Tentang ICANN dan Registrar Domain Terbaik Di Indonesia

100
0

Hello world!, wew satu minggu ya gak update, hmmm iya guys pas hari jum’at tanggal 5 kemarin kita dibumi darat sedang terkena musibah. Semua prosesi baru saja beres hingga hari sabtu kemarin, dan ini Aorlin sudah semangat lagi ke dunia melayang.

Tentang Icann Dan Registrar Domain Terbaik Indonesia
Tentang Icann Dan Registrar Domain Terbaik Indonesia

Kali ini saya ingin bahas perihal tentang ICANN, asing gak??, hmm asing gak asing nih kan?, iya kan?, hayo ngaku…. wkwkwk

ICANN merupakan singkatan dari kata Internet Corporation For Assigned Names and Numbers. Sebuah organisasi nirlaba yang berdiri pada september 1998 hingga resmi berbadan hukum 2 minggu setelahnya.

Kantor pusat ICANN berlokasi di Marina Del Rey California guys. Tugas utamanya adalah untuk mengawasi beberapa tugas pokok yang mewakili pemerintah AS dan organisasi lainnya.

Terutama terkait sistem dan mekanisme klasik IANA (Internet Assigned Numbers Authority). Jadi singkatnya ICANN adalah organisasi yang mengelolah kebijakan dalam penamaan domain dan pengelompokan server DNS di seluruh jagat Internet.

Baca: Domain Tertua Di Langit Dan Bumi

Sebelumnya tugas kontrol domain dan alamat IP ini dikerjakan oleh Internic. Dan berikut daftar organisasi yang memiliki kontrol penting terhadap perkembangan Internet dunia:

  • ISOC, Internet Society. Salah satu organisasi di bidang standarisasi, edukasi dan pengelolah kebijakan yang berdiri pada tahun 1992.
  • IANA, Internet Assigned Numbers Authority. yap juga bagian dari ICANN namun lebih fokus pada hal-hal teknis.
  • W3C, World Wide Web Consortium. Ini keren nih, semacam standarisasi bahasa pemrograman di Internet guys, tanpa ini bisa dibayangkan betapa gelap dan terbatasnya Internet.

Tentang ICANN dan Mekanisme Terbitnya Sebuah Nama Domain

Oke guys, dulu saya juga sering banget mempertanyakan hal ini. Iyalah, domain itu siapa yang bikin?, kita bisa nggak bikin nama domain sendiri?, kita beli domain sebaiknya dimana sih?, harga domain kok beda-beda?, dan beberapa kalimat tanya lainnya.

Pada jaman dahulu kala, proses pendaftaran hingga terbitnya sebuah nama domain berlangsung kurang lebih 1-2 hari kerja. Dan semua proses itu dikerjakan langsung di kantor ICANN tadi guys.

Jadi kebayangkan gimana legalitasnya, seiring waktu mereka mempermudahnya dengan berbagai metode hingga menjadi seperti saat ini.

Iya saat ini ICANN sudah tidak melayani secara langsung lagi. Semua pendaftaran dan pengelolahan nama domain baru harus melalui Registrar yang sudah terakreditasi oleh mereka sendiri.

Registrar Domain Terbaik Indonesia

Sampai saat ini hanya ada 4 Registrar asal indonesia yang terakreditasi guys, selebihnya yaaah berstatus hanya reseller aja. Siapa saja mereka, ini nih….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here