MEWUJUDKAN SDM TERAMPIL, PROFESIONAL DAN UNGGUL DEMI TERCIPTANYA PRODUK BERDAYA SAING

1556
41
Sdm Unggul Indonesia Produktif
Sdm Unggul Indonesia Produktif

Aorlin.com – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sebenarnya sudah banyak upaya yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Balai Latihan Kerja (BLK) di tiap-tiap Kabupaten seluruh indonesia.

Hanya saja setelah berakhirnya Pelatihan yang diadakan, Para peserta tidak menyalurkan ilmu yang diterima sewaktu pelatihan dikarenakan tidak adanya modal usaha, kurangnya lowongan pekerjaan yang bersangkutan dengan sewaktu pelatihan, dan tidak beraninya para peserta mengedepankan kenekatannya untuk memulai usaha.

Langkah pemerintah sebenarnya sudah tepat menyediakan balai latihan kerja.

Membuat program tukar peserta tingkat Kab/kota dengan waktu yang cukup untuk memahami metode pembelajaran.

Tapi sayangnya, peserta yang terpilih dari tahun ketahun diadakannya pelatihan tersebut, kembali mereka-mereka lagi yang mengikuti.

Peserta yang pernah mengikuti latihan tersebut tidak menyalurkan/menerapkan edukasi yang diterima di kehidupan sehari-harinya dan kebanyakan para peserta hanya mengejar gaji yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

(Perumpamaannya para peserta hanya mengisi waktu kosong untuk mengikuti pelatihan tersebut)

Saran yang ingin saya usulkan kepada Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) yaitu, mulai semua dari dasar.

Artian dasar yang saya maksud yaitu Mengadakan edukasi mengenai latihan kerja lewat desa dengan dimonitoring oleh perangkat desa.

Contoh yang saya Maksud :

Membuat Balai Latihan Kerja ditiap-tiap Desa

Misalkan dalam 1 desa memiliki 4 dusun

Dusun A Mengadakan Pelatihan Kerja di bidang Menjahit

Ilustrasi Pelatihan Kerja Di Bidang Menjahit, Sumber Republica.co.id
Ilustrasi Pelatihan Kerja Di Bidang Menjahit, Sumber Republica.co.id

 

Dusun B Mengadakan Pelatihan Kerja di bidang Mesin atau Bengkel

Ilustrasi Pelatihan Kerja Di Bidang Bengkel, Sumber Victorynews.id
Ilustrasi Pelatihan Kerja Di Bidang Bengkel, Sumber Victorynews.id

 

Dusun C Mengadakan Pelatihan Kerja di bidang Komputer

Ilustrasi Pelatihan Kerja Di Bidang Komputer, Sumber Medium.com
Ilustrasi Pelatihan Kerja Di Bidang Komputer, Sumber Medium.com

 

Dusun D Mengadakan Pelatihan Kerja di bidang Kelistrikan

Ilustrasi pelatihan kerja di bidang kelistrikan
Ilustrasi pelatihan kerja di bidang kelistrikan, sumber kontan.co.id

Kemudian setelah hasil pelatihan tersebut, dari perangkat desa menyisihkan dana BumDes (Badan Usaha Milik Desa) sesuai dengan pelatihan yang diadakan.

Jadi ada 4 buah BumDes yang dibangun oleh desa untuk para peserta menyalurkan pembelajaran yang didapatkan sewaktu pelatihan.

Tujuan dasarnya agar para peserta memiliki pemahaman, mental, serta management pengelolaan usaha yang dikemudian hari bisa dibuat sendiri.

Didalam satu kecamatan pasti memiliki beberapa desa, penerapan balai latihan kerja juga tidak dibuat sama rata. Akan tetapi harus dibedakan Balai latihan Desa A, desa B, dst. Atau lebih mudahnya lagi penerapan bisa dipetakan seperti Desa A ( Pelatihan Pertanian ), Desa B ( Pelatihan Teknologi ), dll.

Tujuannya agar Keterampilan/keahlian dari tiap-tiap desa berbeda-beda ketika sudah ditampilkan di tingkat Kota/Kabupaten.

Kemudian pada tingkatan kecamatan, Harus juga memiliki program dengan menampilkan hasil dari produksi desa yang berada di wilayah kecamatan tersebut.

Misalkan dalam satu kota memiliki 3 kecamatan. Masing-masing kecamatan memiliki 5 desa dan masing-masing desa memiliki 10 dusun.

tiap2 desa memiliki Produk unggulan yang sudah diciptakan oleh Balai Latihan Kerja (misal produk PUPUK organik dusun A).

Kemudian produk unggulan tersebut ditampilkan ke tingkat kecamatan.

Di tingkat Kecamatan, Memilih satu dari sekian desa yang menampilkan produk unggulannya agar bisa di tampilkan kembali ke tingkat kota/kab.

Pada tingkat kab/kota memilih salah satu produk unggulan dari tiap-tiap kecamatan yang dalam kategori bisa dijadikan produk asli dari kab/kota tsb.

Langkah selanjutnya yang harus di buat oleh pemda yaitu. Memproduksi banyak produk unggulan yang sudah dipilih dan dikerjakan oleh peserta latihan kerja, dan sistem pemasarannya dimanagemeni oleh pemda.

Dengan sistem latihan kerja yang saya usulkan ini, kemungkinan akan banyak sekali SDM terampil, siap bersaing, dan memiliki kemampuan untuk memulai usaha.

Selain Menghasilkan SDM yang produktif, Peningkatan perekenomian masyarakat diseputaran kota/kab juga akan terasa karena akan banyak jenis produk yang baru hasil buah tangan peserta yang berdomisili kota/kab tersebut.

Hasil dari semua jenis produk tersebut dikumpulkan dan di tampilkan dalam rumah kreasi yang dikelola oleh pemda setempat dengan tujuan sebagai oleh-oleh atau cendramata khas kota/kab.

Sekian aspirasi, harapan dan saran saya untuk Kadin Indonesia untuk mewujudkan β€œSDM Unggul, Indonesia Produktif”

Jika temen-temen memiliki kritik dan saran silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah.

Latest posts by Aorlin (see all)

41 KOMENTAR

  1. Mantep,,
    Gua suka penyampaiannya.. sering ngeliat begituan klo di BLK. Abis selesai pelatihan pada sibuk nganggur lagi..

    Maunya di kasih tempat buat saaluran bakat kaya tulisan diatas

  2. Tulisannya bagus, inspiratif. Saya setuju dengan tulisan ini. Sebaiknya orng yang lulus dari blk harus dibimbing untuk bisa membuka usaha sendiri.

  3. Saya sependapat sih dengan isi artikel ini, sebab dng meningkatkan sdm maka pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan mereka.

    Kalau boleh sih, saya mau dong masuk ke dusun C & D, saya butuh belajar dibidang itu. πŸ™‚

  4. Seharus SDM bisa membuat orang2 di desa maju dan bisa berkarya tanpa harus takut bila karyanya hanya dipandang sebelah mata.

    Yaa intinya kedepannya bisa lebih baik lagi.

    Karena kenyataan yang ada baru sebatas dikota saja dan tidak menyentuh keperdalaman desa. πŸ˜„πŸ˜„

  5. Artikelnya keren!
    Ini juga terjadi di daerah saya. Banyak teman-teman yang habis ikut pelatihan, tapi gak dimanfaatkan keterampilannya.
    Alasannya juga sama.
    Ngisi waktu liburan. πŸ˜…

  6. Ini salah satu gap dari pemberdayaan manusia. Sebagus apapun skill, nggak ada gunanya kalau nggak ada yang jual terus dibeli orang. Jadi kekurangan utama Pemerintah adalah mendidik jiwa entrepreneurship pada masyarakat.

  7. Nah itu masalahnya, untuk terjung langsung untuk memulai itu yang masih berat dan takut. Mungkin juga karena terkendala dana
    Atau orang lebih suka menjadi karyawan daripada berusaha untuk mandiri
    Saya juga pernah ikut pelatihan, ya lumayan bisa menambah ilmua dunia blogging, bisa sedikit merakit komputer.

  8. Kalau misalnya masing2 Desa sudah memiliki Pelatihannya masing2 dan beragam, tentunya SDM yang unggul bisa unjuk kebolehan ya dengan kompetisinya masing2, ide yang baik sebenarnya. Sementara untuk realisasinya bagaimana ya ?

  9. Mantap pak. Ilmunya di bagikan ke blog juga yaπŸ˜…πŸ˜…. Saya kmarin pingin ikut. Tapi terlambat dapat info. Sedih banget dah gabisa ikut

  10. Sangat setuju dengan tulisan diatas.. Semoga pemeritah dapat mewujudkan nya agar dapat bersaing dengan produk asing..

  11. Memang untuk sekarang BLK sudah banyak di berbagai daerah, cuman sayang tidak di manfaatkan dengan baik, sejatinya banyak ketrampilan / keahlian yg di dapatkan di BLK, sesuai bidang yg kita keinginan, ingat di zaman sekarang ijazah seperti kurang di hargai, tapi jika mempunyai keahlian dalam 1 bidang saja, saya jamin kemanapun pasti akan di hargai….

  12. Memang benar, masalah perekonomian di indonesia karena SDM yang minim kreatifitas, klo aja SDM nya bagus pasti bisa jadi negara no.1 atau minimal 10 besar lah

  13. Selain dari pemerintah, masyarakat juga harus sadar akan pentingnya sdm yang unggul. Dengan begitu masyarakat bisa lebih kreatif dan inovatif agar menjadi sdm yang unggul demi Indoneisa yang Produktif .

  14. Inspiratif, dan menarik.
    Semoga bisa di jadikan bahan untuk perealisasian demi terwujudnya SDM Terampil

  15. Very good blog! Do you have any helpful hints for aspiring writers?
    I’m planning to start my own site soon but I’m a little lost on everything.

    Would you recommend starting with a free platform like WordPress or go for a paid
    option? There are so many options out there that I’m completely confused ..
    Any recommendations? Thanks a lot!

  16. setuju mas, karena negara-negara yang maju, bisa maju karena sdm nya.. percuma sda berlimpah kalau sdm nya masih minim, indonesia contohnya