Agar Semangat Ngeblog, Ikuti 8 Tips dan Caranya Berikut Ini

242
22
Tempat Nongkrong Para Blogger
Tempat Nongkrong Para Blogger
Aorlin.com – Hello world!, Postingan kali ini sebetulnya hanyalah catatan Aorlin tentang bagaimana cara agar kita tetap semangat ngeblog. Dan sejujurnya lagi ide postingan ini berawal dari artikel blog Om AbdulMajid.id yang berjudul 5 Hal Yang Saya Benci Tentang Blogging.
Benar sekali, 5 hal yang dipaparkan oleh om Abdul Majid pada tulisannya tersebut merupakan 5 masalah terbesar yang sering sekali dihadapi oleh para blogger khususnya newbie seperti Aorlin. Karena itulah di postingan ini Aorlin ingin menjawab atau lebih tepatnya menolak larut dalam 5 masalah tersebut.
Dengan menerapkan 8 Tips dan Trik dibawah ini semoga saja kita mampu meloloskan diri dari jeratan 5 hal yang menghantui para blogger newbie versi Om Abdul Majid. Oh iya sebelumnya juga Aorlin pernah menulis tentang 6 Perkara Yang Membuat Blogger Newbie Patah Hati lho….

8 Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Ngeblog

Setelah Aorlin renungkan cukup lama, sangat mungkin sekali 8 tips dan cara ini mampu mengisi tabung mood booster kita dalam konteks ber-Blogging ria, berikut cara-caranya:

1. Sinkronisasi Sikap Dan Niat

Yap agak susah memilih katanya, tapi intinya begini nih, sering kali kita memiliki keraguan terhadap apa tujuan mendasar atas apa yang kita lakukan. Aorlin menggambarkan ada semacam kesepakatan antara niat dan tekad yang belum disepakati, sehingga membuat kita bersikap yang melawan daripada niat.
Gambar ilustrasi bentrok antara niat dan sikap – by RevolverMag.com

Misalnya begini, diawal ngeblog kita berniat untuk berbagi manfaat, terus baru jalan dikit jalan kita malah mencari dan menuntut penghasilan, atau sebaliknya yang awalnya ingin mencari penghasilan malah cuma sharing-sharing ga jelas, kan ga sinkron itu.

Lantas untuk mengatasi gagalnya sinkronisasi niat dan sikap ini, dari awal kita harus membuat semacam rule yang harus disepakati oleh diri sendiri. Dan rule tersebut disusun sedemikian rupa agar ada titik check point atau target waktu yang akan diaudit dikemudian hari.
Setelah waktunya tiba, kita dapat melakukan audit terhadap apa saja yang sudah dicapai. Dan hasil audit itulah yang dijadikan pertimbangan untuk mengupdate kesepakatan baru untuk menuju ke tahapan selanjutnya, kalo udah check poin kan semangat lagi tuh.

2. Berkarya Dengan Bangga Menjadi Diri Sendiri

Dasar banget ini, kita sebagai aktivis dunia maya ini dituntut untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar sesuatu. Siapapun pelakunya, apapun niche nya, dan dimanapun platform nya hanya itu yang membedakan. Selebihnya sama, ya sama!.
Berkarya dengan bangga menjadi diri sendiri

Seorang Vlogger dituntut untuk menciptakan video entah bagaimana prosesnya pengguna youtube tak mau tau. Begitu juga Seorang internet marketer yang dituntut menjual sesuatu sebanyak-banyaknya, setiap pembeli tak perlu dan tak mau tau gimana proses panjangnya. Dan tentu seorang blogger juga harus menyajikan konten menarik dan bermanfaat bagi pengunjungnya, prosesnya?, mereka tak perlu tau.

Dengan menciptakan suatu karya yang mewakili diri sendiri, itu akan menumbuhkan satu kebanggaan tersendiri dalam hidup kita. Jadikan kekurangan dan kesalahan sebagai tantangan, dengan koreksi dan perbaikan, semua itu menjadi pengalaman berharga yang sekali lagi dapat menciptakan efek bangga terhadap diri sendiri, bangga karena kita mampu mengatasinya.

Bayangkan jika kita terus melakukan kesalahan dan perbaikan, bisa-bisa meledak ini kepala karena terlalu banyak pencapaian yang membanggakan. Dan tentu poin ini dapat dijadikan salah satu tips agar kita tidak jenuh dan tetap semangat ngeblog.

3. Menjadi Newbie Abadi

Blogging lebih menyenangkan dengan menjadi Newbie Abadi

Yap kali ini terdengar agak aneh memang, tapi betul inilah faktanya, dengan terus menjadi newbie kita akan membuang rasa malu untuk terus belajar. “Newbie kan bisa apa aja“. Sebaliknya jika kita ada merasa sudah menjadi mastah, suhu atau apalah istilahnya, itu malah memupuk kesombongan semu dalam pikiran kita sendiri.

Percayalah!, Kesombongan akan menghancurkan segalanya, karena Tuhan membencinya.

Dengan menjadi newbie kita bebas bersikap, bebas dari salah, dan bebas dari tuntutan dunia maya yang terkadang bisa lebih kejam dari dunia nyata ini. Ketika kita menyandang gelar newbie, para mastah dan suhu yang hebat-hebat itu akan maklum dan seharusnya maklum karena mereka berfikir mereka tak perlu meladeni kaum newbie. Iyalah, seekor singa tak perlu meladeni kucing kan?
Dan biarkan saja semua itu berlangsung, menjadi newbie abadi jauh lebih bijak daripada mereka yang merasa mastah dadakan. Gimana guys?, masuk akal kan kalo kita menjadi newbie abadi maka kita akan terus belajar yang terus menciptakan efek semangat membangun blog newbie kita sendiri.

4. Blogwalking Yang Berkualitas

Ini juga nih, setelah Aorlin renungkan dengan seksama, blogwalking yang berkualitas juga dapat meningkatkan semangat ngeblog secara berkala. Lah kok Blogwalking?, Bukannya kualitas konten?. Hmmm kalo kualitas konten kan sudah diwakili pada tips atau poin kedua jadi nggak perlu Aorlin sampaikan, lagipula itu sudah wajib banget kok.
Ngeblog Jadi Semangat Dengan Blogwalking Yang Berkualitas

Lalu seperti apa Blogwalking Berkualitas yang Aorlin maksudkan disini, penjelasannya gini nih. Ketika melakukan aktifitas blogwalking, hal-hal ini yang semestinya kita lakukan:

  • Mendapatkan pengetahuan baru dan terupdate dengan membaca postingan blog lain.
  • Mendapatkan kenalan sesama blogger, kalo adminnya bersahabat sih 😉
  • Mendapatkan backlink dengan meninggalkan komentar.
  • Mendapatkan ide postingan, seperti postingan ini yang idenya berawal dari AbdulMajid.id .
  • Mendapatkan trafik berkualitas dari blogger yang penasaran dengan siapa kita.
  • Mendapatkan ide desain juga tuh kalo template postingannya keren kek BlogAeres.
  • Mendapatkan dan lain-lain

Tuh jelas kan, ketika kita bisa mendapatkan poin-poin diatas, maka itu lah yang Aorlin maksud dengan Blogwalking Berkualitas. Jadi kita sebaiknya tak perlu ragu melakukan hal-hal yang dianggap menguntungkan bagi blog orang lain.

Misalnya mem follow sosmednya, atau follow feed bloggernya, juga meninggalkan komentar, bahkan mengklik tayangan iklan, lakukan saja dengan sukarela karena itu akan membuat adminnya tambah bersemangat.

Lagian kita juga bakal mendapatkan hal yang sama kok, bahkan bisa lebih. Jadi setuju ya kalo Blogwalking Berkualitas ini termasuk salah satu cara atau tips agar kita tidak bosan ngeblog?

5. Tempat Nongkrong Yang Baik

Tempat Nongkrong Para Blogger

Hmmm ini lumayan juga nih, ketika kita merasakan “Stuck” dan blank banget, tempat nongkrong inilah yang seharusnya kita datangi. Disini kita bisa dapat melakukan tukar pikiran, mendapatkan ide atau apapun yang bisa mengisi ulang mood kita sendiri.

Tempat nongkrong yang baik yang Aorlin maksud disini berupa Group-group Facebook atau WhatsApp atau dimanapun yang dipenuhi oleh sesama Blogger. Baik offline ataupun online sepertinya sama saja yah, intinya ditempat semacam ini merupakan pelarian terbaik ketika kita merasa mentok.

6. Mendapatkan Penghasilan

Untuk segmen ini sebaiknya dilakukan oleh sobat blogger yang sudah cukup lama yah, dengan begitu sudah cukup mental untuk menghadapi pahit manisnya bisnis di dunia blogging. Karena kalo nubitol coba-coba cari uang selanjutnya pasti bakal kehilangan arah dan meninggalkan blognya.
Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Blog

Setelah cukup lama ngeblog, sah-sah saja jika kita mulai mencoba untuk mencari penghasilan, karena ini terbukti mampu sekali atasi jenuh dan kebosanan. Lalu mendapatkan penghasilan seperti apa yang Aorlin maksud?? gini nih…

Dari awal tadi kan Aorlin tidak menekankan masalah niche keyword ataupun konten. Jadi mendapatkan penghasilan disini buakan berarti Google Adsense semata. Bisa penulis bayaran, tukang review, reseller produk-produk digital, bahkan reseller produk fisik sekalipun, atau jasa-jasa kebutuhan blogging atau apa sajalah.
Seorang Blogger aktif yang sudah cukup berumur (1 tahun lebih) pasti sudah cukup dikenal di komunitas para blogger, blognya juga pasti sudah mampu menjaring cukup banyak pengunjung. Sehingga apapun yang ditawarkan akan sangat berpotensi laku bin laris manis, tinggal pemilihan produk dan sedikit metode pemasaran saja yang menjadi dongkrak dan nilai plus nya.
Kalo sudah begitu…., pundi-pundi pun mulai berdatangan dengan manisnya. Sip ya guys, positif banget kan ini, dengan mendapatkan penghasilan pasti bisa meningkatkan semangat blogging secara drastis dan dramatis, wkwkwk.

7. Desain Dan Eksperimen

Bermain Desain Template BIsa Nambah Semangat Ngeblog

Nah ini juga nih, sebetulnya segmen ini Aorlin hampir saja kelewat guys, dan agak ragu juga sih. Karena bereksperimen dengan desain bisa jadi berdampak buruk bagi “mitos SEO” bagi yang meyakininya. Tapi setelah ditimbang-timbang, bermain desain juga bisa atasi bosan ngeblog kan, so whatever lah.

Kalo Aorlin sih, ketika merasa bosan atau tak tahu apa yang musti dilakukan, otak atik desain blog menjadi salah satu kegiatan yang meningkatkan semangat blogging. Bahkan Aorlin gak bakal ragu ganti template kalau dirasa ada fitur yang kurang. Dan ini benar-benar sukses membangkitkan semangat ngeblog di jiwa dan raga Aorlin.

8. Bersyukur Atas Segalanya

Bersyukur Dapat Membangkitkan Semangat

Hmmm terakhir nih, disini Aorlin mengajak sobat-sobat semua untuk mulai merenungkan dan mensyukuri apa saja yang sudah dilalui. Semuanya tanpa terkecuali, hal apapun yang kita anggap baik ataupun buruk pasti ada hikmahnya. Maka syukurilah, Aorlin rasa siapapun yang membaca tulisan ini pasti sudah memahami apa yang dimaksud dengan bersyukur, jadi tak perlu dijelaskan lagi yah.

Jangan sampai kita termasuk ke golongan yang terlalu sibuk dengan hal-hal tak terjangkau, sehingga lupa mensyukuri apa yang sudah didapatkan. Yakinlah, ketika niat dan tekad kita sudah kuat, maka semesta akan mendekatkannya. Jadi selama proses tersebut akan sangat bijak jika kita menikmati dan bersyukur atas segalanya.
Dengan begitu kita akan mengkonversi beban kegagalan menjadi saldo semangat untuk mengahadapi tantangan di level selanjutnya. Udah ya, sekian 8 Tips dan Cara Agar Tetap Semangat Ngeblog versi Aorlin.com, see ya!

22 KOMENTAR

  1. Waaaah terimakasih atas supportnya, ini kevetulan mood nya lagi enak aja gan.

    Makanya Aorlin tulis gimana cara yang paling masuk akal biar tetap semangat ngeblog, jangan beralasan kalo sibuk offline. Wkwkwk

    Yo yow semangat!!

  2. Artikel yang menarik min, poin ke-4 yang baru mulai saya terapkan. Namun itu saja dari arisan BW hasil ngumpul di point ke-5 😀

    Salut buat admin. Update artikel yang tiap hari, tidak kaya saya 🙁

  3. Aaah… Ini nih… Moodbooster blogging. Aku tuh suka akhirnya malas lagi dan lagi. Tapi, tahun ini aku bertekad setiap weekend nulis di blog. Nggak ngasilin penghasilan gpp. Asal tulisan makin bagus dan makin banyak temen. Makasih Kak.
    Aku terharu sama Kak Aorlin dan Kak Abdul Majid.

  4. Iya betul banget, yang penting kita bentuk kebiasaannya dulu biar bloggingnya jadi semangat terus.

    Terimakasih sudah mampir ke blog nubi ini, sukses selalu…

  5. Keren artikelnya dan emg bener kalo ngeblog dari awal pikirannya uda nyari uang pasti cuman bertahan bentar. Blog bukan buat orang yg ingin cari uang dengan cepat. 😀

  6. Kalo aku sih awalnya ngeblog buat berbagi. Tapi ditengah jalan pengin juga dapat penghasilan dan daftar adsense, Alhamdulillah diterima setelah ditolak 8x.

    Tapi setelah diterima, ternyata penghasilan adsense lain dari bayangan saya xixixi..😌

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here