Inilah 11 Nama Domain Pertama Di Dunia Internet Berdasarkan Data Terbaru

160
14
Daftar Nama Domain Tertua Di Dunia
Aorlin.comInilah Daftar 11 Nama Domain Pertama Di Dunia Internet – Entah kenapa kemarin malam hal ini begitu mendominasi pikiran Aorlin. Maka untuk melawan rasa penasaran, Aorlin berseluncur cukup jauh mencari jawaban terbaik dan valid.
Di beberapa website dan forum lokal juga sudah lumayan banyak yang memuat artikel tentang Nama Domain Tertua Di Dunia Internet. Sayangnya, daftar nama domain yang mereka informasikan masih ada yang kurang atau mungkin belum diperbarui berdasarkan data temuan terbaru.
Karena itu disini Aorlin.com akan memuat artikel terkait daftar 11 nama domain tertua di dunia internet yang sebenarnya berdasarkan data terbaru. Sumber data yang Aorlin jadikan referensi kali ini tak lain adalah salah satu halaman website yang cukup kredibel yakni Oldest.org .

11 Nama Domain Tertua Di Dunia Internet Terupdate

Kenapa 11 ?, hmm aslinya sih 10, karena ada satu tambahan domain maka jadilah 11, wkwkwk. Aorlin menambahkan 1 nama domain di nomor 6 sehingga merubah urutan setelahnya. Okelah berikut 11 nama domain tertua di planet bumi, beberapa di antaranya ada yang masih aktif dan dimiliki oleh perusahaan asalnya lho…

11. Bellcore.com  – 5 Maret 1986

Awalnya Bellcore.com dimiliki oleh perusahaan Bell Communications Research yang sekarang dikenla dengan Telcordia Technologies, Inc. Perusahaan ini bergerak di bidang riset dan pengembangan Telekomunikasi yang didirikan setelah AT&T putus diawal tahun 80-an.
Sekarang domain ini berstatus aktif, diperpanjang beberapa hari yang lalu dan akan expired ditahun 2020 mendatang. Namun begitu, domain Bellcore.com ini tidak sedang digunakan oleh website manapun, tidak sedang diparkir, juga tidak untuk dijual. Oh iya tanggal 4 April 2015 adalah hari terakhir yang tersimpan di Wayback Machine.

10. HP.com – 3 Maret 1986

Waaah yang ini paten bin tulen guys, secara perusahaannya masih eksis aja sampai sekarang. Dan semua statusnya tetap sama sejak dulu, didaftarkan dan dimiliki perusahaan HP atau Hewlett-Packard Company. Jadi status domainnya aktif, diperbaruhi beberapa hari yang lalu, dan expired tahun depan. Status websitenya juga aktif banget kan, rekaman pertama Wayback Machine di tanggal 19 Desember 1996.

9. SRI.com – 17 Januari 1986

Didaftarkan oleh Stanford Research Institute yang merupakan lembaga penelitian nirlaba di Amerika. Saat ini dimiliki oleh SRI International yang fokus melakukan penelitian di berbagai bidang seperti ilmu Biomedis, Bahan Kimia, Antariksa, Komputasi dan masih banyak lagi.
Karena itu sampai sekaran tak banyak perubahan terkait domain SRI.com ini. Statusnya masih aktif dan diperbaruhi tahun ini untuk selama 10 tahun kedepan. Web Archive mengambil rekaman pertamanya di tanggal 15 Desember 1996, hanya berselisih 4 hari dari HP.com diatas.

8. Xerox.com – 9 Januari 1986

Xerox Corporation meruupakan perusahaan yang cukup tua di dunia yakni berdiri dan beroperasi sejak tahun 1906. Berperan sangat signifikan di dunia komputasi, yang produknya banyak sekali digunakan secara global.
Tak banyak perubahan status terkait domain Xerox.com sejak pertama kali online. Website nya masih jalan, domainnya terakhir diupdate januari 2019 dan expired tahun 2020. Arsip pertama website Xerox direkam pada tanggal 22 Oktober 1996.

7. Northrop.com – 7 November 1985

Domain Northrop.com ini didaftarkan dan dimiliki oleh perusahaan pabrikan pesawat terkemuka di Amerika, Northop Corporation. Yang di tahun 1994 Northrop bergabung dengan Grumman dan menjadi menjadi Northrop Grumman.
Domain ini berstatus nganggur guys, aktif namun tak ada website yang menggunakannya, padahal 2 minggu yang lalu baru saja diupdate sampai tahun 2023. Sepertinya mereka sudah alihkan web perusahaan ke domain NorthropGrumman.com.

Halaman depan website NorthropGrumman.com

6. DEC.com – 29 September 1985

Tak banyak info yang Aorlin dapatkan terkait pemilik domain ini, Digital Equipment Corporation. Sedikit gambaran bahwa DEC adalah perusahaan yang bergerak di bidang Manufaktur Komputer dan perlengkapan gitu guys.
Oya pada tahun 1998 DEC diakuisi oleh perusahaan Compaq. Sekarang status domainnya aktif dan tertidur nyenyak tanpa akses website. Diperbaruhi tahun 2018 dan expired 2020 nanti. Anehnya rekaman arsip website DEC.com sudah tak tersedia lagi di  Waybac Machine.

5. MCC.com – 11 Juli 1985 – For Sale

Microelectronics and Computer Technology Corporation atau MCC adalah perusahaan pertama menjadi pusat penelitian dan pengembangan komputer secara besar-besaran di Amerika. Ada banyak nama-nama besar terkait dunia Komputer dibalik label perusahaan MCC ini.
Pada tahun 2000an perusahaan ini ditutup dan tentu websitenya juga offline, status domainnya masih akti hingga 2023 nanti karena baru diupdate tahun 2018 kemarin. Dan berita baiknya bagi para mastah dan suhu, domain MCC in diparkir oleh pemilik barunya, dan dijual dengan harga $636.588.

4. Think.com – 24 Mei 1985

Thinking Machines Corporation adalah produsen komputer super yang berlokasi di kawasan Massachusetts. Perusahaan ini sukses karena kontraknya dengan DARPA, sayangnya bangkrut dan tak mampu bertahan di tahun 1994.
Statusnya domainnya aktif tanpa website, diupdate tahun kemarin dan akan expired tahun ini. Jadi kalo ada minat pantau-pantau aja hu, siapa tahu pemiliknya khilaf hingga domainnya tewas dan bisa didaftarkan kembali oleh siapapun, wkwkwk.

3. BBN.com – 24 April 1985

Beeeh BBN Technologies ini adalah perusahaan yang banyak sekali berkontribusi di masa awal munculnya Internet. Juga merupakan tempat berkerjanya sang mastah Ray Tomlinson sebagai pencipta EMAIL pertama kali pada tahun 1971.
BBN sendiri awalnya lebih dikenal dengan nama Bolt, Beranek ataupun Newman, dimana mereka menyediakan layanan penelitian dan pengembangan untuk militer Amerika Serikat dan DARPA. Namun sejak tahun 2009 perusahaan ini resmi dan sepenuhnya dimiliki oleh Raytheon.
Untuk domain BBN.com sendiri saat ini di redirect ke halaman website Raytheon.com guys, pembaruan domain dilakukan pada tahun 2016, dan akan expired bulan depan. Jadi silakan dimasukkan ke dalam daftar ya bagi pemburu domain lawas, aged banget ini.

2. Symbolics.com – 15 Maret 1985

Yak Symbolics Computer Corporation adalah salah satu perusahaan yang memproduksi perangkat komputer lawas guys. Selebihnya tak banyak cerita mengenai perusahaan ini kecuali website nya yang terus online sejak pertama kali dibangun.
Halaman depan website Symbolic.com

Hal yang menarik, di tahun 2009 lalu ada sekelompok kecil investor yang membeli domain ini dan mengklaim sebagai Website dan Domain pertama didunia, mereka pun berhasil menyembunyikan fakta bahwa mereka adalah runner up.

Saat ini website nya bertitel “World’s first and oldest registered .com domain name on the Internet“. Disana mereka juga menyediakan banyak informasi sejarah yang berharga seputar dunia teknologi. Sampai-sampai mereka membuat website nya dengan konsep “The Big Internet Museum“, keren banget guys.

1. DARPA (.net, .org, .edu, .mil, .gov, dan .arpa) – 1 Januari 1985

Sejak tahun 1958, Defense Advanced Research Projects Agency atau DARPA adalah agen dari departemen pertahanan USA  yang bertanggung jawab mengembangkan teknologi baru berupa apapun untuk digunakan oleh militer USA sendiri.
Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi domain dibuat untuk menggantikan atau menutupi suatu rangkaian alamat ip agar lebih mudah diingat, dibaca dan disebutkan. Nah sebelum teknologi tersebut dipublikasikan untuk penggunaan masal, semua harus diserahkan kepada pihak pemerintah/militer terlebih dahulu sebelum akhirnya dipublikasikan.
Jadi, untuk pertama kalinya didunia, entah untuk apa DARPA mendaftarkan namanya dengan 6 ekstensi berbeda yaitu: .net, .org, .org, .edu, .mil, dan .arpa sendiri. Semua informasi dan dokumen terkait domain darpa ini adalah rahasia, baru bisa diakses setelah expired 35 tahun.Maka wajar jika beberapa tahun sebelumnya para jurnalis ataupun mastah luar dalam tidak mengetahui dan sama sekali tidak memuat apapun tentang domain DARPA. Bahkan Aorlin sudah cek di WhoIsDomainTools dan Wayback Machine informasi-nya hampir tak ada, walaupun ada cuma sekedarnya saja.

Fakta tersebut sangatlah masuk akal dimana tahun-tahun awalnya penggunaan domain masih beraroma perang dingin. Maka setiap prosedur penelitian teknologi ketika itu harus melewati bahkan diserahkan terlebih dahulu ke agen-agen peneliti pemerintah, dan pada konteks ini adalah DARPA.

Huuuuh udah segini aja ya guys, semoga informasi 11 Nama Domain Tertua Di Planet Bumi ini bisa menambah wawasan kita semua, see ya!!

14 KOMENTAR

  1. Menurutku sih masa jabatan 2x lebih pas, jadi biarpun ada pemilihan presiden kedua tak apa dan biarpun ada konflik juga tak apa, namanya juga demokrasi. Yang penting jangan perang aja.

  2. Wah terima kasih informasi lengkapnya kaaak.. Saya baru tahu DARPA adalah yang utama. Saya kirain Google (ngertinya cuma Google aja 🤭🤭🤭🤭).

  3. Saya baru ngeh ketika baca artikel yg ini. Di pikiran ane yg tertua itu tahun 1945 ke bawah lah. Tau2 nga tahun 1985. Tua an ane mbak. Hehehehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here