Perbedaan Software Engineering Dan Software Development

806
0

Tanggung jawab seorang Software Engineer

  • Merancang, mengembangkan, menguji dan memelihara perangkat lunak jaringan.
  • Bekerja dengan tim jaminan kualitas untuk mengembangkan rencana pengujian.
  • Terhubung dengan tim pemasaran produk dan kesuksesan pelanggan.
  • Bekerja di antara tim untuk memberikan saran teknis dan mendukung seluruh proses pengembangan produk.

APA ITU SOFTWARE DEVELOPMENT?

Kita sudah tahu apa itu Software Engineering, tetapi bagaimana dengan Software Development nya?

Jika seorang insinyur perangkat lunak adalah seorang arsitek, Software Developer adalah seorang tukang kayu. Mereka merealisasikan rencana tersebut dengan memprogram komponen individual dari sistem dan pada akhirnya memberikan solusi.

Secara umum, Developer atau pengembang tidak bertanggung jawab untuk merancang seluruh sistem. Sebaliknya, mereka fokus hanya pada satu proyek. Untuk membangun solusi perangkat lunak, mereka kurang bergantung pada prinsip-prinsip matematika dan sains daripada metode informal.

Mereka tidak perlu membuktikan kelayakan desain mereka dengan bukti empiris dan menerima pemerintah yang lebih kreatif dalam membangun perangkat lunak sesuai keinginan mereka.

Saat insinyur merancang, menghubungkan, mengawasi dan mengarahkan proyek, Pengembang Perangkat Lunak menulis kode tangan mereka untuk menghidupkan proyek.

Software Development harus menganalisis persyaratan perangkat lunak yang diberikan kepadanya dan menentukan cara membuat fungsi spesifik sistem. Mereka harus menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman front-end atau back-end dan menguasai praktik pengembangan tangkas dan pengembangan berbasis tes.

Selama proses pembuatan, Software Developer kemungkinan akan bekerja sama dengan desainer grafis, perwakilan pelanggan, manajer produk, manajer senior, dan pembuat keputusan.

Dan karena pembuatan perangkat lunak adalah proses berulang dengan persyaratan yang berubah, Developer harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan menerima umpan balik dari semua anggota tim ini (dan pengguna).

Ketika pengalaman mereka tumbuh, pengembang perangkat lunak dapat mulai mendesain elemen arsitektur solusi dan mengelola beberapa komponen sistem, dengan memikul tanggung jawab sebagai seorang insinyur.

APA SAJA PEKERJAAN SEORANG SOFTWARE DEVELOPER

Seperti disebutkan sebelumnya, Developer biasanya melakukan fungsi tertentu, seperti front-end Development atau back-end Development, dalam sistem komputer yang lebih besar dan mungkin berspesialisasi dalam beberapa kerangka kerja pengembangan untuk menjalankan fungsi ini.

Spesialisasi ini tercermin dalam postingan pekerjaan, perusahaan yang menerbitkan penawaran untuk peran seperti “Java Back-end Developer” atau “Front-End React Developer”.

Berikut adalah beberapa keterampilan, kualifikasi, dan tanggung jawab yang dapat ditemukan dalam deskripsi pekerjaan Software Developer.

Keterampilan dan kualifikasi Software Development

  • Mampu menulis kode bersih yang bisa dipertahankan.
  • Memiliki keahlian dalam pemrograman Javascript, ReactJS, AngularJS, jQuery.
  • Pengalaman membuat aplikasi front-end dengan ES2015 +, NodeJS, jQuery, HTML5 dan CSS3.
  • Pengalaman dalam alat front-end dan alur kerja dengan Git, Grunt / Gulp.
  • Pengalaman dalam mendesain situs web responsif.
  • Memahami kompatibilitas antar browser.

Tanggung jawab seorang Software Developer

  • Berkontribusi pada perbaikan terus-menerus dari arsitektur antarmuka pengguna.
  • Jelajahi teknologi canggih untuk membuat fitur inovatif dan terbarukan.
  • Bangun alat untuk meningkatkan produktivitas internal.
  • Berpartisipasi dalam realisasi prototipe berulang yang berulang sesuai dengan persyaratan proyek.
  • Berkolaborasi dengan desainer, insinyur front-end, manajer produk, dan insinyur jaminan kualitas untuk mempertahankan kualitas UX.

APA ITU SOFTWARE ENGINEERING DAN APA ITU SOFTWARE DEVELOPMENT

Semuanya bermuara pada pelatihan dan tanggung jawab yang berbeda dari kedua posisi tersebut. Dalam hampir semua kasus, peran di dalam Software Engineering juga mencakup keterampilan Software Development.

Namun, Developer tidak memerlukan pengetahuan atau pengalaman teknis untuk menjalankan peran desain teknik dan mengelola seluruh sistem seperti halnya Engineer Software.

Beberapa profesional TI menyamakan Software Developer dengan Software Engineer senior, sementara yang lain akan terus berpendapat bahwa kedua istilah ini mewakili fungsi dan tingkat pengalaman yang berbeda.

Dalam praktiknya, istilah ini digunakan secara bergantian dan Anda tidak akan dapat berteman ketika seseorang telah menggunakan judul yang salah. Karena itu, jika Anda bangga dengan keahlian Anda, masuk akal untuk berbicara dengan manajer atau rekan kerja Anda tentang posisi yang Anda sukai.

Dan ini adalah penjelasan lengkap tentang apa itu Software Engineering dan juga apa itu Software Development. Saya harap artikel ini akan membantu Anda dan Anda akan tahu perbedaan antara keduanya. Sukses selalu…

Latest posts by Aorlin (see all)