Mempercepat Propagasi Domain Di Android dan Komputer

174
1

Mempercepat propagasi domain adalah mempercepat jeda waktu transisi atau transmisi domain suatu tempat ke tempat lain.

Istilah Propagasi Domain sendiri digunakan untuk menggambarkan satu kondisi dimana suatu domain sedang berpindah NS atau Nameserver.

Prosesi pergantian Nameserver atau DNS ini membutuhkan waktu sekitar 24 jam, untuk ISP lokal Indonesia bahkan bisa sampai 48 jam guys.

Apabila melebihi waktu tersebut, mungkin berarti ada yang salah dan sebaiknya kita hubungi teknisi atau admin dari hosting/server terkait.

Jangan Salah Pilih Backlink Berkualitas

Sehubungan dengan Propagasi Domain ini, blog Aorlin.com kan bari migrasi dari Blogger ke WordPress self host nih. Jadi beberapa hari yang lalu sempet kesal karena prosesi propagasi ke ISP lokalnya agak lama.

Awalnya sih berpikir begitu, tapi setelah usut punya usut, kemungkinan disebabkan sistem cache di browser dan laptop Aorlin sendiri yang terlalu lama durasinya.

Karena waktu Aorlin periksa di website DNSMap.io dan DNSChecker.org, nameserver dan semua record domain Aorlin sudha benar. Jadi…

Cara Percepat Propagasi Domain di Laptop atau PC

Setelah baca-baca, akhirnya Aorlin menemukan cara paling mudah dan paling cepat untuk mengatasi percepatan propagasi domain ini.

Karena setelah diterapkan, dengan kontan browser Chrome di Laptop Windows Aorlin langsung terhubung ke halaman default Cpanel.

Ternyata mudah sekali caranya guys, kita hanya perlu menambahkan alamat IP tujuan Domain kita di file “Hosts”, oke2 gini nih caranya:

  1. Buka dan edit yang ada disini C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts
  2. Lalu tambahkan 2 baris domain dan IP kita yang dikasih oleh pihak Hosting/Server, dan simpan ya guys. seperti ini:
    1. 10.10.10.10 namadomain.com
      10.10.10.10 www.namadomain.com
  3. Selanjutnya buka Command Prompt (Admin) dan masukkan perintah flush DNS ini: “ipconfig /flushdns“, enter dan selesai.

Udah gitu aja gan, setelah tersimpan coba reload domain kita dengan menggunakan browser apa saja, seharusnya sudah bisa diakses domainnya.

Mempercepat Propagasi Domain di Android

Setelah Aorlin akses Cpanel, instal wordpress, import data dan segalanya dirasa cukup. Ternyata blog atau domainnya belum bisa diakses menggunakan semua browser di Android guys.

Mempercepat Propogasi Domain Di Android

Berhubung HH Aorlin yang terakhir ini ga di root jadi gabisa edit file “hosts” nya dong. Kalo sudah di root tinggal edit saja file hosts dan tambahkan ip dan domain seperti cara diatas.

Jadi… iseng-iseng Aorlin search aplikasi di Google Play dengan menggunakan keyword “dns cepat“. Dan muncul lah aplikasi bernama 1.1.1.1 .

Aplikasi 1 pangkat 4 atau 1.1.1.1 ini ternyata buatan perusahaan Cloudflare yang tersohor itu guys. Berfungsi membersihkan jalur akses internet kita dengan menggunakan dns 1.1.1.1 .

Misteri Gambar di Google reCaptcha

Yaaah untuk teknis dan mekanismenya Aorlin tak bisa menjelaskan banyak karena memang kurang paham, wkwkwk. Jadi intinya tinggal instal dan jalankan saja aplikasi itu, cuma butuh 1 kali klik, dan semuanya selesai.

Dengan begitu percepatan propagasi domain kita yang sebetulnya memang sudah selesai, dapat diakses secara normal dengan jaringan internet lokal.

Setelah 2 atau 3 hari, kita tak perlu lagi menggunakan aplikasi 1.1.1.1 itu guys, unistall saja. Dan sekian Tutorial Cara Mempercepat Propagasi Domain di Laptop dan Android. See Ya!

Featured image: Valuehost.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here