Google reCaptcha: Kenapa Menggunakan Gambar Mobil ?

291
10

AorlinGoogle reCaptcha adalah suatu sistem menyerupai Captcha yang dirancang dengan kemampuan memvalidasi aktivitas manusia dan robot. wikipedia

Lantas kenapa kali ini Aorlin memuat satu artikel tentang Google reCaptcha ini?, hmm entahlah hanya iseng kok.

Terkait judul diatas, menghabiskan waktu cukup lama untuk menyusun beberapa kata tersebut agar dapat mewakili isi postingan ini secara keseluruhan.

Tentang Google reCaptcha

Ketika sedang blogwalking menggunakan Android terkadang Aorlin merasa jengkel karena reCaptcha nya tak terbuka dengan sempurna.

Aaah sudahlah, disini Aorlin tidak sedang ingin membahas itu. Sesuai judul Aorlin akan membahas atau tepatnya mempertanyakan beberapa hal terkait dengan Google reCaptcha.

captcha menjengkelkan

Entah siapa orang-orang dibalik pengembangan reCaptcha ini, yang pasti mereka menyusun perintah untuk memilih beberapa kotak gambar yang disediakan.

Perintah memilih tersebut dilanjutkan dengan menghilangkan, mempertahankan atau mengabaikan gambar dan kotak yang terpilih.

Dan yang jadi misteri yang Aorlin pertanyakan disini adalah tentang gambar-gambarnya itu loh. Sejauh yang didapati, berikut daftar gambar yang sering tampil:

  1. Mobil
  2. Bus
  3. Sepeda
  4. Kendaraan
  5. Zebra Cross
  6. Lampu Lalu Lintas
  7. Markah Jalan
  8. Jembatan
  9. Perahu
  10. Pemadam Api
  11. Cerobong Asap
  12. Tangga
  13. Etalase Toko
  14. Bukit

Berdasarkan jenis gambarnya, kita akan menemukan 2 jenis board yang masing-masing terdapat 9 -12 kotak.

  1. Satu gambar berukuran besar yang memuat beberapa item pilihan. Yang paling sering muncul adalah Kendaraan, Lampu Lalu Lintas, dan Zebra Cross.
  2. Sembilan gambar kecil yang memuat beberapa gambar pilihan dan beberapa gambar random.
Cara Melewati Google reCaptcha

Lalu tentang 5 metode cara melewati Google reCaptcha ini adalah sebagai berikut:

  • Menandai beberapa kotak gambar sesuai dengan perintah, lalu verifikasi dan selesai.
  • Memilih kotak sesuai perintah, kotak terpilih akan hilang dan berganti dengan gambar yang baru, gitu aja terus sampai habis, verifikasi dan selesai.
  • Ada juga yang mode tipu-tipu guys, kita dikasih gambar yang tak sesuai perintah, pencet saja lewati dan beresin perintahnya sampai selesai. Mode ini yang suka bikin kesal.
  • Lalu ada mode yang selalu salah, sobat sekalian pernah alami?. Apapun perintahnya kita selalu gagal, padahal sudah benar. Ini biasanya disebabkan oleh jaringan yang lemot, server sibuk, atau kepake ip spam.
  • Dan bagi yang kesulitan dengan gambar, reCaptcha juga menyediakan opsi via suara, dengarkan dan selesaikan perintahnya.

Misteri Gambar reCaptcha

Okeh… terus misterinya apa?, apa? sekali lagi entahlah, apakah sobat sekalian pernah bertanya kenapa google memilih 14 gambar-gambar tersebut?

Aku sih sering banget, tapi nanyanya ke diri sendiri dan google, dan belum ada ketemu jawabannya. Anehnya kok belum ada blog atau forum yang membahas hal tersebut.

Hingga akhirnya hidayah datang sendiri guys. Ternyata 14 gambar tersebut adalah hal-hal yang sebaiknya dan secepatnya kita dapati ketika terjadi bencana atau malapetaka.

11 Domain Paling Aged Di Dunia

Jadi… secara psikologis Google terus mengingatkan kita agar kita terbiasa dan tanggap terhadap hal-hal tersebut. Terutama ketika ada kejadian yang mengharuskan kita meng-evakuasi diri sendiri dan orang terdekat.

Dalam keadaan terdesak dan terancam, normalnya seseorang akan bereaksi panik dan bingung. Nah dengan terbiasa menyelesaikan tugas dari reCaptcha ini, melatih otak kita agar tetap tenang sambil mencari, menemukan dan menuju hal-hal tersebut.

Misalnya ada kebakaran rumah, selain fire hydrant, tangga darurat dan cerobong asap adalah jalur evakuasi yang aman.

Terus ketika banjir atau tsunami, kita harus mencari bukit, perahu, kendaraan atau apapun untuk menyelamatkan diri secepatnya.

Timeline 25 Tahun Dunia Blogging

Sedangkan markah jalan, zebra cross, jembatan dan lalu lintas tersebut merupakan hal-hal yang harus kita perhatikan ketika berkendara.

Gimana keren nggak??, sayangnya statement tersebut hanyalah pemikiran Aorlin sendiri, wkwkwk. Tapi sah-sah saja kan?. Lagian dari kemarin-kemarin aorlin ga nemu artikel yang bahas tentang itu, baik google indo ataupun global.

Sekian penjelasan tentang misteri penggunaan gambar Google reCaptcha versi Aorlin.com. Kalo benar itu hanya kebetulan, dan kalo ada yang salah mari kita perbaiki bersama.

Oya kalo sobat sekalian punya penjelasan versi masing-masing tulisin dikomentar yah, jangan dipendem sendiri…wkwkwk. See ya!

10 KOMENTAR

  1. sering jengkel sama capcay apalagi klo pas disuruh milih bis tapi yg nonggol Mobil, atau disuruh milih tangga tapi yg nongol jembatan.
    lebih jengkel lagi klo koneksi lelet, udah klik “verifikasi” jawabanya “koneksi anda tidak tersedia”

    • hahaaa iya betul banget itu gan, mending diverifikasi manual saja daripada robot captcha. Yang namanya robot yaaah gitu deh, tapi beneran ampuh itu atasi spam wkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here