Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula di Showroom / Bukan

155
0
Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula di Showroom

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula – Membeli barang bekas tentu haruslah bagi kita memperhatikan kondisi dan performa barang tersebut.

Termasuk juga disaat anda akan membeli sebuah mobil bekas. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang dapat membeli mobil baru. Beberapa di antaranya mungkin lebih memilih mobil bekas dikarenakan suatu hal.

Entah dikarenakan harganya yang cukup mahal, atau karena alasan yang lain. Bisa juga karena orang tersebut lebih menyukai mobil dengan tahun yang sudah tua, yang mungkin saja produk barunya sudah tidak produksi lagi.

Bagi anda yang masih ingin membeli mobil bekas. Tentu saja anda tidak akan mengetahui apa saja yang telah terjadi dan telah dilakukan si pemilik sebelumnya terhadap mobil bekas yang akan kamu beli.

Karena, tidak semua orang selalu menjual mobilnya dalam kondisi buruk. Terkadang ada saja orang yang menjual mobilnya masih dalam kondisi yang sangat baik. Hal tersebut mungkin saja, sebab kita tidak selalu mengetahui alasan si pemilik sebelumnya menjual mobil tersebut.

Namun untuk mendapatkan sebuah mobil second dengan kualitas yang baik ada beberapa hal yang perlu anda pahami. Tentunya ada ilmu dalam segala hal, bahkan saat akan membeli mobil second sekalipun.

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula di Showroom atau Perorangan

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula di Showroom atau Perorangan

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas, yaitu:

1. Cari Tahu Harga Mobil Bekas yang Akan Kamu Beli

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula

Mencari tahu terlebih dahulu harga mobil bekas yang akan kamu beli merupakan hal yang sangat penting sekali. Dengan mengetahui harganya, kamu dapat memperkirakan seberapa dana yang harus kamu keluarkan untuk membeli mobil second impian kamu tersebut.

Kamu juga apabila ingin membelinya dengan cara cicilan, maka kamu dapat melakukan perhitungan seberapa mampu kamu mencicil tiap bulannya setelah menghitung gaji dan pengeluaran lain yang biasa kamu lakukan.

Sebab membeli mobil second tentu saja akan membuat anda mengeluarkan biaya yang lain untuk perawatannya. Jadi sebaiknya pikir dan perhitungkan masalah ini dengan sebaik mungkin.

Selain dari itu juga kamu dapat mengetahui apabila kamu sudah menemukan penjual dari mobil yang kamu cari. Apabila kamu sudah mengetahui harga pasarannya.

Tentu saja kamu akan tahu apakah penjual tersebut menjual mobil tersebut dengan harga yang terlalu mahal atau wajar-wajar saja.

Apabila kamu melihat penjual yang menjual mobil secondnya di atas harga pasaran. Sebaiknya kamu perlu menanyakan terlebih dahulu bagaimana kondisi mobil tersebut, dan benefit apa yang akan kamu dapat dari membeli mobil tersebut.

2. Menulis Daftar Mobil Yang Akan Menjadi Petimbangan Anda

Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom Mobil

Mungkin di antara kalian ada yang memiliki beberapa pilihan sebelum membeli sebuah mobil bekas. Di saat kondisi seperti ini anda mungkin sedikit mengalami kebingungan dalam memilih mobil bekas mana yang akan anda beli.

Maka dari itu sangat admin sarankan untuk anda menulisnya menjadi sebuah daftar. Setelah menulisnya anda tuliskan masing-masing kelebihan serta kekurangan mobil tersebut.

Lalu anda tentukan mobil mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan anda. Ingat ya KEBUTUHAN bukan GENGSI :p. Hiks bercanda, tentu saja hal itu sepenuhnya menjadi pilihan anda, admin hanya memberikan sebuah saran saja untuk anda.

3. Carilah Penjual atau Dealer Yang Dekat

Carilah Penjual atau Dealer Yang Dekat

Lebih baik lagi apabila anda serius akan membeli sebuah mobil bekas. Sebaiknya anda mencari tempat, dealer, ataupun tempat si penjual mobil tersebut yang dekat dari rumah anda.

Hal ini sangat berguna apabila setelah anda membeli sebuah mobil lalu anda mengalami sebuah masalah yang tidak anda inginkan.

Kalau sudah begini mau bagaimana lagi? Tentu saja anda harus membawanya kembali ke tempat anda membeli mobil tersebut(jika masih dalam waktu kesepakatan garansi mobil tersebut).

Apabila jaraknya dekat, tentu akan membuat anda lebih cepat dan mudah apabila terjadi seperti hal di atas, atau apabila anda memiliki urusan kembali dengan si penjual.

4. Cek Riwayat Mobil Tersebut

Mengecek riwayat sebuah mobil tentu sangat diperlukan. Hal ini berguna agar anda dapat memperkirakan apakah mobil ini dalam kondisi sehat atau tidak.

Lebih disarankan apabila anda ingin membeli sebuah mobil bekas untuk membelinya dari keluarga atau saudara terdekat anda.

Karena anda tentu tidak tahu apabila membeli mobil ke orang lain, apakah orang tersebut mengatakan kondisi mobilnya dengan jujur atau tidak.

Anda juga bisa melakukan pengecekan mobil tersebut dari pihak kepolisian atau pihak asuransi mobil tersebut. Sebab, mobil juga bisa dilakukan pengecekan dari nomor identitas kendaraan tersebut.

5. Cek Catatan Servis Mobil

Nah hal ini juga bisa menjadi sebuah pertimbangan langsung untuk anda melihat kondisi mobil bekas yang akan anda beli. Dengan melihat catatan rutin servis mobil tersebut, anda dapat melihat mobil tersebut apakah sebelumnya diservice secara rutin atau tidak.

Anda juga perlu mengecek serta menanyakannya langsung kepada pegawai dari tempat service mobil yang biasa digunakan si pemilik sebelumnya. Hal ini bertujuan agar anda bisa menanyakan apakah sebelumnya mobil tersebut pernah mengalami kerusakan yang parah atau tidak.

Perlu juga bagi anda mengecek bagian odometer mobil incaran anda, dan pastikan odometernya asli.

6. Waspadai Harga Mobil Yang Murah

Cara Beli Mobil Bekas Murah

Terkadang kita menemukan harga mobil yang sangat murah berbeda dengan harga pasarannya. Sehingga kita mungkin tergoda melihat harganya yang cukup murah. Maka dari itu kita perlu hati-hati apabila mengalami kondisi seperti ini.

Anda perlu terlebih dahulu melakukan cross-check lebih lanjut. Hal ini bisa saja merupakan permainan seorang pegawai showroom mobil yang cerdik. Mungkin bisa saja dia memang menjual mobil murah namun dengan kondisi yang kurang baik, lalu dia menawarkan mobil lainnya.

Lalu apabila anda menemukan penjual mobil perorangan yang menjual mobil dengan harga murah, anda juga perlu waspada. Sebab, bisa saja mobil tersebut memiliki kondisi yang kurang oke.

7. Cek Juga Bagian Aksesoris Mobil

Tentu anda tidak ingin apabila membeli mobil bekas dengan kondisi fisik yang bagus, namun kondisi acnya yang mati. Maka dari itu anda perlu mengecek bagian-bagian yang terdapat pada mobil yang akan anda beli.

Cek juga bagian jok mobil, apakah masih nyaman. Cek bagian dashboard, karpet mobil, plafon dan bagian-bagian aksesoris mobil lainnya.

8. Pastikan Mesin Mobil Berfungsi Dengan Baik

Pastikan Mesin Mobil Berfungsi Dengan Baik

Apabila anda telah selesai melakukan pengecekan bagian aksesoris serta eksterior mobil. Anda jangan sampai lupa mengecek hal yang utama yaitu bagian mesin mobil itu sendiri.

Pastikan mobil yang akan anda beli mesinnya dapat berfungsi dengan baik. Seperti contohnya dapat distrater dengan mudah, dan hal lainnya berfungsi dengan baik. Oh iya, anda juga sebaiknya melakukan test drive terlebih dahulu.

Dengan melakukan test drive anda dapat merasakan serta mengetahui kondisi mobil tersebut saat menyala dan dikendarai oleh anda.

9. Dokumen-Dokumen Harus Lengkap

Cek Catatan Servis Mobil

Selain bagian mesin mobil yang penting, berkas-berkas juga perlu anda perhatikan. Takutnya mobil yang akan anda beli memiliki kondisi yang oke, eh ternyata mobil bodong, jangan sampai ya kejadian seperti itu.

Dengan dokumen yang lengkap. Tentu saja akan memudahkan anda untuk pergi kemana-mana dengan mobil tersebut.

10. Sebaiknya Ajak Ahli Permesinan Mobil

Sebaiknya Ajak Ahli Permesinan Mobil

Jika anda memiliki seseorang yang memiliki skill atau kemampuan dalam bidang permobilan, sebaiknya anda membawanya. Hal ini berguna sekali, sebab orang yang sudah ahli tentu paham betul apakah suatu mobil memiliki kondisi yang baik atau tidak.

Rasanya, kalau anda membawa seorang ahli permobilan yang merupakan teman anda, maka anda tinggal membantu teman anda saja saat mengecek mobil yang akan anda beli.

Untuk anda yang ingin membeli mobil bekas di showroom, maka anda perlu memperhatikan beberapa tips membeli mobil bekas di showroom berikut ini.

Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom Mobil

Mau anda membeli mobil bekas di showroom ataupun langsung ke penjual mobil perorangan.

Admin rasa sama-sama saja tipsnya dengan yang telah admin berikan di atas. Soalnya tips-tips di atas telah admin rangkum agar dapat membantu anda saat ingin membeli mobil second.

Anda bisa menonton salah satu video dari seorang youtuber ini, yang membahas tips membeli mobil bekas.

Cara Beli Mobil Bekas Murah

Pembahasan yang satu ini mungkin adalah pembahasan yang kalian tunggu-tunggu dari tadi. Untuk anda yang ingin membeli mobil bekas dengan kualitas yang baik dan telah dicek oleh ahlinya.

Pihak Astra Group saat ini melalui anak perusahaannya PT Astra Digital Internasional telah mendirikan beberapa platform. Salah satu di antaranya adalah Seva.id. SEVA.id merupakan marketplace mobil yang resmi dari perusahaan Astra.

Di Seva.id pun anda dapat melakukan jual-beli mobil. Mobil yang dijual pun tidak hanya mobil baru anda juga bisa membeli mobil bekas dengan harga yang sangat fantastis. Mobil yang di jual di Seva.id hanya mobil-mobil keluaran Astra.

Untuk informasi lebih lengkapnya, sebaiknya anda membaca artikel admin di bawah ini :

Penutup

Sebaiknya anda tidak usah terlalu buru-buru saat akan melakukan pengecekan mobil second yang akan anda beli.

Karena, jika anda terburu-buru bukan tidak mungkin akan ada beberapa bagian mobil yang tidak tercek dengan benar oleh anda.

Demikian artikel kali ini yang membahas Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula di Showroom / Bukan

0