Review Film Onward, Film Animasi Komputer 3D Dengan Fantasi Urban 2020

17
0
Onward

Review Film from Broflix – Onward adalah film animasi terbaru dari kolaborasi Pixar dan Disney, yang sudah dirilis sejak 4 Maret 2020. Dan Scanlon sebagai sutradara sekaligus penulis naskah menuangkan kisah pribadinya sendiri lewat animasi ini, meskipun film tersebut dikemas dalam bentuk fantasi. Film Onward sendiri menceritakan tentang petualangan dua bersaudara yaitu Ian dan Barley Lightfoot yang ingin menemukan kembali sisa-sisa keajaiban di dunia yang kini mulai tergerus dengan teknologi. Selain sukses dalam menghibur, film ini juga sarat akan pesan tersirat dan momen mengharukan yang menyentuh hati.

Ian dan Barley Lightfoot merupakan elf, yang tergerak untuk dapat menemukan kembali keajaiban dan hal-hal magis yang pada zaman dahulu begitu mudah ditemukan. Namun, dengan perkembangan zaman dan teknologi, hal tersebut perlahan menghilang. Keinginan mereka untuk menemukan kembali keajaiban tersebut begitu kuat, setelah Ian merayakan ulang tahunnya yang ke-16. Sebagai hadiah ulang tahunnya, ia mendapatkan sebuah tongkat yang telah disiapkan jauh hari sebelum ayahnya meninggal. Jika misi ini berhasil, Ian dan Barley akan memiliki kesempatan untuk dapat menghabiskan waktu bersama ayahnya selama sehari penuh.

Tidak hanya mendapatkan tongkat ajaib, Ian pun mendapatkan surat dan batu permata dari sang ayah. Dalam surat tersebut, terdapat mantra ajaib yang dapat membawa kembali sosok sang ayah pada mereka untuk sehari penuh untuk menghabiskan waktu bersama. Sayangnya, mereka hanya berhasil membawa separuh tubuh ayahnya, dan untuk membuat tubuh ayahnya menjadi utuh mereka membutuhkan batu permata legendaris. Dari sini lah, mereka melakukan perjalanan dan mengalami berbagai pengalaman yang tidak terduga.

Film Onward menyajikan banyak adegan lucu yang segar, dicampur dengan adegan kakak beradik yang berbeda karakter namun tetap saling mendukung. Karakter Ian yang diperankan oleh Tom Holland begitu kuat, sikap remaja yang polos dan mudah gegabah dengan mudah ditunjukkan oleh Tom. Sementara karakter Barley sang kakak diperankan oleh Chris Pratt memiliki jiwa muda yang berani dan urakan. Dalam perjalanan yang mereka lakukan, keduanya juga sempat mengalami cekcok, namun sang kakak tetap menjaga Ian dengan baik.

Kisah yang tak kalah membuat haru adalah saat Ian membuat daftar tentang apa saja yang akan ia lakukan saat bertemu dengan ayahnya nanti. Mengingat, sang ayah telah meninggal bahkan sebelum ia dilahirkan. Secara tidak langsung, film ini mengingatkan kepada kita bahwa kita harus mensyukuri apa yang masih kita miliki saat ini. Jangan pernah menyiakan waktu berharga bersama keluarga atau orang terkasih selama mereka masih bersama kita, karena kita tidak akan tahu kapan akan berpisah.

Meski sukses membuat mata penonton berkaca-kaca, film ini juga mampu membuat penonton tertawa renyah. Beberapa karakter mitos juga turut mewarnai jalan cerita film ini seperti putrid duyung, unicorn, gnomes, dan lain sebagainya. Onward sangat cocok ditonton bersama keluarga, apalagi untuk anak dan orang tua karena dari sini kita akan banyak belajar bagaimana menghargai sebuah hubungan di dalam keluarga yang kita miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here