Cara Mengatasi Hotlinking
Blogging, Tutorial, WordPress

Pengertian Hotlink dan Cara Ampuh Mengatasi Hotlinking

Cara Mengatasi Copas dan Hotlink

Sebelumnya tutorial kali ini khusus pengguna Self Hosting yah, kalau blogger sepertinya tak perlu lagi karena semua media sudah ditangani oleh super server milik Google.

Tapi jika mau, menerapkan salah satu cara ini di platform Blogger dapat mengurangi niat pelaku copas dan AGC jaman now loh…

Baiklah berikut 6 Cara Mudah Mengatasi Hotlinking dan Praktek Copy Paste dari blog kita:

1. Perlindungan Hotlink Dari Cpanel

Ini merupakan cara paling mudah nih, apapun platformnya asal menggunakan Control Panel Hosting dari Cpanel maka sudah bisa mencegah praktek Hotlink.

Cara Menghindari Hotlink ke hosting

Cukup menggunakan fitur Hotlink Protection atau Perlindungan Hotlink saja. Cukup dua kali klik semua sudah teratasi tuh. Semua file media yang tersimpan di hosting sudah tak dapat diakses selain daripada domain yang diizinkan.

2. Menggunakan CDN

Yap apapun brand layanan CDN nya, biasanya sudah memiliki opsi ini. Baik yang gratisan seperti Cloudflare sampai ke versi premium lain-lainnya semua sudah bisa kok.

Dan cara ini juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna Blogspot seperti yang Aorlin katakan diatas tadi. Maka gambar dipostingan kita akan hilang jika hanya dicopas mentah oleh para maling online.

3. Menggunakan Plugin WordPress

Ini nih, sekali lagi pengguna WordPress dimanja-manjain oleh para developer. Tak perlu banyak setelan, tak perlu akses cpanel dan tak perlu urus cdn secara manual lagi.

Plugin Untuk Atasi Pencuri Konten Blog

Aorlin sarankan pakai plugin All In One WP Security & Firewall aja deh. Itu fiturnya sudah lengkap sekali pakai banget, coba aja.

4. Gunakan Kode Anti Copas

Kan ada banyak tuh tutorialnya, secara teknis hal tersebut juga bisa mencegah hotlink dari blog kita. Ya iyalah, copas saja gabisa, wkwkwk.

Tutorial Anti Copas

Makanya dipersulit lagi dengan “kawan-kawan”nya tuh. Intinya yang versi lengkap lah, kan banyak tuh tutorialnya. Dan cara ini juga berlaku di platform mana saja.

5. Mengganti Nama File

Nah ini khusus Self Host lagi nih, berhubung ini cara udah niat banget dan butuh kerja ekstra, maka tak Aorlin sarankan deh.

Mending pakai cara lain saja, tapi kalau memang sudah niat ya tentu cara ini akan ampuh sekali mengatasi Hotlink dari hosting kita.

Ketika nama file nya diganti kan url nya juga ikut berganti tuh, dan semua yang ngelink bakal putus termasuk postingan kita sendiri, wkwkwk.

6. Lakukan Serangan Balik

Sip ini keren nih, merupakan langkah akhir kalau sudah tak terbendung lagi amarahnya. Bisa dimaklumi sih bagaimana rasanya jadi korban AGC dan kena Hotlink pulak.

Berikut beberapa langkah keren yang bisa dilakukan untuk menyerang balik si para pencuri konten blog:

  1. Cari tahu orangnya, selesaikan dengan hukum yang berlaku.
  2. Takedown melalui DMCA.com.
  3. Mengajukan penghapusan ke Google DMCA.
  4. Melaporkan pelanggaran ke LumenDatabase.
  5. Melaporkan pelanggaran ke Registrar Domainnya.
  6. Melaporkan penyalahgunaan ke penyedia Hostingnya.

Semua cara itu katanya sih terbukti ampuh, kecuali langkah pertama yang Aorlin sudah buktikan semua keampuhannya.

Terutama yang paling sering Aorlin gunakan adalah cara ke 5 dan 6. Karena pihak registrar dan penyedia hosting biasanya tegas banget menanggapi setiap pelanggaran dan penyalahgunaan.

Karena mereka dikelolah oleh perusahaan resmi maka mereka dituntut tanggap. Mereka tak mau bermasalah dimata hukum yang akan berdampak rusaknya rating bisnis mereka.

Apakah kamu punya cara jitu lainnya?
Atau kamu pernah membuktikan ampuhnya cara diatas?

Yuk bagi-bagi lah cerita dan pengalamannya, barangkali bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sekian tulisan tentang Pengertian Hotlink dan Cara Mengatasi Hotlinking versi Aorlin.com. Lain hal dan sebagainya mari kita obrolkan, See Ya!

0

9 Replies to Pengertian Hotlink dan Cara Ampuh Mengatasi Hotlinking

  1. Ini nih, dulu saya waktu ada ngekopas konten rasanya seneng banget, soalnya ternyata blog saya yang sepi masih ada yang mau kopas konten. Dan dia pun ngasih link sumber di paling bawah. Cuma beda di judul konten doang.

    Gk main-main, konten yang dikopas udah sama gambar-gambarnya yang untungnya dulu saya masih pake pihak ketiga, yaitu gugel. Iya, jadi saya kalo upload gambar ke gugel foto baru di kopas ke web, soalnya storage sedikit. Tapi untungnya di sini jadi menyesal:

    ternyata blog dia malah jadi paling atas di pencarian gugel.
    saya coba ngadu ke gugel dengan alasan duplikat konten, tapi ditolak karena gambar yang ada milik gugel.
    saya coba hubungi blogger terkait tapi offline sampai sekarang. Percaya atau gk, sekarang pun blog nya masih nangkring di pencarian gugel.

    Solusi saya yang pertama hapus gambar yang di upload gugel biar mati dan rusak di blog terkait dan ganti gambar dengan di upload ke storage sendiri. Kedua, edit konten agar lebih menarik lagi. Lumayan sekarang udah nyelip dan punya dia turun.

  2. Waaaah keren dan inspirated banget pengalamannya gan, bisa dicoba itu.

    Terimakasih sudah berbagi dengan Aorlin.
    Semoga rating blognya terus membaik dan sukses selalu…
    😉

  3. Untungnya kalau foto saya sering kasih tanda air (kecuali si pengkopas jago banget bisa menghilangkannya ya pasrah :D)

  4. Kalau hal seperti itu, ada kuncinya, donwload dulu baru unggh lagi kalau bisa di hosting berbeda. Yang jelas, ilmu curang itu sungguh ahli dan terus berkembang.

  5. Saya anggap sebagai ibadah. Dan sebagai kenang-kenangan jika nanti sudah tiada. Berarti ada yang bermanfaat apa yang telah saya unggah. Kini google adsenses saya taruh di blog Om Koodok.

  6. Kalau saya dari awal ngeblog sudah rela dan ikhlas. Jika ada yang copy paste secara brutal, saya pun tidak mengapa. dan seandainya harus kehilangan blog pun saya tetap rela.
    Saya kehilangan hak tayang google adsenses, juga korban dari copy-paste, hampir seluruh artikel saya dicopas secara otomatis. Tapi saya rela.
    Saya hanya focus menulis dan upload photo.

Tinggalkan Balasan