Pengertian NFC Pada HP atau Smartphone
Internet, Knowledge, Tutorial

4 Kelebihan NFC Serta Pengertian NFC Pada HP

Pengertian NFC Pada HP – Smartphone pada zaman sekarang banyak sekali yang mempromosikan produknya dengan menyebutkan tersedianya fitur NFC pada smartphone tersebut.

Kecanggihan smartphone atau ponsel pintar memang selalu memiliki perkembangan dari tahun ke tahunnya. Hal ini tentu merupakan hal yang bagus untuk membantu umat manusia dalam menjalani aktivitasnya agar lebih mudah.

Namun tahukah anda apa Pengertian NFC pada HP? Serta apa kelebihan dan kekurangan dari NFC itu sendiri? Yuk pahami hal tersebut dengan membaca artikel di bawah ini.

Apa Itu Pengertian NFC Pada HP?

Anda tidak harus buka Google. Admin jelaskan definisi NFC atau near-field communication merupakan sebuah fitur komunikasi yang memiliki jarak pendek dan biasanya terdapat pada sebuah ponsel pintar.

NFC pertama kali dipatenkan oleh seseorang bernama Charles Walton pada tahun 1983. NFC sendiri pada saat ini sudah sering menjadi sebuah fitur standar pada kebanyakan smartphone masa kini dengan kelas mid-end serta high-end.

Fitur NFC juga dapat memungkinkan bagi smartphone dapat dengan mudah terkoneksi dengan ponsel smartphone lain yang memiliki fitur NFC juga.

NFC sendiri dikembangkan dari RFID (Radio Frequency Identification) yang dasarnya menggunakan basis antena.

Namun, NFC menggunakan sebuah antena yang lebih pendek daripada gelombang sinyal operator. Hal tersebut berguna agar dapat mencegah adanya interferensi.

Manfaat Kelebihan Fitur NFC Pada Zaman Sekarang

Selain membahas Pengertian NFC Pada HP. Pada awal-awal trendnya. Fitur NFC ini terkenal karena dapat membuat pengguna ponsel pintar yang memiliki fitur NFC dapat dengan mudah melakukan pengecekan pada saldo uang elektronik miliknya.

Namun semakin perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ternyata, banyak sekali manfaat yang dapat digunakan dari fitur NFC ini.

1. Dapat Mengisi Uang Elektroni E-Money dengan Fitur NFC

Pengertian NFC dan Manfaat Untuk Transaksi

Bank yang mengeluarkan trend uang elektronik “e-money” pada saat ini telah melakukan perkembangan yang cukup baik. Jadi pemiliki “e-money” pada saat ini dapat dengan mudah untuk melakukan top-up pada uang elektroniknya(e-money) hanya dengan menggunakan mobile banking.

Jadi, anda yang memiliki e-money sudah tidak harus repot-repot lagi untuk mendatangi bank, ATM ataupun minimarket. Jika, anda hanya ingin melakukan top-up e-money.

Baca juga : Cara Menghapus Chromium Terbaru

2. Fitur NFC Dapat Digunakan Untuk Mengisi Daya Smartphone

Untuk kelebihan yang satu ini mungkin tidak dapat digunakan oleh sembarang merk smartphone. Pasalnya, melakukan pengisian ponsel menggunakan fitur NFC sama saja dengan mengisi daya smartphone secara Wireless Charger.

Betul sekali mengisi daya secara Wireless Charger ternyata menggunakan fitur NFC pada smartphone tersebut. Nah, walaupun smartphone yang memiliki NFC belum tentu dapat melakukan pengisian daya secara Wireless Charger.

Sebab, terkadang smartphone tersebut memang belum memiliki fitur yang tersedia untuk melakukan Wireless Charger walau sudah memiliki fitur NFC sekalipun.

Biasanya smartphone yang dapat melakukan pengisian daya secara Wireless Charger ialah smartphone kelas High-End saja.

3. Menggunakan Fitur NFC untuk Terhubung ke Perangkat Lain

Pengertian NFC dan Manfaat Untuk Transaksi

Saat ini fitur NFC sudah dapat anda temukan pada berbagai merk ponsel pintar, seperti Samsung, Asus, Xiaomi, Apple, Oppo, Huawei, dan merk smartphone lainnya.

Fitur NFC pada smartphone dapat anda gunakan untuk terhubung ke perangkat lain, seperti contohnya laptop, ataupun printer dengan jenis tertentu.

Tidak hanya itu saja, sekarang ada juga TV yang telah dilengkapi dengan fitur NFC pada remote-nya. Jadi, jika ponsel anda memiliki fitur NFC dapat digunakan juga sebagai mirroring.

4. Manfaat Fitur NFC Sebagai Sarana Transaksi

Pengertian NFC dan Manfaat Untuk Transaksi

Mungkin anda sering melakukan transaksi di sebuah restoran dan membayarnya hanya dengan menempelkan HP anda dengan syarat tertentu.

Maksud syarat tertentu tersebut ialah biasanya anda terlebih dahulu memebuka dompet digital anda seperti DANA, dan yang lainnya yang sudah terisi saldo.

Baru anda mendekatkan ponsel anda ke sebuah mesin NFC reader yang biasanya terdapat di dekat kasir di restoran tersebut.

Hal yang lebih kerennya. Pada beberapa restoran anda sudah dapat melakukan transaksi dengan menggunakan fitur NFC dan tanpa memerlukan alat NFC reader untuk membacanya.

Penutup

Bagaimana kerenkan manfaat yang bisa kita dapatkan dari fitur NFC pada zaman sekarang ini. Sekian artikel kali ini dengan judul Pentingnya Memahami Kelebihan Serta Pengertian NFC Pada HP telah admin bahas.

Semoga artikel Pengertian NFC Pada HP ini dapat bermanfaat ya untuk anda semuanya. Terima kasih sudah berkunjung.