Ragam Kerajinan Kain Perca Polos Untuk Pemula

48
2
Ragam Kerajinan Dari Kain Perca Polos
Ragam Kerajinan Dari Kain Perca Polos

Aorlin.com – Tahukah Anda tentang apa itu kain perca? Ya, Kain perca adalah satu dari jenis kain yang terbuat dari kain sisa hasil konveksi, kemudian dapat didaur ulang sebagai bahan utama dalam pembuatan aneka ragam kerajinan tangan. Bahkan, banyak kerajinan dari kain perca ini yang kemudian diekspor hingga keluar negeri.

Tak heran jika bisnis pembuatan kerajinan kain perca bisa berkembang cukup pesat di Indonesia. Membuat kerajinan yang berbahan dasar kain percaya bisa dibilang tidaklah sulit. Sebab, semua orang yang memiliki keterampilan menjahit saja, sudah cukup untuk dapat memproduksi berbagai macam kerajinan tangan unik nan kreatif yang berbahan dasar kain perca.

Apa Kelebihan Kain Perca Dibandingkan Jenis Kain Lain?

Kain perca sendiri memang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan jenis kain lainnya. Sebab, apapun ragam kerajinan yang terbuat dari kain perca ini diminati oleh banyak orang hingga dapat menembus mangsa pasar Eropa dan juga Amerika. Untuk itu, inilah beberapa kelebihan dari kain perca dibandingkan dengan jenis kain lain. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Awet dan Tidak Mudah Sobek

Kelebihan pertama dari penggunaan kain perca untuk kerajinan kain adalah awet dan tahan lama. Meskipun kain perca ini terbuat dari sisa kain hasil konveksi, namun tetap saja kain perca ini sangat awet dan tidak mudah sobek ketika Anda gunakan.

2. Mudah Didapatkan

Kelebihan kedua dari penggunaan kain perca ini adalah sangat mudah untuk Anda dapatkan. Ya, hampir semua pasar kain dan konveksi pastinya menjual jenis kain perca dengan berbagai motif. Selain mudah didapatkan, harga dari kain perca pun terbilang cukup murah dibandingkan dengan jenis kain lainnya.

Sehingga, apabila Anda menjual kerajinan tangan dari kain perca ini, hasil yang didapat dari penjualan akan sangat menguntungkan.

3. Mudah Diaplikasikan

Kelebihan ketiga dari penggunaan kain perca ini adalah mudah diaplikasikan. Anda dapat memproduksi beragam macam kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca, mulai dari kain taplak, keset kaki, hingga tas.

4. Model dan Motif yang Beragam

Kelebihan keempat dari penggunaan kain perca ini adalah banyaknya model serta motif yang beragam. Ya, Anda dapat memilih model dan motif kain perca yang Anda sukai atau yang Anda butuhkan guna memproduksi berbagai kerajinan dari hasil tangan Anda sendiri. Pastikan antara satu motif dengan motif lain memiliki keselarasan model dan motifnya.

Itulah beberapa kelebihan dari kain perca. Meskipun harga pasaran dari kain perca ini terbilang cukup murah. Namun, hasil dari kerajinan tangan berbahan dasar kain perca ini dibandrol dengan harga yang cukup menggiurkan. Jadi, sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai ladang bisnis baru.

Ragam Kerajinan Kain Perca yang Paling Laku Dipasaran

Bukan rahasia lagi apabila beberapa kerajinan tangan dari kain perca yang dibuat oleh industri-industi di Indonesia, paling banyak dicari oleh pangsa pasar Eropa hingga Amerika. Sebab, beberapa kerajinan tangan dari kain perca yang dikerjakan oleh produsen dari Indonesia selalu diakui akan keunikan dan juga ketahanan hasil kerajinannya.

Oleh sebab itu, kamu juga yang masih pemula bisa untuk mencoba kreasi yang dapat dibuat dari kain perca di bawah ini. Inilah beberapa ragam kerajinan dari kain perca yang sangat laku di pangsa pasar Eropa hingga Amerika, antaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Keset Kaki

Salah satu kerajinan tangan berbahan dasar dari kain perca yang laris di pasaran adalah keset kaki. Ya, keset kaki yang terbuat dari kain perca ini sangat diminati di pasaran, karena kain perca dapat menyerap air secara sempurna.

Selain itu, harga dari keset kaki yang terbuat dari kain perca ini lebih murah, dibandingkan dengan keset kaki yang terbuat dari bahan kain apapun. Cara pembuatan keset kaki dari bahan kain perca juga tidak terlalu sulit.

Caranya Anda cukup siapkan beberapa perlengkapan seperti gunting, kain perca, dan juga kawat kasa ataupun jaring rajut untuk merangkai kain perca sebagai keset kaki. Setelah semua bahan telah Anda persiapkan, maka langkah pertama adalah gunting kain perca sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Kemudian, silakan rajut kain perca yang telah Anda potong, menggunakan kawat kasa atau jaring rajut hingga seluruh permukaan tertutup dengan potongan kain perca. Setelah semua permukaan tertutup. Maka, kain keset kaki pun dapat Anda pasarkan hingga ke luar negeri tentunya.

2. Tas

Kerajinan tangan dari kain perca lainnya adalah tas motif dari kain perca. Ya, tas yang terbuat dari kain perca ini sangat laku dijual di pangsa pasar luar negeri. Jenis tas ini memiliki warna dan motif yang cukup unik. Sehingga, banyak produsen tas dari Indonesia mulai berbondong-bondong memproduksi tas yang terbuat dari kain perca tersebut.

Namun, tahukah Anda bahwa tas yang juga laris di pangsa pasaran luar negeri ini dapat Anda buat sendiri dirumah. Anda cukup menyediakan beberapa perlengkapan seperti kain perca beraneka motif, kain furing, mesin jahit, dan resleting untuk tas.

Cara pembuatan tas dari kain perca ini juga tidak sulit, asalkan Anda memiliki keahlian untuk menjahit. Nah, langkah pertama dalam pembuatan tas dari kain perca ini adalah potonglah kain perca sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah itu, jahit kain perca untuk bagian alas tas. Potong kain furing untuk bagian dalam tas dan kemudian jahit kain furing sesuai dengan model tas yang Anda produksi. Pasang resleting pada bagian atas. Kemudian, potong kembali kain perca untuk dijadikan selempang tas yang tengah Anda buat. Lalu, jahit kain untuk selempang dengan tas yang Anda buat.

3. Taplak Meja

Kerajinan dari kain perca yang juga laku keras di pasaran adalah taplak meja. Ya, taplak meja yang terbuat dari kain perca ini memang cukup menarik untuk Anda gunakan. Selain berguna sebagai pelindung debu meja, taplak meja dari kain perca ini juga berguna sebagai hiasan ruang tamu.

Cara pembuatan taplak meja yang terbuat dari kain perca ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan gunting, mesin jahit, dan juga kain perca secukupnya. Langkah pertama adalah, potong kain perca sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian, jahit potongan kain perca dengan menggunakan mesin jahit.

Sebelum Anda menjahit potongan kain perca, maka buatlah pola terlebih dahulu agar warna dari potongan kain perca tersebut membentuk desain warna yang selaras.

Kain perca adalah sebuah kain yang terbuat dari sisa hasil potongan kain konveksi tak terpakai. Sehingga, kain perca ini adalah kain daur ulang yang dapat Anda gunakan sebagai hasil kerajinan tangan dari kain perca bernilai fantastis. Sebab, hasil produksi yang terbuat dari kain perca ini dapat menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

Peminat dari kerajinan tangan yang terbuat dari kain perca ini tidak hanya diminati pangsa pasar lokal saja, melainkan juga diminati oleh konsumen yanng berada di luar Negeri. Peminat tersebut khususnya dari pangsa pasar Eropa maupun Amerika.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here