√ Ukuran ID Card B1, B2, B3, B4, Kartu Nama, KTP, dan Panitia

161
0
Ukuran ID Card B1, B2, B3, B4, Kartu Nama, KTP, Panitia

Ukuran ID Card – ID Card atau juga bisa disebut sebagai Kartu Identitas merupakan sebuah benda yang sangat penting yang dimiliki oleh hampir setiap orang di manapun.

Di saat kita berkunjung ke suatu tempat tentulah ID Card sangat berperan sekali. ID Card bisa menjadi cara kita mengenali seseorang atau juga bisa membuat kita agar dikenal oleh orang lain.

Dengan menggunakan ID Card kita dapat mengenal seseorang tanpa melakukan sebuah kontak apapun seperti contoh kita tidak usah berjabat tangan sekalipun.

Karena, kita dapat mengenali orang tersebut hanya dengan melihat ID Card yang dipakai olehnya(jika orang tersebut sedang menggunakan ID CARDnya).

Untuk memahami lebih jelas pengertian akan ID CARD anda bisa membacanya pada paragraf di bawah ini.

Apa Itu ID CARD atau Kartu Tanda Pengenal ?

ID Card adalah singkatan Identity Card yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu Tanda Pengenal. ID Card adalah sebuah alat bantu untuk seseorang dapat berinteraksi dengan orang-orang yang baru mereka kenal melalui data tulisan yang tertera di dalam ID Card itu sendiri.

Pada sebuah ID Card biasanya terdiri dari beberapa informasi, yaitu : Nama, Nomor, dan beberapa informasi lainnya tergantung dari jenis ID Card yang digunakan orang tersebut. ID Card sendiri sebetulnya adalah benda yang sangat tidak asing bagi kita.

Kita mungkin sering menemukan benda ini dalam kehidupan kita sehari-hari secara disengaja ataupun tidak. ID Card ini sangat bermanfaat selain membuat kita dapat dikenal oleh orang lain secara mudah ataupun mengenal orang lain secara mudah tanpa melalui kontak khusus.

ID Card sendiri dapat membuat suatu ruang lingkup dalam aktivitas kita lebih mudah dan terjaga. Hal tersebut tergantung dari data apa yang tertera dalam ID Card yang digunakan tersebut.

Terkadang ID Card sendiri sering kali diwajibkan dalam suatu acara atau aktivitas tertentu. Sebagai contohnya : Saat Ruang Lingkup Bekerja, Mendatangi Acara Tertentu, Sebagai Tanda Anggota Pelajar/Mahasiswa, dan lain lain.

Untuk lebih jelasnya memahami fungsi dari ID Card simak pembahasannya di bawah ini :

Fungsi ID CardFungsi ID Card

Jika dilihat dari kepanjangannya yaitu Identity Card, mungkin anda sudah mengetahui artinya yaitu Kartu Identitas. Sebenarnya sudah sejak lama masyarakat sudah menggunakan ID Card dalam kehidupannya dalam bermsyarakat.

Apalagi dengan kondisi pada saat ini yang di mana masyarakat banyak sekali melakukan aktivitas yang berkelompok, seperti menjadi seorang mahasiswa, anggota club, dan anggota-anggota lainnya.

Tidak hanya sebagai identitas ID Card juga digunakan dalam berbegai kepentingan komersil. Seperti pada contoh di bawah ini.

Fungsi ID Card Sebagai Kepentingan Komersil

  1. Penggunaan ID Card sebagai kartu kredit ataupun debit.
  2. Penggunaan ID Card sebagai kartu member di suatu pusat perbelanjaan.
  3. Kartu anggota suatu tempat permainan tertentu.

Dengan penggunaan ID Card untuk kepentingan komersil tersebut, dapat membuat kita lebih mudah dalam menjalani berbagai aktivitas yang diperlukan.

Bahkan tidak hanya itu saja, ID Card pun sering kali digunakan oleh berbagai pihak dalam suatu acara sebagai sebuah sarana dalam mempromosikan perusahaan ataupun jasa yang mereka miliki.

Jadi secara tidak langsung ID Card tersebut digunakan sebagai sarana iklan oleh mereka untuk melakukan promosi.

Atau dalam lingkup pekerja, ID Card sendiri biasanya selain digunakan sebagai tanda pengenal juga sebagai informasi jabatan atau divisi seseorang saat berada di tempat kerja.

Apakah anda pernah melihat disaat teman atau kerabat anda sedang membuka dompet. Lalu anda melihat banyak sekali ID Card yang ada di dompet mereka dengan berbagai ukuran yang berbeda serta pasti fungsinya berbeda pula.

Untuk mengenal jenis-jenis ID Card, saya akan membahasnya di bawah ini.

Jenis – Jenis ID Card

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas fungsi utama ID Card adalah sebagai Kartu Identitas atau sebagai sebuah sarana untuk melakukan aktivitas tertentu.

Bayangkan jika dalam suatu organisasi masyarakat tidak adanya ID Card? Tentunya hal itu akan membuat antar anggota kebingungan untuk mengetahui identitas teman atau kerabat serta apa jabatan teman atau kerabat mereka.

Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa jenis-jenis ID Card yang biasanya digunakan oleh masyarakat :

  1. KTP
  2. ATM
  3. SIM
  4. Digunakan sebagai ID Card organisasi
  5. Digunakan untuk ID Card karyawan
  6. Bisa juga sebagai ID Card member belanja, dan lain lain.

Salah satu atau semua dari jenis ID Card di atas yang telah saya sebutkan mungkin sedang anda miliki saat ini. Salah satunya yang paling banyak dimiliki ialah KTP yang menunjukkan bahwa kita adalah Warga Negara Indonesia.

Tentukan Ukuran Kartu ID Card Dahulu

Ukuran Kartu Nama

Sebelum anda memutuskan untuk membuat sebuah ID Card anda harus terlebih dahulu mengetahui ukuran yang akan dipakai untuk jenis ID Card itu sendiri.

Ukuran-ukuran ID Card itu sendiri sebenarnya sudah memiliki standar internasionalnya masing-masing yang dikeluarkan oleh International Organization for Standards(ISO).

Pada dasarnya ukuran yang telah dikeluarkan oleh ISO sendiri juga sudah disesuaikan baik dari jenis ukuran kertasnya yang akan dipakai.

Pada mesin printer sendiri biasanya memiliki sebuah standar berbeda untuk setiap ukuran kertas yang akan dicetak. Dengan demikian tentu saja akan mempermudah proses cetak ID Card yang akan anda buat.

Pihak ISO sendiri telah menjelaskan tentang bagaimana karakteristik ataupun ciri-ciri fisik ID Card itu sendiri. Ciri-ciri tersebut ialah :

  1. Resistensi terhadap air
  2. Bahan kikia
  3. Kelenturan
  4. Seuhu serta kelembapan
  5. Toxisitas

Tidak hanya ukuran saja yang ditentukan oleh ISO, namun ketebalan suatu ID Card pun ada standarnya. ISO menjelaskan ukuran ketebalan suatu ID Card adalah 0.76 mm (0.030 in).

Di bawah ini adalah ukuran standar sebuah ID Card menurut ISO

1. Ukuran ID-1

ID Card ID-1 memiliki sebuah ukuran kertas 85.60 x 53.98 mm (3,370 x 2,125 in) dilengkapi bagian sudut berukuran radius 2,88 – 3,28 mm.

Ukuran ID Card ini biasanya sering kali digunakan untuk proses pembuatan ID Card pada industri perbankan. Contohnya yaitu : Kartu Kredit, Kartu ATM, serta ID Card yang lainnya.

Untuk beberapa negara tertentu ukuran ID Card ini digunakan sebagai pembuatan Kartu Tanda Pengenal(KTP), kartu member berlangganan, kartu nama, bahkan tiket transportasi umum. Ukuran ID-1 ini biasa juga disebut ukuran CR80.

2. Ukuran ID-2

ID Card ID-2 memiliki ukuran kertas dengan ukuran 105 x 74 mm (4,134 x 2,913 in). Untuk ukuran yang satu ini sebenarnya tidaklah terlalu populer digunakan.

Hany sebagian negara saja yang menggunakan ukuran kertas ID Card dengan ukuran ID-2 ini. Bahkan ada yang bilang kalau ukuran ID-2 ini karena dianggap tidak praktis saat menyimpannya, menjadikan ukuran ini sudah tidak digunakan kembali.

Beberapa negara yang menggunakan ukuran ID-2 ini sebagai Kartu Tanda Pengenal ialah Negara Jerman, Negara Kroasia, dan juga Negara Luxemburg. Untuk negara Jerman untuk saat ini menggunakan jenis kertas ukuran ID-1 di atas.

Karena negara Jerman menggunakan ukuran ID-2 ini sebelum tanggal November 2010 saja.

3. Ukuran ID-3

ID Card ID-3 memiliki ukuran kertas dengan ukuran 125 x 88 mm (4,921 x 3,465 in). Ukuran yang satu ini sering kali digunakan pada pembuatan Paspor serta Visa diberbagai negara di dunia.

Untuk ukuran ini sepertinya tidaklah cukup jika anda menyimpannya di dompet anda yang berukuran sedang.

4. Ukuran ID-000

ID Card ID-4 ini memiliki ukuran kertas 25 x 15 mm, dengan hiasan sudutnya yang terpotong miring sekitar 3 mm.

Ukuran ID Card yang satu ini biasanya digunakan untuk pembuatan SIM Card ataupun kartu telepon seluler saat ini. Mungkin anda sering melihat ukuran ini saat anda sedang memegang kartu perdana seluler yang anda miliki.

Sebenarnya ukuran kartu perdana itu menggungakan ukuran ID-1(CR80), namun selanjutnya pada bagian dalamnya yang bisa dipotong memiliki ukuran ID-000

Ukuran Kartu Tanda Pengenal Pada Umumnya

 

Di atas merupakan ukuran standar suatu ID Card. Namun masih ada berbagai ukuran ID Card yang sering kali digunakan. Di bawah ini adalah beberapa jenis serta ukuran ID Card yang sering kali digunakan pada umumnya.

1. Ukuran ID Card KTP atau E-KTP

Seperti yang mungkin anda sudah ketahui pada saat ini di Indonesia telah mengalami perubahan ID Card, dari KTP menjadi E-KTP. E-KTP atau KTP Elektronik bentuknya mengikuti sebuah standar ISO 7810.

Jika diuraikan ukuran ID Card KTP atau E-KTP yang kita miliki berukuran 85.60 x 53.98 mm. Jika diubah ke cm ukuran KTP atau E-KTP kita adalah 8.56 x 53.98 cm.

2. Ukuran ID Card pada Name Tag atau Co Card

Penggunaan ID Card Name Tag biasanya akan digunakan pada ID Card tanda peserta serta yang lainnya. ID Card Name Tag ini memiliki ukuran yang cukup beragam, yaitu :

  • 5.8 cm x 8.6 cm
  • 8.1 cm x 11.2 cm
  • 9.5 cm x 11.9 cm
  • 9.7 cm x 13.7 cm

Sedangkan untuk ukuran Co Card memiliki ukuran:

1. ID Card A1

Ukuran pada ID Card A1 ini memiliki ukuran 100 x 68 mm yang memiliki bentuk landscape.

2. ID Card A2

Ukuran pada ID Card A2 ini memiliki ukuran 106 x 82 cm dengan bentuk landscape juga.

3. ID Card B1

Ukuran pada desain ID Card B1 yaitu 85 x 55 mm serta ukuran plastiknya yaitu 100 x 65 mm.

4. ID Card B2

Ukuran pada ID Card B2 yaitu 10.5 x 7 cm dengan ukuran plastiknya ialah 12.3 x 8 cm.

5. ID Card B3

Ukuran pada ID Card B3 ialah 105 x 85 cm dengan ukuran plastiknya yaitu 122 x 95 mm.

6. ID Card B4

Ukuran pada ID Card B4 yakni 135 x 95 mm disertai ukuran plastiknya ialah 150 x 105 mm.

7. ID Card A5

Ukuran pada ID Card A5 ialah 148 x 210 mm.

8. ID Card B6

Ukuran pada ID Card B6 yaitu 125 x 176 mm.

9. ID Card Pegawai Negeri Sipil(PNS)

Ukuran pada ID Card PNS yaitu 54 x 86 mm.

10. ID Card Panitia

Umumnya ukuran ID Card panitia menggunakan ukuran B1, B3, ataupun B4 juga bisa.

Ukuran ID Card Pada Kartu Nama

Name Card atau dalam Bahasa Indonesianya memiliki arti Kartu Nama adalah sebuah alat yang digunakan sebagai tanda pengenal yang di dalamnya tertera data identitas seseorang.

Dengan adanya kartu nama ini tentu sangat berguna sebagai pengenalan diri seseorang atau bisa juga sebagai cara untuk mempromosikan bisnis melalui kartu nama.

Untuk di Indonesia pada biasanya kartu nama yang sering digunakan memiliki ukuran 90 x 55 mm atau juga bisa dengan ukuran 80 x 53 mm. Apabila diubah ke cm yaitu ukuran 9 x 5.5 cm, dan 8 x 5.3 cm. Bisa juga diubah ke ukuran pixel yaitu 1063 x 650 pixels sesuai 300 dpi.

Langkah-Langkah Sebelum Mengatur Ukuran

Di saat anda akan membuat sebuah Kartu Tanda Pengenal atau Name Tag dengan ukuran tertentu yang akan anda cetak. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dan terapkan secara berurut, yaitu :

1. Buatlah Desain Terlebih Dahulu

Sebelum mencetak suatu ID Card tentu saja anda harus memperhatikan beberapa aspek penting seperti font yang akan digunakan, warna hingga desain fotonya.

Banyak sekali aplikasi pengeditan untuk membuat sebuah ID Card pada saat ini. Beberapa aplikasi tersebut ialah Coreldrsw, Photoshop, dan juga Canva(mudah sekali untuk digunakan).

2. Masukkan Foto

Setelah anda membuat sebuah desain ID Card yang akan anda cetak. Sebaiknya terlebih dahulu sebelum anda mencetaknya anda menambahkan foto ke dalam ID Card yang telah didesain sebelumnya.

Di sarankan bagi anda untuk menggunakan foto yang memiliki ukuran serta kualitas foto yang sangat baik. Hal ini diperuntukkan agar tidak terjadinya foto anda burem saat setelah dicetak.

3. Atur Ukuran Yang Anda Inginkan

Biasanya pada canva sendiri anda dapat dengan mudah mengatur ukuran gambar serta desain yang akan anda buat. Jadi jika anda menggunakan canva anda bisa mengatur ukuran ID Cardnya terlebih dahulu.

Jika anda kebingungan karena belum melihat contoh ID Card itu sendiri bagaimana, maka anda bisa melihat contoh desain ID Card di bawah ini.

Contoh Desain ID Card

Untuk anda yang pusing memikirkan bagaimana cara membuat desain suatu ID Card. Di bawah ini saya akan memberikan 2 contoh desain ID Card yang saya temukan di website penyedia gambar gratis Freepik.com.

1.Desain ID Card 12.Desain ID Card 2Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta membantu aktivitas harian anda.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

0