Perbedaan Software Engineering Dan Software Development

198
0
Perbedaan Software Engineering Dan Software Development
Perbedaan Software Engineering Dan Software Development

Dalam dunia pengembangan perangkat lunak, posisi Software Engineering Dan Software Development sering digunakan secara bergantian.

Bahkan Biro Statistik Tenaga Kerja tidak ada bedanya, menempatkan kedua peran ini dalam kategori yang sama dalam manual pandangan kerja.

Namun, bagi orang-orang di sektor TI, peran ini tidak sama. Sama seperti seorang dokter tidak akan menyebut dirinya asisten dokter, pelaku Software Engineering tidak akan menggunakan judul sebagai Software Development.

Perbedaan antara kedua peran ini terletak pada pelatihan teknis yang diperlukan, ruang lingkup tugas dan, dalam banyak kasus, tingkat otoritas.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan seluk-beluk kesenjangan antara engineer dan developer perangkat lunak.

APA ITU SOFTWARE ENGINEERING?

Kata kunci dalam judul karya ini adalah “Ing√©nieur”. Menurut Edge Engineer, “teknik adalah disiplin, seni, dan profesi yang memungkinkan Anda memperoleh dan menerapkan pengetahuan ilmiah, matematika, ekonomi, sosial, dan praktis untuk merancang dan membangun.”

Seorang Engineer atau Insinyur menggunakan prinsip-prinsip teknis untuk membangun sistem atau solusi baru untuk suatu masalah. Daripada merancang solusi spesifik untuk beberapa klien, seorang insinyur menawarkan solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi oleh masyarakat umum atau sejumlah besar orang.

Solusi dirancang sesuai dengan metode ilmiah dan harus ada bukti empiris untuk mendukung rencana sebagai solusi dunia nyata yang layak.

Ketika seorang engineer merancang solusi, tidak akan ada ambiguitas atau pertanyaan terbuka, jika tidak, desain kemungkinan akan gagal, baik secara fungsional atau dengan tujuan memecahkan masalah, atau keduanya.

Misalnya, tergantung pada keadaan pikiran rekayasa, persamaan 6 √∑ 2 (1 + 2) = x terlalu ambigu untuk dipecahkan karena persamaan tersebut tidak mengandung tanda kurung yang diperlukan untuk menunjukkan fungsi spesifik mana harus dieksekusi terlebih dahulu dalam situasi di mana urutan operasi sepenuhnya mengubah hasil akhir.

Apa Itu Software Engineering Dan Apa Itu Software Development
Apa Itu Software Engineering Dan Apa Itu Software Development

Sehubungan dengan perangkat lunak, seorang engineer bertanggung jawab atas siklus hidup lengkap pengembangan produk. Ini berarti bahwa para engineer memperhatikan kebutuhan (atau masalah) dan merancang solusi global, termasuk semua komponen yang saling berhubungan. Sebelum memulai desain mereka, mereka berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan dan mengumpulkan persyaratan proyek.

Dan begitu desain mereka diimplementasikan dan perangkat lunak baru digunakan, insinyur perangkat lunak kemungkinan akan melakukan demonstrasi, memonitor sistem, dan polling pengguna untuk lebih mengoptimalkan pengalaman perangkat lunak.

Untuk mengembangkan keahlian teknis yang diperlukan untuk tujuan ini, insinyur perangkat lunak memperoleh setidaknya gelar sarjana dalam ilmu komputer atau disiplin ilmu teknik lainnya atau, karena program pelatihan ini semakin kuat, mereka setidaknya harus berhasil dalam pengkodean bootcamps .

PRINSIP REKAYASA

Tidak ada buku tentang prinsip-prinsip teknik universal yang digunakan semua engineer dalam desain mereka. Sebaliknya, setiap insinyur dapat menetapkan prinsip mereka sendiri dan menerapkannya pada setiap solusi perangkat lunak di lingkungan spesifik mereka.

Namun, banyak tim rekayasa perangkat lunak berlangganan apa yang dikenal sebagai 12 prinsip pengembangan tangkas, atau beberapa variannya. Ini adalah prinsip asli yang dinyatakan dalam Agile Manifesto:

  • Prioritas tertinggi adalah untuk memuaskan pelanggan dengan pengiriman awal dan berkelanjutan perangkat lunak berharga.
  • Kirim perangkat lunak dalam siklus yang intensif.
  • Stakeholder kolaboratif, termasuk tim TI dan tim penjualan, sangat penting di seluruh proyek.
  • Ciptakan budaya kepercayaan, motivasi, dan dukungan untuk melakukan pekerjaan Anda.
  • Komunikasi tatap muka adalah cara paling efektif untuk menyampaikan informasi.
  • Perangkat lunak fungsional adalah ukuran utama kemajuan.
  • Proses Development harus sangat efektif sehingga bertahan tanpa batas.
  • Perhatian yang konstan terhadap keunggulan teknis.
  • Kesederhanaan – seni memaksimalkan jumlah pekerjaan yang tidak dilakukan – sangat penting.
  • Arsitektur, desain, dan persyaratan terbaik muncul dari tim pengaturan sendiri.
  • Berpikir secara teratur sebagai tim tentang bagaimana menjadi lebih efektif.

APA SAJA PEKERJAAN SOFTWARE ENGINEERING

Bahkan dalam deskripsi pekerjaan, istilah Software Engineering dan Software Development terkadang digunakan secara bergantian, tetapi memperdalam deskripsi pekerjaan itu sendiri harus mengungkapkan mana dari dua peran yang sebenarnya disewa oleh organisasi. Berikut adalah beberapa keterampilan, kualifikasi, dan tanggung jawab yang mungkin Anda temukan dalam deskripsi pekerjaan software engineering.

  • Pengalaman membuat dan memelihara arsitektur dan basis data komputer.
  • Keterampilan pemecahan masalah.
  • Desain dan Pengalaman Model dengan Infrastruktur Cloud.
  • Pengalaman pengembangan / debugging.
  • Pengalaman dengan CPU multi-core atau SMP.
  • Pengetahuan tentang berbagai bahasa pemrograman, termasuk C / C ++

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here