Tentang Musik Goa Trance dan Fakta Menariknya

199
4

Tentang Musik Goa Trance – Goa Trance adalah salah satu genre musik Trance yang menurunkan banyak subgenre lainnya. Merupakan musik yang berawal dan populer dari komunitas hippie era 60′ sampai 70’an.

Berkembang dari musik-musik industrial hingga menjadi satu genre baru di dunia musik elektronik. Mengangkat kultur budaya spiritual khas India, yang dipadukan dengan instrument musik modern.

Menarik sekali, saya sendiri belum sampai 3 tahun mengenal aliran musik Goa Trance ini. Berhubung sebelumnya saya sudah menyukai beberapa genre musik Trance lainnya, jadi tak sulit untuk menerima genre tua ini.

Dan di Indonesia sendiri, genre musik goa trance masih benar-benar asing, melainkan beberapa genre lain yang merupakan subgenrenya malah cukup berkembang dan dikenal.

Tentang Musik Goa Trance
Popularitas Musik Goa Trance Berdasarkan Peta Google Trend

Klik gambar untuk memperbesar, dan coba saja perhatikan peta tersebut. Bagaimana bisa suatu budaya dari pesisir India (Asia) ini begitu populer secara global di kawasan Eropa dan Amerika.

Dan menariknya lagi, di kawasan Asia sendiri, musik Goa Trance ini nyaris tak dikenal, terutama Indonesia, parah kan?

Karena itu, mempelajari lebih jauh tentang musik Goa Trance ini, saya menemukan beberapa fakta mengejutkan yang menggeser wawasan dan pemahaman sebelumnya.

Sejarah Musik Goa Trance

Seperti yang dipapar pada paragraf awad tadi, musik goa trance ini merupakan gabungan antara instrument spiritual India dengan musik elektronik modern. Kok bisa ya?, begini ceritanya…

Singkatnya Goa adalah nama dari sebuah negara bagian (Provinsi) di kawasan pesisir barat India, sekarang sudah berganti nama atau ganti wilayah menjadi Konkan (kurang jelas juga sih).

Di sekitaran pantai dan pesisir Goa ini, dulunya merupakan daerah kolonial Portugis. Sehingga sedikit banyaknya sudah ada dan berkembang lah musik-musik bernuansa Multikultur.

Tentang Musik Goa Trance Indonesia
Tentang Musik Goa Trance Indonesia

Secara umum, musik atau instrument tradisional dipadukan dan dimainkan dengan alat-alat musik modern seperti Gitar, Piano, Biola bahkan Drum.

Berlanjut dari kondisi tersebut, selama bertahun-tahun terus berkembang hingga membentuk karakter musik sendiri yang kemudian dikenal sebagai Musik Goa.

Sekali lagi Goa merupakan kawasan pesisir barat India, ditambah fakta birokrasi antara India dan negara-negara barat khususnya Eropa sangatlah terbuka.

Jadi, guna memancing banyak wisatawan, di sepanjang pesisir pantai Goa ini sering sekali diadakan festival-festival musik elektronik. Yang biiasanya mengiringi perayaan publik atau disponsori langsung oleh petinggi Politik.

Tentu saja cara itu berhasil, setiap tahun bahkan sepanjang tahun pantai ini selalu ramai kedatang turis dari seluruh Dunia. Dan kebanyakan mereka berasal dari Eropa dan Amerika.

Perkembangan Musik Goa Trance

Nah para turis itulah yang kemudian membawa pulang musik Goa ke negara asalnya. Hingga masing-masing dari mereka melakukan pengembangan dan penyesuaian lebih lanjut.

Kebetulan sekali di era 80’an, Eropa baru saja melahirkan genre musik Trance yang berasal dari hasil pengembangan musik Techno, Dance dan Disco.

Kala itu, musik Trance di Eropa merupakan turunan dari instrument Ambient. Karena sama-sama beraroma fantasi dan spiritual, Maka terjadi lah persilangan baru yang kemudian dikenal dengan musik Goa Trance.

Entah kenapa waktu itu Goa Trance malah lebih disukai hingga mengalahkan popularitas Ambient dan Acid Trance. Setelah masa-masa itu pun Goa Trance mendapatkan apresiasi lebih karena menjadi influence dari berkembangnya Psychedelic Trance.

Nah Psychedelic Trance atau juga dikenal sebagai Psytrance ini lah genre musik elektronik yang tadi saya katakan cukup dikenal di Indonesia.

Tentang Goa Trance
Goa Trance – PsyTrancePortal.com

Karakter Musik Goa Trance

Karena muncul dan berkembangnya di kurun waktu yang hampir bersamaan, Goa Trance sarat akan unsur Acid dan Ambient, hal itu bahkan disempurnakan oleh komunitas Psytrance saat ini.

Dari sisi musik, cukup sulit membedakan antara Goa, Acid dan Ambient Trance. Namun yang pasti, Goa Trance memiliki nuansa spiritual yang jauh lebih dalam dibandingkan keduanya.

Dan itu tegas sekali menggunakan instrument-instrument khas India (Goa), selebihnya silakan amati saja video dipaling atas itu yah yah yah.

Dan untuk Komunitasnya, saat ini komunitas musik Goa Trance dan Psychedelic Trance sudah sama saja. Bahkan ada-ada saja yang mengganggap Psytrance adalah Goa dan sebaliknya.

Baca: POLITIK BOHIRKRASI ANTARA PENGUASA DAN PENGUSAHA

Karena karakter musiknya sangat mirip sekali, sangat sulit membedakannya, tapi ini kita bahas nantilah dipost-post selanjutnya.

Dan penggunaan warna, pakaian, aksesoris, simbol, ornamen ataupun komponen lainnya juga sama-sama terkesan kontras dan eksentrik.

Hmmm lumayan yah, sekian artikel Tentang Musik Goa Trance versi Aorlin.com. Semoga bermanfaat dan happy blogging… πŸ˜‰

4 KOMENTAR

  1. Setelah denger musiknya saya lebih suka dangdut la,, walaupun sama2 dari india juga.. πŸ™‚

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here