Ahrefs Webmaster Tools
Blogging, Knowledge

7 Tool Riset Keyword Gratis Powerfull dan Cocok untuk SEO

Tool Riset Keyword Gratis – Research Keyword atau yang artinya riset kata kunci adalah sebuah aktivitas yang di mana akan membuat anda mencari tahu kesulitan serta volume dari sebuah kata kunci.

Riset keyword merupakan sebuah aktivitas yang sangat penting sekali apabila anda akan menulis sebuah artikel, baik itu artikel untuk website milik anda sendiri ataupun artikel untuk keperluan perusahaan di tempat kerja anda.

Wajib sekali bagi anda untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu. Kenapa? Karena dengan melakukan sebuah riset keyword anda akan mengetahui berapa volume pencarian dari suatu kata kunci yang akan anda buat menjadi sebuah artikel.

Selain dapat mengetahui volume dari kata kunci itu sendiri, anda juga bisa mengetahui seberapa tinggi tingkat kesulitan dari suatu keyword.

Untuk lebih jelasnya mengetahui apa saja manfaat yang akan anda dapatkan dari meriset sebuah kata kunci. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Melakukan Riset Kata Kunci dengan Tool Riset Keyword

Banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan apabila anda melakukan riset suata kata kunci sebelum membuatnya menjadi suatu artikel.

1. Dapat Mengetahui Jumlah Volume Suatu Kata Kunci

Tentunya anda sebagai seorang penulis tidak ingin bukan apabila sebuah artikel yang anda buat sepi dari pengunjung? Tentu sajakan.

Maka dari itu riset keyword sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan melakukan sebuah riset keyword pada suatu keyword yang anda maksud, anda dapat dengan mudah melihat seberapa besar volume keyword tersebut.

Setelah mengetahui volume dari keyword tersebut, tentu saja dapat membuat anda menjadi semangat dong apabila anda tahu banyak atau tidak yang mencari kata kunci tersebut di mesin pencari.

Jangan sampai anda membuat sebuah artikel yang ternyata kata kunci yang anda bidik, ternyata memiliki jumlah volume pencarian yang sedikit. Hmm no no no !

2. Mampu Memperkirakan Seberapa Berat Persaingan di Keyword Tersebut

Nah yang ini cukup penting sekali lho!. Sebagai seorang blogger pemula hal ini sangat-sangatlah penting. Mengapa demikian? Pada dasarnya website yang baru masih memiliki kualitas domain yang belum cukup menurut pandangan google.

Seperti halnya seorang bayi yang baru lahir, banyak hal yang harus dia lewati agar bisa segera sampai ke tahap berlari. Menurut pendapat saya sendiri, sepertinya google juga memiliki penilaian tertentu terhadap website-website baru.

Jangan sampai anda yang memiliki website baru, lalu akan membuat sebuah artikel dengan menargetkan sebuah kata kunci yang cukup berat saingannya. Boleh-boleh saja sebenarnya.

Namun saya merasa sih mungkin kedepannya anda akan merasa kesulitan atau kecewa, karena peningkatan trafik pada website baru anda cenderung lama naiknya.

Saran saya, anda mencari sebuah kata kunci yang tidak terlalu tinggi saja pencariannya serta dengan memiliki jumlah pencarian yang lumayan perbulannya.

Untuk lebih dalam anda bisa menggunakan sebuah extension tambahan pada browser anda yang bernama SEOQUAKE, yang bertujuan sebagai pelengkap saat anda akan melakukan riset keyword.

SEOQUAKE merupakan tools yang dapat membuat anda melihat berbagai metrik dari sebuah website.

Oke sudah pahamkan pentingnya riset keyword itu? Yuk lihat beberapa tool riset keyword gratis rekomendasi Aorlin di bawah ini.

10 Tool Riset Keyword Gratis yang Powerfull

1. Ubersuggest

Tool Riset Keyword Gratis

Ubersuggest merupakan sebuah tool riset keyword yang sebenarnya tidak sepenuhnya gratis. Alias ada paket berbayarnya juga untuk tools yang satu ini.

Tools ini merupakan salah satu tools riset keyword yang sangat populer diberbagai kalangan para blogger.

Walau baru-baru ini pihak Ubersuggest melakukan perubahan pada toolsnya, yang membuat sekarang tools ini tidak sepenuhnya menjadi gratis.

Namun anda jangan khawatir, sebab tools ini masih dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Walaupun “dibatasi” untuk menampilkan semua statistiknya.

Tapi, lumayan sih menurut saya sendiri tools ini.

2. Google Suggest

Tool Riset Keyword Gratis

Nah yang satu ini mungkin anda tidak menyadari telah menggunakannya. Jadi Google Suggest ini terdapat di kolom pencarian google sendiri.

Saat anda akan mencari sesuatu di google. Pernahkan anda melihat sebuah referensi lebih lanjut dari apa yang anda ketikkan di google sebelum anda menelusurinya(mengetikan kata kunci yang anda cari tersebut).

Jika anda sadar sebetulnya, kata kunci yang direkomendasikan oleh google itu adalah sebuah kata kunci yang sering digunakan oleh orang lain di mesin pencari google.

Anda bisa mengkombinasikan hal ini dengan menambahkan beberapa google dork tertentu sebelum kata kunci anda.

Contoh:

Allintitle:KATA KUNCI Anda

Nah dengan begini anda dapat melihat berapa jumlah para website yang akan menjadi saingan anda. Praktis bukan?, bisa juga anda kombinasikan dengan menggunakan tools seo SEOQUAKE.

3. Keywordtool.io

Tool Riset Keyword Gratis

Tools riset keyword yang satu ini merupakan tools yang sering juga saya gunakan. Sebab tools ini dapat membuat anda melihat berbagai macam keyword turunan dari suatu kata kunci.

Sayangnya untuk melihat metrik volume pada kata kunci yang anda maksud di tool ini tidaklah gratis.

Jadi apabila anda ingin melihat sebuah metrik volume pencarian dari kata kunci yang anda masukkan pada kolom di tools ini anda harus berlangganan terlebih dahulu.

Namun, anda bisa memanfaatkan tools ini untuk mencari berbagai macam keyword serta keyword turunan loh. Lumayan bukan?

Baca juga : 4 Kelebihan NFC Serta Pengertian NFC Pada HP

4. Google Keyword Planner

Riset Keyword Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan sebuah tool yang bisa digunakan untuk anda yang ingin meriset kata kunci, ataupun untuk anda yang ingin mengiklankan sesuatu di Google Ads(Google Adwords).

Dengan tools ini anda bisa dengan mudah mengetahui perkiraan jumlah volume pencarian dari suatu kata kunci.

Namun Google Keyword Planner ini memiliki sebuah kekurangan. Kekurangan pada tool Google Keyword Planner ini yaitu terdapat pada hasil volume dari keyword yang tidak dijelaskan secara detail.

Misalnya, anda mencari suatu kata kunci. Saat menggunakan tool ini kata kunci yang anda masukkan yang misalnya seharusnya memiliki jumlah volume 300.

Maka kemungkinan google akan menampilkannya dengan perkiraan seperti contoh ini. Volume pencarian “100-1000”.

Mungkin anda bisa mengkombinasikan tool satu ini dengan tool SEO yang lain, agar hasilnya dapat lebih maksimal.

5. Ahrefs Webmaster Tools

Ahrefs Webmaster Tools

Ini yang seru nih. Baru-baru ini ahrefs telah merilis sebuah tool bernama Ahrefs Webmaster Tool.

Walaupun tool ini lebih bertujuan untuk memantau perkembangan dari suatu website milik anda.

Namun anda bisa menggunakannya juga untuk melihat kata kunci apa saja di website milik anda yang sedang naik atau turun.

Banyak fitur yang dapat anda gunakan, namun dibatasi tentunya. Karena, memang tool Ahrefs ini adalah tool yang berbayar.

6. Moz.com

Riset Keyword Moz Pro

Anda memiliki website bule? atau website berbahasa inggris? Mencoba moz.com tidak ada salahnya untuk anda.

Dikarenakan tool ini memiliki menu untuk melakukan research keyword juga.

Bahkan, tool ini menyediakan promosi ‘free trial’ loh. Walaupun untuk menggunakan banyak fitur di moz ini anda harus berlangganan terlebih dahulu.

Tetapi, anda bisa menggunakan promo ‘Free Trial’ yang ditawarkan oleh moz loh.

Namun, anda harus memiliki sebuah kartu kredit atau kartu debit yang support dan dapat digunakan untuk mendaftar free trial di moz.

Saya menyarankan untuk anda, agar tidak menggunakan sebuah kartu kredit atau credit card ya!.

Mengapa demikian? sebab ditakutkan nantinya dari pihak moz akan langsung menagih untuk pembayaran ke kartu kredit anda, saat setelah habis atau saat akan habis masa free trial anda.

7. Soovle.com

Riset Keyword Soovle.com

Untuk tool keyword tool yang satu ini lumayan juga sebenarnya. Di tool ini anda akan melihat berbagai rekomendasi keyword saat anda memasukkan keyword pendek yang anda maksud.

Tool ini sebenarnya agak mirip seperti google suggest atau mungkin memang menggunakan mesin milik google juga.

Eits eits. Tapi, kelebihan dari tools ini yaitu anda dapat melihat berbagai referensi keyword yang juga dicari di beberapa platform lainnya.

Bagaimana? banyak bukan Tool Riset Keyword Gratis yang dapat anda gunakan. Walaupun memang dari beberapa tool di atas ada yang tidak sepenuhnya gratis.

Namun anda masih bisa memanfaatkannya untuk mengkombinasikannya dengan tool riset keyword yang lainnya.

Penutup

Oke sekian dari saya pada pembahasan kali ini yang membahas Tool Riset Keyword Gratis.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, juga membantu anda untuk tetap belajar SEO atau dalam melakukan aktivitas Blogging.

Terima kasih.

2