Pengertian Smartphone Flagship Di Dunia Seluler

39
10
Pengertian Smartphone Flagshipversia Orlin.com
Pengertian Smartphone Flagshipversia Orlin.com
Aorlin.comPengertian Smartphone Flagship Di Dunia Seluler – Seringkali kita menemukan penggunaan kata Flagship untuk menggambarkan suatu produk elektronik digital, Smartphone khususnya. Nah hal tersebut cukup membuat Aorlin penasaran tentang arti atau maksud yang ditujukan dari tambahan kata tersebut.
Karena itulah kali Aorlin akan menjelaskan sedikit tentang apa yang dimaksud dengan smartphone flagship berdasarkan pemahaman dari beberapa artikel yang Aorlin baca beberapa waktu lalu. Semoga saja postingan ini bisa menjawab pertanyaan serupa yang ada di benak sobat sekalian.
Pengertian Smartphone Flagship. Gambar by BestProducs.com
Well…, setelah Aorlin cari-cari dan terus mencari, ternyata Smartphone Flagship dapat diartikan menjadi beberapa maksud tergantung dengan situasi ataupun kondisinya. Agak sulit memang, untuk menjelaskan maksud dari kata perumpamaan yang terkadang aneh, namun diterima dan disetujui secara global.

Apa Yang Dimaksud Dengan Smartphone Flagship ?

Jadi disini Aorlin akan buat menjadi 3 kategori penggunaan kata Flagship, dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Smartphone Flagship adalah yang memiliki teknologi terbaru.

Pada segmen ini kata Flagship digunakan untuk menggambarkan dimana ada suatu produk atau smartphone yang membawa fitur dan teknologi terbaru. Untuk pertama kalinya di dunia, jadi perangkat tersebut berada di posisi teratas dan sangat mungkin untuk jadi yang terbik di kemudian harinya.
Karena memiliki teknologi terbaru, maka perangkat ini tak ada pesaingnya dong, wajar saja jika Smartphone jenis ini akan menjadi Trensetter di dunia seluler selanjutnya. Namun gelar Smartphone Flagship disini tak akan abadi, seiring waktu akan selalu bermunculan Flagship-flagship terbaru, hingga yang lama menjadi jadul.
Sebagai contoh, iPhone, ya iPhone, kok iPhone?, sejak pertama kali dirilis 12 tahun silam, iPhone mendapatkan gelar Flagship secara estafet sampai ke iPhone 5. Terbukti dengan Apple mempatenkan ratusan komponennya terkait dengan penciptaan perangkat iPhone.
Karena itu selama bertahun-tahun perusahaan produsen Smartphone lainnya hanya menjadi bayangan iPhone. Nah sejak wafatnya Steve Job dan kegagalan iPhone 6 lah gelar Flagship mulai diperebutkan oleh pabrikan smartphone lainnya seperti Xperia, Galaxy, dan HTC.

2. Smartphone Flagship merupakan seri ikonik dari suatu pabrikan.

Yang kedua ini juga bisa diterima nih, pengertian flagship disini dimaksudkan untuk rilisan terbaru pada seri tertentu dari suatu produsen smartphone. Jadi setiap produk terbarunya adalah flagship tanpa mempengaruhi dan dipengaruhi produk-produk dari seri lainnya.
Misalnya Samsung dengan seri Galaxy S, coba saja perhatikan, seri Galaxy S selalu saja menjadi semacam icon dari Samsung nya sendiri. Tak perduli spesifikasi ataupun kelebihannya, seri Galaxy S seakan mewakili Samsung untuk tampil di etalase dunia, walaupun ada banyak seri Galaxy lainnya seperti A, J, M, Note dll.
Begitu juga dengan perusahaan lainnya seperti Sony dengan seri Xperia Z dulunya, sekarang Xperia X. Terus Oppo dengan seri F nya dan yang gitu-gitulah gan. Jadi dipengertian Smartphone Flagship yang kedua ini Aorlin pahami sebagai rilisan terbaru dari seri andalan masing-masing produen.

3. Arti Smartphone Flagship sebagai yang terbaik di kelasnya.

Nah untuk yang ini agak lebih luas lagi pengertiannya, dengan bermain di kelas seperti yang Aorlin maksud di postingan tentang Smartphone Low End, Mid End dan High End sebelumnya. Maka gelar Flagship bisa diberikan kepada perangkat yang dianggap sebagai yang terbaik di levelnya baik itu Low End, Mid End ataupun High End.
Karena terlalu luas, disini yang menjadi barometernya adalah media-media yang memberikan ulasan, terutama media yang terbebas dari unsur komersial. Karena itu juga Flagship disini sangat dekat dengan upaya promosi dan periklanan.
Setiap rilisan terbaru secara random bisa saj dijadikan Flagship karena paling menonjol diantara yang lainnya, padahal itu tercipta karena kuatnya metode pemasaran suatu perusahaan. Tapi yaaah okelah, secara persaingan makin ketat, maka segala cara sah-sah saja untuk membangun opini Flagship ke pasar melalui media-media pemasaran.
Hmm gimana guys??, sekian yah tulisan mengenai Pengertian Smartphone Flagship Dalam Dunia Seluler versi Aorlin.com, semoga bermanfaat, sukses selalu, dan see ya!!

10 KOMENTAR

  1. Aaah bang opit inih, di poin 1 sudah Aorlin jelaskan bang 😉

    "seiring waktu akan selalu bermunculan Flagship-flagship terbaru, hingga yang lama menjadi jadul".

    Terimakasih sudah mampir bang, dan tunggu pembalasanku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here