Mimpi Orang yang Sudah Meninggal, Begini Makna nya Menurut Kajian Islam dan Sains

2467
12
Mimpi Orang Sudah Meninggal (1)
Mimpi Orang Sudah Meninggal (1)

Mimpi melihat atau bertemu dengan orang yang sudah meninggal sekilas memang terlihat seram dan menakutkan.

Namun dibalik itu, jika dikaji dari sudut pandang sains maupun islam ternyata mimpi ini memiliki arti tersendiri.

Berbicara masalah mimpi, masing masing orang memiliki pandangan nya sendiri.

Sebagian orang berfikir bahwa mimpi itu hanyalah bunga tidur , sehingga menganggap nya tak penting sama sekali.

Lalu sebagian lagi percaya bahwa mimpi merupakan sebuah pertanda tertentu, dimana tanda ini bisa berupa hal baik ataupun buruk di kehidupan nya.

Mana yang benar diantara 2 pendapat diatas ?

Entah lah, namun yang jelas penulis sendiri lebih condong ke pendapat kedua. Kenapa ? ….

Alasan Pertama : sebagai seorang muslim yang taat ( doain ya sob hehe ) saya tentu nya wajib mengimani apa apa yang tertulis di dalam Al Qur’an .

Alasan kedua : sebagai anak jaman now di era milenial ini penulis juga harus donk mengikuti trend sains, mulai dari teori teori nya hingga kajian kajian ilmiah nya.

Lalu apa hubungan nya 2 alasan diatas dengan fenomena mimpi ?
Jelas ada ! , sebab 2 point yang sudah saya sebutkan diatas menyatakan bahwa dalam beberapa kondisi ,mimpi yang dialami seseorang itu berhubungan dengan kehidupan nyata diri nya.

Mimpi Orang yang Sudah Meninggal, Begini Makna nya Menurut Kajian Islam dan Sains

Supaya tidak gagal paham, ada baik nya sobat baca dulu uraian ringkas di bawah ini yang sengaja saya kutip dari situs simbahgugel.com :

1. Mimpi menurut sains dan psikology : saat manusia beraktifitas di kehidupan sehari hari nya, segala bentuk tindakan,apa yang dia rasakan ,apa yang dia lihat akan otomatis direkam oleh otak manusia lalu di simpan di alam bawah sadar nya .

Lalu ketika dirinya ter tidur , alam bawah sadar mengambil alih fungsi tubuh termasuk otak nya. Saat proses ini terjadi alam bawah sadar akan memumculkan apa apa yang ia rekam tadi dalam bentuk mimpi.

2. Mimpi menurut islam ( Al Qur’an ) : mimpi yang dialami oleh seseorang itu disebabkan oleh 3 hal berikut ; pertama, mimpi yang berasal dari setan dimana tujuan nya untuk mengganggu anak keturunan Nabi Adam as . Kedua , mimpi yang berasal dari Allah bisa berupa ilham dan lain lain. Ketiga , mimpi yang muncul akibat terbawa perasaan sendiri.

Beberapa surat Al qur’an yang menyinggung masalah mimpi diantara nya :

surat al isra ayat 60 , Coba sobat baca dan pahami makna nya berikut : “Dan Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian untuk manusia.”

Al Quran surat yusuf ayat 6 : “Begitulah Tuhanmu, memilih kamu (menjadi nabi) dan diajarkan kepadamu sebagian dari tabir mimpi-mimpi…”

Jika ditilik lebih jauh berdasarkan uraian diatas, maka kita akan bisa sedikit menyimpulkan bahwa sebenar nya fenomena mimpi merupakan sebuah portal penghubung antara 2 alam , yaitu alam nyata dan alam roh.

Pandangan Sains Tentang Manusia Mimpi Orang yang sudah meninggal

Sebuah study di eropa menyebutkan bahwa hampir 80% orang pernah mengalami mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal baik itu almarhum dari orang dekat,teman,suami,istri atau kenalan nya.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? berikut fakta sekaligus penjelasan nya :

1. Dikarenakan anda sedang merindukan al marhum : jika yang kamu mimpikan itu almarhum orang orang dekat mu, maka bisa jadi mimpi ini muncul disebabkan oleh rasa rindu kamu terhadap nya.

Diam diam dan tanpa kamu sadari rindu yang kamu pendam tersebut masuk kealam bawah sadar mu ,lalu mucul dalam bentuk gambaran mimpi bertemu dengan mereka saat kamu tertidur.

2. Bentuk dari refleksi jiwa nya yang sedang membutuhkan pertolongan orang lain : jika yang datang dalam mimpi mu itu adalah almarhum dari orang orang terdekat mu, bisa jadi mimpi ini adalah bentuk dari keinginan hati kecil mu yang sedang membutuhkan orang lain dalam bentuk pertolongan.

3. Mimpi bertemu orang yang sudah meninggal bisa saja berarti bahwa kamu sedang kesepian

Arti mimpi orang yang sudah meninggal dalam kajian islam

Dunia roh adalah perkara ghaib dimana Rosullullah sendiri saja hanya diberi sedikit pengetahuan tentang itu, tujuan nya tentu saja dengan sedikit nya ilmu yang Allah SWT turun kan kepada manusia agar dapat semakin mempertebal keimanan nya.

Namun , karena minim nya ilmu pengetahuan akan dunia ghaib ini pada akhir nya dimanfaat kan oleh beberapa onkum dengan memunculkan subhat subhat baru.

Seperti hal hal dibawah ini contoh nya :
1. Orang yang mati karena kecelakaan,dibunuh ruh nya akan gentayangan menjadi hantu
2. Mayat yang dikuburkan tanpa melepas tali pocong nya akan menjadi hantu pocong
3.  3 hari setelah kematian nya, arwah nya masih berkeliaran di sekitar rumah, sehingga keluarga nya membuat kan sejenis makanan untuk sesajen
4. Tuyul berasal dari janin yang meninggal dunia’
5. Dan masih banyak lagi hal hal subhat lainnya.

Allah SWT berfirman dalam QS surat Az zumar ayat 42 :
Artinya : “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya;

Maka dia tahanlah jiwa (orang) yang telah dia tetapkan kematiannya dan dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda- tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (QS. Az Zumar : 42)

Pembahasan ayat diatas menurut tafsir ibnu abi hatim :
Makna nukilan ayat ‘“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya;

Maka dia tahanlah jiwa (orang) yang telah dia tetapkan kematiannya dan dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan.’’ :

1. Saat tidur dan mati sesungguh nya Allah telah memegang jiwa mereka , untuk orang yang tidur Allah mengembalikan ruh nya kembali ke tubuh, sedang orang yang sudah meninggal Allah menahan jiwa nya.

2. Kondisi ditahan nya ruh ini menyebab kan manusia yang tidur dapat bertemu dengan ruh manusia yang telah wafat.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa sesungguh nya ruh itu berada pada genggaman Allah dalam 2 kondisi ; pertama ketika seseorang tidur dan yang kedua ketika meninggal dunia.

Jadi ketika seseorang meninggal dunia ruh si mayit tersebut sebenar nya digenggam oleh Allah Taala.

So, disini kita bisa pahami bahwa ‘ruh gentayangan itu ga ada ya sob ! ‘ .

Lagian juga ngapain lho ruh kok pakai gentayangan segala kan, kayak ga ada kerjaan saja !…

Pada masih ingat sama film si manis jembatan ancol ?
Film horror lucu tahun 90 an kalau ga salah …

Kok lucu ? lucu nya dimana ?
Lha coba saja sobat bayangin, mati aja pakai rok mini gitu !….

Ada satu lagi yang bikin penulis ngakak sama absurd nya film Indonesia , judul nya saya lupa sih.

Cuma inti cerita nya itu masa ada sundel bolong kelaparan pesen sate 20 tusuk malem malem.

Cuma yang saya heran, film nya kok laris manis ya kayak kacang goreng …. !

Back to study case….

Dikisah kan pada zaman khalifah abu bakar as sidiq terjadi peperangan antara kamu muslimin melawan pasukan nabi palsu musailamah al kahzab , dalam peperangan ini banyak sahabat yang meninggal dunia dan salah satu nya tsabit bin qais.

Setelah beberapa hari gugur nya sahabat tsabit bin qais ini , suatu malam salah seorang sahabat didatangi oleh tsabit bin qais dalam mimpi nya.

Dalam mimpi tersebut tsabit berkata kepada sahabat yang manis hidup tersebut :

Si fulan memiliki hutang terhadap ku dengan jumlah sekian dan sekian, tolong kamu datangi dia lalu mintakan uang itu. Gunakan lah uang untuk membayarkan hutang ke pada si fulan lain nya .

Setelah berkonsultasi dengan Khalifah abu bakar siddiq, lalu sahabat tersebut mendatangi orang yang memiliki hutang dengan tsabit bin qais , dan benar saja dia memang memiliki hutang dengannya.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kisah ini ?

Selama apa yang disampaikan oleh orang yang sudah mati di dalam mimpi kita itu tidak bertentangan agama maka kemungkinan besar itu memang ruh nyalah yang kita temui.

Coba diingat ingat, mungkin saja ada wasiat khusus yang ruh ( arwah ) ingin sampaikan ke kita.

Demikianlah kajian kita tentang hakikat mimpi orang yang sudah meninggal dalam pandangan agama dan sains, semoga apa yang penulis tulis bermanfaat untuk pembaca.
Terima kasih

12 KOMENTAR

  1. Pembahasan yang sangat menarik sekali. Yang disertai dengan dalil-dalil maupun agtumentasi ilmiah.
    Tergantung siapa yang mimpi, kalau bagi orang awam ya mungkin tidak ada maknanya.
    Kalau bagi orang setingkat wali, pastinya penuh makna.
    Untuk film horor memang unik dan selalu laku 🙂

  2. Kalo pendapat aku pribadi, mimpi itu ya bunga tidur aja.

    Tapi ada juga mimpi ditemui oleh sahabat Nabi SAW yang sudah meninggal dan ternyata mimpinya benar, kalo begitu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here