Tentang Artificial Intelligence, Pengertian dan Sejarah Perkembangannya

637
3
Alan Turing Dan Artificial Intelligence
Alan Turing Dan Artificial Intelligence

Pengertian Artificial intelligence – Yap dewasa ini kita sering sekali mendengar istilah Artificial intelligence atau juga yang biasa disingkat dengan AI. Tapi mungkin sebagian dari kita belum mengetahui tentang apa itu Artificial intelligence dan darimana semua itu berasal.

Termasuk saya sendiri sih, setelah baca-baca artikel dari beberapa blog pendahulu, barulah ada sedikit pencerahan mengenai tentang apa itu dan pengertian Artificial intelligence.

Ternyata kehidupan kita saat ini tak bisa dipisahkan dengan penerapan Artificial intelligence pada banyak perangkat yang bersifat personal maupun publik.

Tapi sebelumnya yuk sama-sama kita ketahui dulu apa sih sebenarnya AI atau Artificial intelligence itu?

Pengertian Artificial Intelligence “AI”

Sederhananya, Artificial intelligence adalah kecerdasan buatan, iya begitulah jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia secara mentah. Jadi AI atau Artificial intelligence merupakan suatu objek yang memiliki kecerdasan ilmiah,yang sengaja dibuat oleh manusia.

Objek cerdas ini berkemampuan untuk menterjemahkan data dan menentukan keputusan sebagai respon yang tepat. Bahkan beberapa objek Artificial intelligence atau AI ini di desain untuk dapat mempelajari data sebelumnya, sehingga dapat mempengaruhi keputusan untuk repon pada data yang akan datang.

Menarik sekali bukan?, Kecerdasan buatan semacam ini umumnya ditanamkan sebagai dasar untuk sebuah sistem ataupun mesin berbasin komputer.

Sejauh ini, ada banyak sekali perangkat yang menggunakan konsep artificial intelligence ini. Tentu saja seperti game, perangkat cerdas berupa apapun, konsol, robot, mesin industri, bahkan jaringan saraf tiruan dan lain sebagainya (termasuk peralatan militer).

Sejarah Artificial Intelligence “AI”

Satu hal yang membuat pribadi saya terkejut adalah tentang sejarahnya. Bagaimana tidak?, bertahun-tahun yang lalu saya pernah membaca banyak artikel biografi Alan Turing yang fenomenal itu.

Bahkan beberapa film yang mengangkat kisahnya juga pernah saya tonton seperti Codebreaker dan The Imitation Game juga tentunya. Masalahnya waktu itu saya hanya fokus ke Alan Turing nya saja tanpa memikirkan tentang Artificial intelligence sama sekali, wkwkwk.

Yap semua keterkaitan atas AI berawal dari kejeniusan seoranng Alan Turing. Penelitian dan uji coba proyek “Turing Test” adalah akar dari konsep Artificial intelligence yang pertama di dunia.

Pengertian Artificial Intelligence Dan Sejarah Perkembangannya
Pengertian Artificial Intelligence Dan Sejarah Perkembangannya

Alan Turing adalah seorang suhu dan mastah di bidang ilmu matematika tulen. Seorang pakar dan penemu konsep dasar Artificial Intelligence dan komputasi. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, konsep Artificial Intelligence Alan Turing terus dan selalu dikembangkan.

Setelah masa Alan Turing, Di tahun 1960 dan 1970-an, ada Joel Moses yang dikenal sebagai ahli dan pengembang Artificial Intelligence. Iya menjalankan program bernama Macsyma, suatu program yang berbasis ilmu pengetahuan dalam bidang matematika juga.

Perkembangan Artificial Intelligence

Jadi singkatnya, istilah artificial intelligence mulai digunakan sejak tahun 1951. Mendeskripsikan sebuah program artificial intelligence yang dinamai Ferranti Mark I.

Setelah itu, Christopher Strachey menanamkan konsep artificial intelligence pada sebuah program papan permainan Catur. Game lawas mainan anak jaman old nih, dimana manusia melawan AI yang dapat menjalankan bidak caturnya sendiri.

Pada tahun 1956, konsep artificial intelligence terus dikembangkan, hingga diresmikan dan disusunlah algoritma teknologi berbasis Artificial Intelligence ini. Hal itu diputuskan melalui satu konferensi yang dicetuskan oleh John Mc Charty.

Yah hingga saat ini pengembangan dunia AI masih dan terus berlanjut tanpa batas orientasi. Mereka akan terus berupaya menciptakan dunia yang lebih mudah dengan menggantikan pikiran, pekerjaan ataupun fungsi manusia dengan AI.

Hmm lumayan kan?, baiklah, sekian artikel tentang pengertian dan sejarah artificial intelligence versi Aorlin.com. Jika ada kesalahan dan kekurangan silakan dikoreksi agar dapat diperbaiki. Semoga bermanfaat dan see ya!! 😉

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here