Perbedaan Domain Aged Dengan Aged Domain

686
12
Perbedaan Domain Aged Dengan Aged Domain
Perbedaan Domain Aged Dengan Aged Domain

Perbedaan Domain Aged Dengan Aged Domain – Pernah dengar kan istilah itu?, Ya singkatnya Aged Domain adalah domain yang sudah berumur tua. Meskipun sudah berumur, aged domain bisa saja berstatus active, expiring ataupun expired.

Lantas apa maksud dari judul postingan ini?, wkwkwk iseng aja sih, karena saya punya sedikit cerita yang melibatkan 2 susunan kata tersebut. Bukan cerita yang keren-keren amat sih, cuma berasa greget aja kalau tidak diceritakan ulang.

Perbedaan Domain Aged dengan Aged Domain

Pada suatu hari, saya iseng menawarkan satu aged domain kepada seorang sobat. Domain tersebut memiliki nama yang keren juga kualitas yang cukup keren. Dan harga yang saya tawarkan juga harga iseng karena dapetnya juga modal iseng.

Awalnya si sobat tertarik banget nih, tapi selang beberapa menit langsung drop dan mengatakan tak niat sama sekali. Alasannya karena itu bukan aged domain karena sempat expired. Disini saya yang menjadi agak bingung untuk menanggapi pernyataan sobat tersebut.

Karena iseng saya jawab dengan “oooh kalau yang nggak pernah expired namanya Domain Aged bre…”. Meski tahu jawaban tersebut akan berbuntut panjang, tapi tetap saja saya jawab begitu, wkwkwk.

Hal yang mengejutkan adalah, itu si sobat malah percaya dengan istilah baru yang saya sebutkan barusan. “Oh gitu yah?” katanya, saya pertegas lagi dengan “Iyalah, harganya juga pasti selangit, kerena mungkin sudah melewati berapa kali lelang”.

Arti Domain Aged Dan Aged Domain
Arti Domain Aged Dan Aged Domain

Fix tambah yakin aja dia, lanjut gini gitu saya kirimkan juga SS dari Google Translate diatas tuh. Ditambah caption yang menjelaskan jika:

  • Aged Domain adalah domain lama, apapun statusnya, intinya itu domain sudah didaftarkan sejak lama.
  • Sedangkan Domain Aged adalah domain yang berumur tua dan dalam kondisi aktif.
  • Lalu Expired domain adalah domain yang kadaluarsa.

Dan jadilah kita sampai deal, wkwkwk. Setelah melewati transaksi dan diskusi aneh macam itu, sampai sekarang saya masih sering senyum sendri mengingatnya. Terkadang merasa lucu, tapi kadang-kadang malah merasa bersalah.

Dari sisi penjual, saya sudah memenuhi hak calon pembeli, dengan memberikan informasi sebanyak mungkin. Informasi yang saya berikan juga bukan info tipu-tipu, semua jelas dilengkapi sumbernya, hanya saja… entahlah.

Terkait penggunaan istilah Aged Domain dan Domain Aged tadi, menurut sobat sekalian gimana yah? Apa saya salah? Salahnya dimana? Atau ga ada masalah nih?

Penjelasan Status Aged Domain

Sperti yang saya katakan diatas tadi, sepengetahuan saya, Aged Domain adalah domain yang sudah didaftarkan sejak lama. Dan apapun statusnya, mau active, expiring atau expired sekalipun itu tetap saja dinamakan Aged Domain.

Untuk membenarkan hal itu, berikut saya rangkumkan pengertian dan penjelasan tentang 4 status Aged domain diatas berdasarkan beberapa referensi yang saya link-kan diakhir artikel.

1. Active Domain

Domain yang berstatus active artinya domain itu betul-betul masih live, hidup atau ya aktif. Sebagaimana biasanya, domain aktif sering sekali diperjuabelikan dengan harga yang bervarian.

Khusus aged domain berstatus aktif, seringkali masuk ke pasar ataupun pelelangan atas keinginan pemiliknya. Terkadang domain berstatus aktif ini juga dijual include dengan web atau blognya.

Tapi kalu aged kebanyakan hanya domainnya saja yah, karena kalau beserta web harganya bakal gila banget. Karena bukan jual beli domain lagi itu, malah jual beli blog atau website.

Baca juga:

2. Expiring Domain

Masa expiring domain ini bisa kita umpamakan seperti masa tenggang kalau pada SIM seluler. Dan setiap domain yang masuk ke expiring biasanya akan melewati 4 tahapan lagi sebagai berikut;

  1. Tahapan berstatus Hold, dalam waktu tertentu 1-45 hari (tergantung registrar/provider) domain ini masih bisa diperpanjang oleh pemilik asalnya.
  2. Tahap berstatus RGP atau Redemption Grace Period, dimasa 30 hari ini semua layanan terkait domain tersebut sudah diputus. Namun biasa domain masih bisa diperpanjang dengan biaya yang jauh lebih besar, bisa sampai 10 kali lipat.
  3. Status Pending Delete, ini ceritanya sudah kelar sih, biasanya tak sampai seminggu, ini tahap paling mendebarkan bagi pemburu Aged Domain.
  4. Deleted, yak apa lagi?, setelah berstatus deleted itu domain akan di drop sehingga sudah bisa didaftarkan ulang oleh pemilik barunya.
Expired Domain Aged
Expired Domain Aged

3. Expired Domain

Expired Domain merupakan istilah yang lebih luas ketika menggambarkan domain berstatus kentang. Tepatnya antara Expiring menuju ke Deleted. Kan ada jeda berapa bulan tuh, nah dimasa itulah sebuah domain bisa disebut dengan istilah Expired.

Di masa ini, Expired Domain bisa saja diperpanjang juga bisa tidak, tergantung dengan fase atau tahapan Expiring yang diatas tadi.

4. Dropped Domain

Naah ini yang terakhir nih, setelah Aged Domain tadi berstatus Deleted, maka secara otomatis nama domain tersebut direset dan dapat didaftarkan ulang oleh siapa saja dan dari registrar mana saja.

Setelah didaftarkan ulang, domain tersebut seperti domain baru lagi. Meski begitu, kan sudah pernah digunakan dan dioptimasi oelh pemilik sebelumnya.

Maka nama domain tersebut biasanya masih menyimpan Backlink, dan bermacam score terkait rating domain. Jadi ketika digunakan cepet banget naiknya.

Sekian artikel tentang perbedaan Domain Aged dengan Aged Domain versi Aorlin.com. Kalaupun ada kekurangan dan kesalahan silakan dikoreksi agar dapat diperbaiki. Semoga bermanfaat dan see Ya!

Referensi:

12 KOMENTAR

    • Wkwkwk iya mas, dan memang sebaiknya diatur begitu, jika tidak… Waah malah tambah repot nantinya.
      Terimakasih sudah mampir,
      Sukses selalu…
      😉

  1. Kata orang-orang usia domain juga pengaruh ke statistik Domain Authority yang bisa meningkatkan SEO web kita. Tapi apakah ada cara lain yang lebih efisien untuk meningkatkan DA selain bergantung dari usia domain yang semakin tua? Minta pencerahannya suhu

    • Oit hal pertama yang mesti kita luruskan disini adalah, saya bukan suhu kak, saya newbie abadi titik.

      Nah selanjutnya untuk meningkatkan DA, yap umur memang salah satunya, maka sebaiknya kita bersabar.

      Namun selain umur, kualitas dan kuantitas backlink juga sangat berperan, ditambah lagi dengan popularitas di kalangan sosial media juga menjadi faktor.

      Selebihnya Google mungkin bisa menjelaskan, terimakasih sudah mampir, sukses selalu…
      😉

  2. weleh nambah informasi meneh…
    dulu saya pernah bikin web dan domainnya sudah tidak diperpanjang, mungkin sekarang statusnya menjadi dropped domain…
    keren sekali…

  3. Untuk mengetahui dropped domain itu pernah digunakan bagaimana kakak? Karena saya mengira domain blog yang saya gunakan termasuk dropped domain karena sejak awal digunakan ternyata url blog sudah diblokir sama facebook, padahal saya masih baru menggunakan domain tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here