karena saya semakin mencintai WordPress dan saya membuat WPKamt.com setelah mengetahui siapa yang berakting di balik layar. Ekspansi komunitas sejauh ini (tahun 2016) telah menjadi platform yang digunakan oleh 25% situs web di seluruh dunia.

Sejarah Tentang WordPress

WordPress adalah perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web, apakah itu situs web pribadi, situs portal berita, atau bahkan toko online.

Pada tahun 2003, Matt Mullenweg menemukan WordPress karena kebutuhannya akan perangkat lunak penerbitan online. Pada saat itu, b2 adalah salah satu perangkat lunak serupa yang menghentikan pengembangan. Matt dan beberapa rekannya memalsukan kode b2 dan menjadi WordPress.

Beberapa saat kemudian, Movable Type, salah satu platform penerbitan online lainnya, memiliki harga yang sesuai dengan penggunaannya. Semakin banyak orang mencari alternatif gratis, WordPress adalah pilihan tepat saat itu.

Sejauh ini, WordPress tumbuh sangat cepat di bawah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Matt, Automattic.Inc.

Tentang Perusahaan Automattic

Automattic adalah induk dari beberapa produk yang terkait dengan Web. Beberapa penyedia perangkat lunak dan situs web terkait WordPress dikelompokkan ke dalam kategori Automattic. Dua peran paling penting dalam pengembangan WordPress adalah penyedia blog gratis dengan WordPress, WordPress.com, dan situs web komunitas WordPress.org.

WordPress itu Apa?

Jika Anda ingin tahu seperti apa WordPress itu, Anda dapat mengunjungi WordPress.com dan mendaftar di sana. Anda bisa mendapatkan blog dengan nama seperti bloghebat.wordpress.com gratis. Atau, Anda dapat memilih nama lain seperti bloghebat.com dengan membayar biaya tahunan untuk domain dan hosting (disebut domain kustom (pemetaan domain) / peningkatan).

Pilihan nama domain kustom adalah salah satu perusahaan WordPress, meskipun itu adalah perangkat lunak 100% sumber bebas dan terbuka, tetapi pengembangannya juga memerlukan biaya.

WordPress.com adalah sumber pendapatan untuk mendukung kelangsungan pengembangan selain berbagai layanan berbayar lainnya.

Pengertian WordPress Self Hosting

WordPress.org adalah salah satu referensi pertama untuk pengguna WordPress. Selain sejumlah blog yang didedikasikan untuk WordPress, seperti ini, tentu saja.

Biasanya juga disebut WordPress Self-Hosted name (karena menggunakan hosting sendiri). Cukup beli hosting dan domain Anda sendiri (yang relatif murah dari domain kustom WordPress.com), lalu instal WordPress di server, lalu instal tema dan plugin yang Anda butuhkan.

Tema membuat desain situs web / blog Anda berubah sesuai keinginan. Dengan plugin tersebut, Anda dapat menambahkan berbagai fitur tambahan yang tidak ada di WordPress. Tema dan plugin ini membuat WordPress fleksibel, bisa berupa blog biasa, bahkan situs web portal berita atau bahkan toko online.

Jika Anda mengalami masalah tertentu dengan WordPress, Anda juga dapat mencoba menemukan solusi melalui forum WordPress, di mana pengguna lain dapat membantu Anda.

Untuk pengembang, di sinilah mereka mengirimkan karya mereka dalam bentuk tema dan plugin yang jumlahnya ribuan.

5 KOMENTAR

  1. sempet iseng sama WP dan sudah bikin akun tapi tidak keurus. jadinya balik seriusin blogger deh.. menurut ku lebih simpel

  2. Wp self hosting memang memiliki keunggulan lebih jika dibandingkan dengan Blogspot yang gratisan, sedangkan Wp.com dan Blogspot sebenarnya hampir sama. Sama-sama kebanned jika berisi konten yang tidak sesuai dengan SK, khususnya Wp.com yang sangat sensitif 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here