Kalender Penting 25 Tahun Perkembangan Dunia Blogging

326
22
Sejarah Blogging
Sejarah Blogging

Aorlin.com – Menyambung tulisan Aorlin sebelumnya mengenai Belajar Ngeblog dari Blogger Pertama Di Dua Dunia, kali ini Aorlin ingin ajak sobat sekalian untuk mengetahui apa-apa saja kejadian yang patut kita garis bawahi selama 25 tahun terakhir.

Khususnya hanya terkait dengan perkembangan dan kemajuan dunia Blogging yah. Sumber referensi yang menjadi rangka dalam tulisan ini sebetulnya cukup banyak guys, ditambah lagi Aorlin dapatkan secara Random aja sih.

Jadi kalo ada yang dirasa kurang tepat atau bahkan salah jangan ragu untuk mengkoreksinya, atau mungkin sobat sekalian bisa memastikannya sendiri dengan sedikit gugling. Okeh, yuk kita mulai…

Sejarah Perkembangan Dunia Blogging Setelah 25 Tahun

Kalender Penting Dalam Sejarah Perkembangan Dunia Blogging

Tahun 1994

Desember – Seorang pelajar dari sekolah Swarthmore bernama Justin Hall membuat dan meng-online-kan jurnal atau diary nya ke akses publik, Links.net. Ini merupakan awal dari segalanya yang berhubungan dengan dunia blogging.

Justin Hall dan Jurnal harian Online nya merupakan konsep-konsep dasar dunia Blogging. Jadi fix inilah manusia pertama yang menjadi Dewa Blog di dua Dunia sekaligus, dunia online dan dunia offline.

Tahun 1997

September – Embah Google.com mulai online, apalagi?? iya Mesin Pencari, awalnya, sekarang sudah jadi perusahaan penguasa Dunia. Udah ya semua pasti lebih tau kan.

Desember – Istilah “Logging the web” dan “Weblog” mulai muncul dalam tulisan diary online Jorn Barger asal Amerika. Istilah inilah yang kemudian populer dan secara resmi digunakan untuk mengganti istilah lawas Jurnal/Diary online menjadi Weblog. Oke ini fix nih, anggap aja Jorn Barger ini Dewi Blog karena dia yang kasih nama untuk dunia yang diciptakan sang dewa.

Tahun 1998

Oktober – Domain OpenDiary.com didaftarkan, dan inilah yang platform Blogging pertama di Dunia yang juga menjadi cikal bakal industri Blogging modern kedepannya.

Tahun 1999

April – Seorang programmer bernama Peter Merholz menyingkat istilah Weblog menjadi Blog. Berhubung dia cukup populer di kalangan aktivis internet kala itu, jadi istilah Blog jadi lebih populer dibandingkan Weblog.

Sejak itu Blog menjadi resmi dan lebih familiar di kalangan para blogger lawas. Oh iya itu juga berkat si Peter Merholz guys, dia juga menyebarkan dan banyak menjelaskan tentang penggunaan kata Blog daripada Weblog, padahal iseng aja dia tu awalnya, eh malah tercatat dalam sejarah, wkwkwk.

April –  Xanga.com diluncurkan, Xanga ini sebetulnya platform blog, namun memiliki fitur yang lebih kompleks yang menjurus kepada fungsi-fungsi Sosial Media modern. Jadi Xanga inilah yang di nobatkan sebagai Jejaring Sosial pertama di Dunia.

Agustus – Blogger.com mulai dikembangkan Pyla Labs. Iya platform yang paling populer di kalangan penulis saat ini, terutama blog personal, selain gratis semua kebutuhan juga terpenuhi disini.

Tahun 2000

Januari – BoingBoing.net resmi menjadi Blog komersial pertama, sebelumnya BoingBoing adalah sebuah merek dagang untuk majalah, lanjut dengan mengembangkan website dan terakhir Blog. BoingBoing.net menciptakan konsep Blog komersil seperti yang ada-ada saat ini. Satu blog dengan banyak jurnalis dan editorial yang menerbitkan bermacam-macam topik.

Juli – AndrewSullivan.com dirilis oleh seorang penulis asal amerika keturunan Inggris. Hingga akhirnya dikenal sebagai pelopor Blog Politik pertama di Dunia.

Maklum guys, jaman itu konten politik hanya dimuat oleh media-media yang dimonopoli oleh para pejabat setempat, secara individu akan rentan membahas politik secara publik. Jadi bisa dibayangkan kan betapa populernya Andrew Sullivan ketika itu.

Tahun 2001

Januari – Wikipedia.org online, hmm database enslikopedia terbesar di planet bumi nih, punya jutaan artikel yang diterjemahkan ke puluhan bahasa di dunia, diakses miliaran klik setiap bulannya, dahsyat…..

Oktober – MovableType.com mengembangkan software dan platform blogging berbasis self hosting pertama di dunia.

Tahun 2002

Januari – Dooced.com dirilis, dikelolah secara personal oleh Heather Armstrong, menjadi Blog personal pertama sukses meraup keuntungan dari jaringan periklanan dan konten komersial.

Maret – Blogads.com dirilis. dan inilah Broker pertama periklanan di dunia Blogging, bisa dibilang embahnya Google Adsense dan Google Adword ini.

Juli – Gizmodo.com di-onlinekan oleh Nick Denton, menjadi contoh sukses semacam Blog Empire. Menjadi perusahaan yang membangun jaringan Blog hampir diseluruh dunia meliputi banyak negara di seluruh benua.

November – Berdirinya Technorati.com sebagai search engine untuk konten blog dengan konsep Feed Aggregator pertama di Dunia, sempet maik daun tapi gak ada gebrakan yang signifikan.

Desember – Gawker.com dirilis, menjadi blog gossip komersial pertama yang akhirnya mendampingi kesuksesan Gizmodo.

Tahun 2003

Diawal tahun ada Salam Pax seorang Blogger anonymous dari Iraq, menjadi Blogger perang pertama yang meraih kesuksesan dan perhatian dari seluruh dunia. Konten dengan niche Invasi Amerika – Iraq kala itu tentu saja lagi viral-viralnya guys.

Februari – Blogger.com resmi diakuisi Google. Yaudah nikamatin aja.

Maret – JohnChow.com online, pasa mastah pasti kenal nih, karena inilah mastah IM pertama yang sukses mengkonversi Blog menjadi sebuah bisnis dengan penghasilan tak terbatas. Banyak sekali ebook ataupun tutorial bisnis online yang masih beredar sampai saat ini adalah hasil adaptasi dari punya dia.

Mei – WordPress.org didirikan, WordPress mengubah banyak hal dan memberikan kemajuan yang sangat pesat di dunia Blogging. Terbukti hingga sekarang WordPress masih menjadi platform Blogging profesional yang paling banyak digunakan di Dunia.

Juni – Google meresmikan AdSense, dan dalam waktu singkat menjadi sumber pendapatan utama para Blogger sejak jaman itu hingga sekarang ini. Yow mastah-mastah tangan diatas!! Tapi di bulan agustus nya tayangan iklan di blog bertopik politik dicekal, wkwkwk.

Agustus – Myspace.com mulai digunakan, menyempurnakan konsep dari Xanga hingga menjadi situs Media Sosial modern pertama di dunia. Namun awalnya hanya populer di kalangan profesional dan para pejabat saja.

September – Perusahaan Weblogs .Inc mulai didirikan oleh empuh Jason Calacanis, merupakan perusahaan pertama yang berinvestasi secara besar-besaran ke 80 Blog sekaligus. Engadget adalah salah satunya yang paling sukses hingga sekarang.

November – TheMommyBlog.com diluncurkan, tentu saja ini merupakan blog kumpulan emak-emak terbesar dan tersukses pertama di dunia. Gak main-main guys, totalnya sekitar 4 juta blog emak-emak latin yang bergabung di jaringan TheMommyBlog.com itu, hanya latin (Amerika Utara) guys, kebayang gak gimana kondisinya kalo ada 4 juta emak-emak ngumpul di satu tempat.

Masa Kejayaan Dunia Blogging

Tahun 2004

Januari – Gawker Media merilis Majalah online pertama di Dunia Wonkette.com. Karena ini perusahaan majalah yang dipenuhi oleh para blogger, maka kontennya parah banget guys, apalagi kalau bukan gossip dan sindiran politik, pokoknya sarkas banget gitu.

Januari – Steve Garfield menjadi Vlogger pertama di Dunia dengan mulai mengupload konten-konten video di blog probadinya SteveGarfield.com.

Januari – TheFacebook.com di online-kan oleh abang Mark Zuckerberg dan Eduardo Saverin. Asal dari perusahaan Facebook yang meng-adidaya di Internet saat ini.

Desember – Merriam-Webster.com, salah satu database kamus terbesar dan tertua di dunia mengumumkan kata “Blog” sebagai “Word Of The Year“, semacam award karena paling banyak dicari. Artinya di tahun 2004 ini bisa dikatakan puncak popularitas “Blog” di masa lampau.

Tahun 2005

Diawal tahun sebuah studi penelitian menyatakan terdapat sekitar 32 juta warga Amerika mengakses Blog. Melibatkan para pembaca, kontributor dan developer Blog. Beeeh asli dah viral banget guys.

Februari – Youtube.com rilis guys. iyalah ini merupakan Platform video blog pertama dan terbesar di dunia.

Maret – Garrett Graff adalah seorang Blogger pertama yang diberikan izin masuk ke Gedung Putih.

Maret – HuffingtonPost.com meluncur, perusahaan pertama yang secara profesional mempekerjakan banyak blogger hingga menjadi menjadi reporter dan jurnalis berlisensi.

Oktober –  Terjadi lah satu transaksi Jual-Beli blog termahal pertama di dunia, antara mastah Jason Calacanis dan AOL senial 25 Juta USD. Emaaaak duit segitu dijaman itu, hadeeeeh bersejarah banget itu.

Desember – Setelah kejadian wow di bulan oktober itu, diperkirakan ada lebih dari 100 juta USD nilai iklan Blog yang berhasil terjual. Ternyata prosesi jual-beli blog ini emang sudah ada sejak dulu yah.

Desember – CheezBurger.com rilis, blog lucu-lucuan tersukses pertama di dunia, disaat yang lain pada serius, mereka hadir dengan konsep yang lebih santai dan kocak.

Tahun 2006

Maret – Twitter.com, masih dikenal sebagai Media Sosial, namun menjadi influence dan cikal bakal platform MicroBlogging.

November – BuzzFeed.com mulai dikembangkan, pemrograman lebih feed RSS lebih banyak digunakan hingga mengalahkan teknologi feed aggregator sebelumnya.

Tahun 2007

Februari – Tumblr.com diresmikan sebagai platform microblogging pertama di dunia. Awalnya rame banget, tapi belakangan ini dah kayak platform pornblog aja yah, wkwkwk.

Maret – Tim O’Reilly dan Jimmy Wales membuat konsep dasar aturan dan kode etik yang berlaku di Blogosphere hingga saat ini.

Desember – Munculnya platform blogging Posterous.com, yang memungkinkan seseorang bisa ngeblog hanya dari perangkat mobile jaman itu, secara teknis mirip fitur post by email di blogger.

Tahun 2008

Februari – Domain Jevuska.com didaftarkan, yang nantinya menjadi blog WordPress yang fenomenal banget, karena berhasil mempecundangi algoritma SERP Google dengan teknik AGC nya. Tehnik AGC Jevuska ini merupakan the real Auto Generate Content guys, bukan AGC versi kemaren sore yang populer belakangan ini.

Kalo diumpamakan, Jevuska tu seperti Search Engine yang hidup di dalam beberapa Search Engine induk, secara teknis softwarenya mampu mencrawl, menyalin dan menerbitkan keyword beserta hasil pencarian dengan menggunakan API resmi dari beberapa server search engine, jadi legal kan, setidaknya dulu…, kalo sekarang dah haram banget keknya, wkwkwk.

Di tahun ini juga banyak Blog-blog besar Indonesia mulai bermunculan, seperti StafaBand.Info yang sempat merajai niche musik dan mp3 selama beberapa tahun kedepannya.

Tahun 2009

Agustus – Film Julie & Julia dirilis, ini merupakan film biografi tentang seorang Food Blogger tersukses pertama di dunia, Julie Powell.

September – Aorlin mulai belajar ngeblog dan membuat blog pertama di blogger.com hanya dengan menggunakan Nokia 2600 c.

Tahun 2010

Ditahun ini semua sudah berjalan baik, di Indonesia sendiri Blogosphere sudah ramai, Google Adsense makin banyak digandrungi dan dicurangi oleh publisher Indonesia.

Tahun 2011

Februari – Goolge merilis algoritma Google Panda, memasuki masa-masa Genosida bagi blogger yang nakal.

September – Banned masal akun Google Adsense, parah betul ini, Aorlin sendiri 2 akun sekaligus kebanned, total saldo yang hangus hampir 3 ribu USD waktu itu.

Oya di tahun 2011 ini juga, Blogosphere Indonesia dihebohkan dengan satu blogger fenomenal bernama Erianto Anas. Walau banyak yang membencinya tapi Aorlin sangat suka kok dengan tulisan cara berpikirnya. Bagi yang belum kenal coba search namanya di Google.

Kantor Google Di Indonesia

Tahun 2012

Maret – Kantor Google Indonesia di resmikan, banyak kejadian aneh setelahnya, wkwkwk.

Tahun 2013

Agustus – Blog blogger copy paste yang paling sukses dan paling fenomenal pertama di Indonesia dihapus paksa oleh Google (rumor), yap apalagi kalo bukan Terselubung.Blogspot.com. Tak tahu tepatnya kapan blog ini dihapus oleh google, yang pasti rekaman terakhir di Wayback Machine ada di tanggal 11 Juni 2013.

Tahun 2015

Juni – Aorlin memutuskan untuk Hiatus dari dunia blogging karena pekerjaan offline yang gak bersahabat banget.

Tahun 2016

Agustus – Domain berekstensi .blog (dot blog) mulai diluncurkan, jenis top level domain baru yang diterbitkan oleh perusahaan Automattic yang sebetulnya adalah perusahaan berpengaruh dibalik layar WordPress.

Tahun 2018

Juni – Aorlin kembali dari hiatus, menjadi newbie lagi dan beradaptasi dengan pola kehidupan Blogosphere saat ini.

Tahun 2019

Februari – Domain Aorlin.com didaftarkan dan aktif sampai 2025 nanti. Pertualangan blog Aorlin.com dimulai…

================

Jadi setahun belakangan ini Aorlin mendapati bahwa garis-garis atau batasan antara Personal Blog dengan Blog Bisnis semakin tipis saja ya.

Karena itulah di kesempatan kali ini blog Aorlin.com dibangun untuk mengejar ketertinggalan yang sudah cukup jauh. Sebagai mana blog personal, Aorlin.com akan terus memuat informasi apa saja yang mungkin dibutuhkan oleh oleh siapa saja.

Informasi yang DIBUTUHKAN ya, bukan yang DIINGINKAN apalagi yang DIIMPIKAN. Weeeeei udah kek apa aja ya, udah-udah gak usah dianggap serius, sekian ya postingan tentang Timeline 25 Tahun Dunia Blogging versi Aorlin.com. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, see ya!

Nb: Oya kalo ada yang kurang atau salah, koreksi ya biar Arlin perbaiki, tu pencet aja “lihat Komentar” dibawah.

22 KOMENTAR

  1. Itu multuplay tidak disinggung ya, blog ini sempat menjadi rajanya, sekitar empat tahun lalu kalau tidak salah terpaksa harus tutup.
    Domain saya juga masih lama, sepertinya juga 2025 kalau tidak salah ,saya sendiri juga lupa.
    Sebenarnyas saya inginnya yang gratis, tampak lebih tenang, semisal blog yang saya kelola satunya ini om koodok.
    Adsense, blog utama saya kena banded, terpaksa pindah di blog kedua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here