Pengertian Hotlink dan Cara Ampuh Mengatasi Hotlinking

48
9
Cara Mengatasi Hotlinking
Cara Mengatasi Hotlinking

Kali ini Aorlin akan membahas tentang pengertian hotlink serta cara mengatasi hotlinking. Karena di dalam dunia blogging, hotlink sangatlah akrab dengan praktek AGC dan copy paste.

Hot – Dalam bahasa Inggris kata Hot berarti panas, tapi terkadang juga diumpamakan sebagai pedas.

Dan ternyata di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata Hot juga ada guys, artinya merangsang atau menggiurkan. wkwkwk

Link – Hal ini sudah pernah Aorlin bahas di artikel tentang Backlink Berkualitas Baik dan Buruk, jadi tak perlu dijelaskan lagi yah.

Pengertian Hotlink

Dengan gabungan 2 kata diatas dan datambahi akhiran “ing” yang dalam English berarti sedang berlangsung kan.

Jadi… Hotlinking adalah kondisi dimana sebuah halaman web/blog menampilkan konten yang tersimpan pada hosting web blog lain. ;D

Praktek ini umumnya terjadi ketika seseorang main copy paste secara menggila. Memposting tanpa mengupload file-file media seperti gambar, suara ataupun dokumennya.

Selamanya konten tersebut memakan resources bandwith dari hosting weblog yang dicopy. Dalam dunia Internet hal ini dinyatakan sebagai kejahatan dan pelanggaran serius.

Pengertian Hotlink dan Cara Mengatasi Hotlinking

Karena sangat merugikan, secara terus-menerus pemilik konten menguras bandwith nya untuk kepentingan orang lain. Tentu tanpa diketahui, jadi bisa dikenakan pasal berlapis itu.

Pencurian konten dan resources jangka panjang. Weeew ngeri kan?, Tapi kalo sudah dilengkapi izin dan diketahui pemiliknya itu aman kok.

Jangankan pemilik blog dan hosting kecil-kecilan, web blog dengan server raksasa saja melarang keras perilaku Hotlinking ini.

Sebagai contoh wikipedia ataupun web-web gudangnya konten Public Domain pun tak sanggup memberikan izin hotlink secara terbuka.

Oke cukup yah, walau agak belepotan tapi masih bisa dipahami kan?, kalo masih kurang paham nanti di kolom komentar saja ok!?, sekarang kita lanjut…

9 KOMENTAR

  1. Ini nih, dulu saya waktu ada ngekopas konten rasanya seneng banget, soalnya ternyata blog saya yang sepi masih ada yang mau kopas konten. Dan dia pun ngasih link sumber di paling bawah. Cuma beda di judul konten doang.

    Gk main-main, konten yang dikopas udah sama gambar-gambarnya yang untungnya dulu saya masih pake pihak ketiga, yaitu gugel. Iya, jadi saya kalo upload gambar ke gugel foto baru di kopas ke web, soalnya storage sedikit. Tapi untungnya di sini jadi menyesal:

    ternyata blog dia malah jadi paling atas di pencarian gugel.
    saya coba ngadu ke gugel dengan alasan duplikat konten, tapi ditolak karena gambar yang ada milik gugel.
    saya coba hubungi blogger terkait tapi offline sampai sekarang. Percaya atau gk, sekarang pun blog nya masih nangkring di pencarian gugel.

    Solusi saya yang pertama hapus gambar yang di upload gugel biar mati dan rusak di blog terkait dan ganti gambar dengan di upload ke storage sendiri. Kedua, edit konten agar lebih menarik lagi. Lumayan sekarang udah nyelip dan punya dia turun.

  2. Kalau saya dari awal ngeblog sudah rela dan ikhlas. Jika ada yang copy paste secara brutal, saya pun tidak mengapa. dan seandainya harus kehilangan blog pun saya tetap rela.
    Saya kehilangan hak tayang google adsenses, juga korban dari copy-paste, hampir seluruh artikel saya dicopas secara otomatis. Tapi saya rela.
    Saya hanya focus menulis dan upload photo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here