Perbedaan Radiasi Nuklir Chernobyl, Nagasaki dan Hiroshima

373
34
Perbedaan Radiasi Nuklirchernobyl Nagasaki Dan Hiroshima
Perbedaan Radiasi Nuklirchernobyl Nagasaki Dan Hiroshima

Perbedaan Radiasi Nuklir – Antara radiasi nuklir di Chernobyl, Nagasaki dan Hiroshima ini memang sedikit aneh. Chernobyl sudah hampir tiga puluh tahunan menjadi kota mati dan penuh misteri. Sedangkan Nagasaki dan Hiroshima bisa dibangun ulang bahkan jauh lebih keren dari kehancurannya.

Padahal sama-sama terkena nuklir kan?, malah ledakan bom atom di jepang menyebabkan kehancuran yang jauh lebih dahsyat daripada kebocoran reaktor di Chernobyl. Tapi kenapa mereka bisa move on dengan cepat yah?

Apa mungkin ledakan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima itu tak pernah terjadi? atau hanya terlalu dibesar-besarkan saja?, atau jangan-jangan konspirasi global? sip mari kita bahas lebih lanjut…

Sebetulnya ide postingan kali ini berakar dari salah satu postingan di blog tertua di planet Bumi – Gizmnodo.com. Seorang penulis bernama Melissa dari TodayFoundOut.com menerbitkan artikel berjudul Why Can People Live in Hiroshima and Nagasaki Now, But Not Chernobyl?

Perbedaan Radiasi Nuklir Chernobyl, Nagasaki dan Hiroshima

Ledakan dan Radiasi Nuklir Di Chernobyl

Radiasi Nuklir Di Chernobyl
Radiasi Nuklir Di Chernobyl

Singkatnya, dari artikel kak Melissa itu dapat saya pahami bahwa secara teknis dan mekanis, reaktor di Chernobyl memang memiliki ketidakstabilan yang berakar dari desain awalnya. Hmm cacat desain yang berdampak terciptanya real kota mati, wkwkwk.

Saat itu, diperkirakan lebih dari 90.000 mil persegi wilayah yang terkontaminasi serius, dan efek paling buruk melanda warga Ukraina, Belarus, dan Rusia. Namun berkat bantuan angin, radiasi nuklir tersebut dengan cepat menyebar ke wilayah utara termasuk Inggris, Skotlandia dan Wales.

Ratusan orang teridentifikasi korban radiasi tingkat berat, 47 diantaranya meninggal. Selain itu, penyakit tiroid meningkat pesat di negara-negara yang paling dekat dengan Chernobyl; pada tahun 2005, dilaporkan ada sebanyak 7.000 kasus kanker tiroid dicatat di Ukraina, Belarus, dan Rusia.

Pada tahun 2005, Forum Chernobyl yang didukung PBB menganalisa kecelakaan tersebut, hingga mengorbankan 4.000 nyawa, sedangkan organisasi lingkungan dunia Greenpeace mencatat sekitar 93.000 orang.

Chernobyl itu murni kecelakaan, yang tentunya tak dapat diperhitungkan sama sekali dampaknya. Disebabkan oleh kecerobohan, mismanajemen dan ketiadaan transparansi. Diperkirakan 7–10 ton bahan nuklir bocor keluar.

Secara kontaminasi radiasinya, 30 km persegi zona isolasi Chernobyl itu terkontaminasi isotop radioaktif caesium-137, strontium-90 dan iodine-131. Dan jelas itu sangat berbahaya dan berdampak buruk sekali bagi manusia, wajar saja jika area tersebut tak ditinggali hingga sekarang.

Bom Atom Nagasaki dan Hiroshima

Roket atau bom atom pertama diberi nama Little Boy, meledak di Hiroshima dari ketinggian 600 meter. Ledakan yang dihasilkan sebesar 16 kiloton. Diperkirakan 70.000 orang tewas, adapun yang luka-luka diperkirakan sekitar 70 ribuan korban.

Bom Atom Di Nagasaki Dan Hiroshima
Bom Atom Di Nagasaki Dan Hiroshima

Menyebabkan kehancuran untuk 70% gedung di Hiroshima, namun tak lebih dari 2 ribu orang yang dilaporkan meninggal akibat radiasi nuklir tersebut.

Sedangkan yang satunya lagi dikasih nama Fat Man, dijatuhkan dari langit Nagasaki dari ketinggian 503 meter. Ledakan yang dihasilkan sebesar 21 kiloton. Diperkirakan korban tewas ada 70 orang, dan 75 ribu roang lainnya luka-luka.

Lebih aneh lagi ketika tak ada data yang melaporkan Kematian akibat kanker ataupun radiasi nuklir di Nagasaki. Ini beneran aneh yah, bagaimana bisa kejadian seperti itu tak meninggalkan jejak radioaktif.

Kesimpulan

Tingkat radiasi di chernobyl tidak bisa hilang sementara radiasi di Nagasaki dan Hiroshima cepat hilang karena bomb itu hanya meledak satu kali jadi semua radiasi itu dapat dihilangkan karena peristiwa tersebut hanya terjadi sekali saja, dan peristiwa tersebut sudah terjadi lebih dari 50 tahun yang lalu jadi punya cukup waktu untuk menghilangakan zat radiasi di tempat itu.

Sementara di chernobyl adalah tempat letaknya pembangkit listrik nuklir yang terbesar di Uni Soviet jadi semua radiasi berkumpul di tempat itu sehingga waktu tempat penyimpanan radiasi bocor.

Semua radiasi yang sudah berkumpul selama bertahun tahun berkumpul di situ keluar dan meracuni seluruh chernobyl. Peristiwa Chernobyl belum lewat 50 tahun yang lalu jadi semua radiasi yang ada pada tempat itu membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk membersihkannya.

Jadi…, Nagasaki dan Hiroshima tidak mengalami kontaminasi radioaktif seperti Chernobyl, karena tiga alasan:

  1. Reaktor Chernobyl mengandung jauh lebih banyak bahan bakar nuklir: 180 ton! Sedangkan Little Boy hanya 60 kg dan Fat Man hanya 63.5 kg.
  2. Bom nuklir yang digunakan di Hiroshima dan Nagasaki lebih efisien penggunaannya, masing-masing hanya 1 kg uranium yang dibakar. Sedangkan Chernobyl paling sedikit ada 7 ton bahan nuklir yang terlepas ke atmosfir!
  3. Bom Hiroshima dan Nagasaki diledakkan ratusan meter di udara. Jadi bahan radioaktif banyak terbakar oleh ledakan berbentuk jamur (mushroom cloud). Dalam kasus Chernobyl, karena reaktor yang bocor berada di atas tanah, tanah mengalami kontaminasi parah.

Nah begitulah kiranya, sekian artikel tentang Perbedaan Radiasi Nuklir Chernobyl, Nagasaki dan Hiroshima. Seperti biasa, jika ada salah, kurang atau lebih silakan dikoreksi. Semoga bermanfaat dan see ya! 😉

Sumber dan Referensi:

  • https://gizmodo.com/why-can-people-live-in-hiroshima-and-nagasaki-now-but-1451250877
  • http://evassmat.com/8HpG

34 KOMENTAR

  1. demikian penjelasan ilmiahnya ya terimakasih atas share ini jadi tahu penyebab perbedaan kehidupan di 3 kota bekas bencana nuklir tersebut chernobyl, hirosima dan nagasaki

  2. Baik yang di jepang atau ukraina semua itu sangat merugikan umat manusia dan wabah penyakit mematikan butuh waktu lama untuk menstrerilkan tempat yang sudah kejatuhan Bom apa pun bentuknya…Ok thanks info menariknya tentang sekarang Bom Atom..😄😄

  3. Wew bahan untuk bom atomnya gak seberapa dibanding insiden chernobyl, jadi gak bisa kebayang ngerinya misal di bahan nuklir dan uranium di chernobyl jadi bom atom

  4. Tapi menurut buku atau berita yang saya baca, radiasi yang ada di nagasaki dan hiroshima masih berdampak. Mungkin tidak diekspos terlalu besar, takut amrik dimintain tanggung jawab. Mungkin ini sudah masuk ke wilayah politik dunia.
    Kini chernobyl jadi kota mati, ngeri juga semoga saja indonesia tidak ngotot untuk mendirikan pabrik nuklir.

    • Yes banget bang, karena sekarang hubungan bisnis Jepang sama AS udah klop banget, udah sama2 move on keknya.

      Oya di Indonesia sendiri kalo cuma buat listrik, kan sumber daya lain masih banyak yg potensial, kecuali buat pertahanan militer, keren juga kalo kita bisa ngembangin nuklir sendiri, wkwkwk.
      😉

  5. Oh… Baru tau nih. Jadi mungkin karenaBom Hiroshima dan Nagasaki diledakkan di udara itu, makanya setelahnya air hujan yg turun itu ada kandungan racun gitu ya? (eh.. itu yg saya ingat dr film sih.)

    • Yap mungkin sekali itu terjadi, jadi udara yang terkonstaminasi cepat hilang, mengingat curah hujan di jepang juga lumayan, berbeda dengan priviat.
      Terimakasih atas tambahan dan kunjungannya, sukses selalu…
      😉

  6. Terimakasih Kakak Aorlin atas penjelasan ilmiahnya beserta perbedaan jumlah bahan bakar nuklir itu. Ngeri ya, Kak antara hitungan ton dengan kilogram! Wow. Tidak heran efek dari Chernobyl lebih dahsyat ketimbang Nagasaki dan Hiroshima yang sepertinya tidak terjadi radiasi di sekitarnya. Boom! Selesai.

  7. ada yang mengatakan bahwa bom yang meledak di nagasaki dan hirosima itu menyebabkan rumputpun enggak bisa tumbuh lagi ya teh,…emang luar biasa efek ledakannya, dan terima kasih untuk ilmu barunya teh,..karena saya baru tahu juga bahwa radiasai chernobyl itu jauh lebih berbahaya

    • Mungkin sekali koh, butuh waktu pulan tahun agar kandungan mineral di tanahnya bisa pulih kembali.
      Terimakasih sudah mampir,
      Sukses selalu…
      😉

  8. Msh samar” ttg chernobyl… Mmg krn kebocoran… Sehingga jd kota mati sampai sekarang. Beda dengan bom nagasaki hirosima…. Kok bisanya sih mba kepikiran nulis ttg nuklir hi hi… Imajinasinya ruaar biasa..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here