Pengertian Garis Keras Yang Sebenarnya, Berikut Penjelasannya

590
13
Pengertian Garis Keras Yang Sebenarnya
Pengertian Garis Keras Yang Sebenarnya

Pengertian Garis Keras adalah salah satu upaya dalam mempertahankan suatu pemahaman yang diyakini. Garis Keras juga merupakan sesuatu yang baik, bukan sebaliknya.

Akhir-akhir ini kata istilah Garis Keras betul-betul meningkat tajam di pencarian Google, bukanlah suatu kebetulan. Melainkan karena tingginya minat netijen +62 dalam mencari kebenaran. wkwkwk

Arti Garis Keras Tren Google
“Arti Garis Keras” di Google Tren

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya juga lihat beritanya di TVOne, yang lagi live streaming dengan bapak Mahfud MD. Mereka membahas atau mengklarifikasi pernyataan si bapak yang lagi di oseng-oseng.

Hmmm entahlah, saya tak begitu peduli dengan aksi dan reaksi terkait pernyataan itu. Disini saya malah jadi penasaran dengan Istilah-istilah yang biasa dipakai dalam ilmu politik versi pak MD.

Berhubung kita tak punya akses untuk menanyakannya langsung kepada beliau, jadi kembali ke embah google saja ya. Cukup menarik sih, dari cuitan yg diviralkan itu, beliau menekankan setidaknya ada 5 istilah, yakni:

  1. Konservatif
  2. Progresif
  3. Garis Moderat
  4. Garis Keras
  5. Dan Istilah-istilah lainnya.

ļ»æ
Selain kata atau istilah-istilah yang disebutkan diatas, dalam video segmen klarifikasi diatas sepertinya beliau juga sempat menyebutkan istilah-istilah:

  1. Islam Moredat
  2. Islam Garis Keras
  3. Islam Radikal
  4. Kelompok Progresif
  5. Kelompok Konservatif
  6. Garis Lurus
  7. Islam Garis Lucu
  8. Islam Sirotolmustakim
  9. Fanatisme
  10. Radikalisme
  11. Ekstremisme
  12. Sayap Kanan
  13. Pasifisme
  14. Liberalisme

Tapi untuk istilah-istilah yang lain akan kita skip saja dulu ya, dan fokus ke tentang apa itu dan pengertian garis keras.

Pengertian Garis Keras

Garis Keras adalah Strategi dan taktik untuk memperjuangkan atau mempertahankan paham dan sebagainya dengan metode perlawanan atau oposisi. versi KBBI.KATA.WEB.ID.

Oke, pengertian garis keras diatas sepertinya cocok ya dengan pemahaman garis keras versi pak MD, seperti yang dijelaskan beliau pada cuitan akun twitternya ini.

Apa Itu Garis Keras Versi Mahfud Md
Apa Itu Garis Keras Versi Mahfud Md

Garis keras itu sama dengan fanatik dan sama dengan kesetiaan yg tinggi.

Masih penasaran nih, untuk memastikan tentang apa itu “Garis Keras”, dibawah ini saya paste kan satu paragraf tentang arti istilah Garis Keras dalam dunia Politik secara Internasional. Untuk lebih lengkapnya silakan meluncur ke halaman Hardline – Wikipedia.

In politics, hard-line is an adjective describing a stance on an issue that is inflexible and not subject to compromise. A hardliner is a person holding such views. The stance is usually far from the centrist view. People, policies, and laws can be considered hard-line. A hardliner may be either a Reactionary or a Revolutionary.

Yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi:

Dalam politik, garis keras adalah kata sifat yang menggambarkan sikap pada masalah yang tidak fleksibel dan tidak dapat dikompromikan. Garis keras adalah orang yang memegang pandangan seperti itu. Sikapnya biasanya jauh dari pandangan sentris. Orang, kebijakan, dan hukum dapat dianggap garis keras. Garis keras dapat berupa Reaksioner atau Revolusioner.

Kesimpulan Tentang Arti Garis Keras

Berdasarkan pengertian istilah Garis Keras diatas, saya pribadi sudah mendapatkan pencerahan nih. Tepat seperti yang dikatakan oleh pak MD, garis keras itu bukanlah sesuatu yang buruk ya.

Bahkan sebaliknya, menjadi simbol kesetiaan daripada suatu pemahaman yang diyakini. Dan siapapun berhak berada dibalik “Garis Keras” nya masing-masing, tentu dalam batasan yang tidak melanggar hukum dan norma.

Karena itu sudah fix, maka kita sebaiknya tak perlu baperan lagi ya dengan label Garis Keras. Nyatakan saja dengan bangga jika kita memang kebetulan ada diposisi itu.

Nah gimana bat?, sudah tercerahkan bukan?, Kalau begitu saya akhiri tulisan ini ya, semoga bermanfaat dan happy blogging… šŸ˜‰

*Setengah dari tulisan ini sudah di draft sejak 5 hari yang lalu, karena dunia darat kurang bersahabat maka belum sempat publish, mending terlambat daripada tidak sama sekali.

13 KOMENTAR

  1. Dalam suatu waktu memang terkadang perlu fanatisme, tapi kebanyakan fanatisme selalu berujung ke arah negatif.. Termasuk garis keras itu sendiri

  2. kalau pacaran terlalu fanatik, harus gini gitu macam-macam tingkahnya, klo ada yang deketin bentar aja langsung di sikat, apakah mungkin juga bisa di sebut “pacaran garis keras” ya wekwkwwk

  3. Sebagian orang yang perilaku negatif yang membuat arti “garis keras” jadi dipandang negatif di masyarakat, padahal kan arti sebenarnya adalah setia, tentu saja dalam hal yang positif…

    • Ya garis keras hanya sebatas pertahanan pemahaman dan keyakinan, jika diselimuti dengan aksi/reaksi negatif penggunaan istilahnya sudah berubah. Dan ini yang harus dipahami secara luas.

  4. wah artikelnya agak sensitif juga mbak, tapi greget juga kalau tidak disampaikan…memang sebaiknya kita memahami dulu kata perkata sebelum membuat kesimpulan…kalau pun ada yang bermakna kurang baik ya positif aja…
    kita pernah sekolah jadi sering2 aja mampir/belajar KBBI untuk belajar bahasa indonesia lebih baik…

    • Naaah great banget ini, kita hidup di jaman modern, ada Internet yang bisa dengan mudahnya mengakses informasi dari KKBI ataupun Wikipedia, bahkan kalau kurang puas kita bisa browsing lebih dalam tentang apapun yang kita kurang jelas.

      Terimakasih sudah mampir,
      Sukses selalu…
      šŸ˜‰

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here