Manipulasi Trafik dan Statistik Blog, Apa Untungnya ?

421
24

Pernahkah sobat sekalian berpikir tentang ini?. Manipulasi trafik blog untuk mencurangi robot statistik, agar mendapatkan statistik yang baik dalam waktu singkat?

Manipulatif?, Iya Manipulasi. Tapi kan…, Tapi Apa?, Baca dulu penjelasan Aorlin berikut ini!

Jurus manipulasi statistik kunjungan, akses halaman, klik, reaksi bahkan backlink dan segala yang berkaitan dengan statistik website bukanlah hal baru.

Sejak dulu kegiatan manipulatif ini digunakan banyak kalangan untuk mendapatkan berbaagai dampak berupa apapun. Apa saja keuntungan yang didapatkan?, berikut gambarannya:

Bagi Pengembang

Manipulasi reaksi terhadap website atau aplikasi nya tentu untuk mengikat dan menyaring minat Investor. Banyak kok yang menggunakan jurus abu-abu semacam ini.

Tapi jangan tanya siapa dan web mana yah, bahaya karena ini privasi dan sekali lagi rahasia… wkwkwk. Lagian mereka melakukannya dengan sangat ahli kok, nggak main-main.

Dan terkadang opsi manipulasi tersebut memang merupakan bagian dari produknya sendiri. Selagi dampaknya positif biasanya banyak juga Investor yang menyukai itu.

Bagi Perusahaan

Ya khususnya karyawan di suatu website perusahaan yang sudah bonafit, seperti portal-portal dan semacamnya mungkin.

Mereka dituntut oleh pimpinan dan bahkan Investornya untuk mendapatkan dan meningkatkan statistik pada setiap periodenya.

Lantas bagaimana, apakah semuanya real?, Sebagian besar memang real sih, tapi sebagiannya juga dengan cara -cara manipulatif.

Memangnya pimpinan mereka akan memeriksa detailnya?, nggak lah, paling cuma grafik yang dipresentasikan oleh para eksekutif nya saja. Asalkan mencapai target ya si bos pasti ok-ok saja, dan siap lempar bonus ke para karyawannya.

Bagi Internet Marketer

Ya namanya pebisnis guys, mereka perlu sekali memuaskan calon pelanggannya yang haus akan hal-hal yang wah bin ajib.

Masalah ori nggak ori nya terkadang mereka sudah hampir tak perduli. Yang penting konsumen terjaring sebanyak mungkin.

Tapi kelompok ini merupakan kelompok yang paling ramai dan heboh guys. Aktivis nya mulai dari papan atas sampai ke level recehan.

Dan sekali lagi ini sah-sah saja, orang yang berbisnis di dunia nyata pun melakukan hal serupa. Yang penting tampak asli, aman dan jangan sampai ketahuan, wkwkwk.

Bagi Para Blogger

Oke dikalangan ini biasanya motivasinya gak aneh-aneh. Paling cuma sebagai penyemangat dan buat pamer lah dikit-dikit.

Sering kali saya tergelitik ketika sedang memperhatikan objek-objek yang dipamerkan sobat-sobat kita di sosmed. Tapi okelah, selama tak ada pihak yang dirugikan ya itu sah-sah saja kan.

Baca: Ikuti 8 Tips Ini Agar Semangat Ngeblog

Itung-itung prosesi mereka untuk memperbanyak ilmu dan pengalaman yang memperkuat mental, wkwkwk. Juga menjadi penyemangat bagi sobat-sobat lainnya yang meyakini bahwa itu benar.

Manipulasi Trafik Blog
Ilustrasi Statistik Trafik Blog – Gambar: BusinessNewsDaily.com

Bagaimana Kualitas Manipulasi Trafik Blog

Dengan pertimbangan kualitasnya, disini Aorlin membaginya menjadi 4 kategori. Kira-kira seperti ini gambarannya:

Kualitas terbaik

Untuk meningkatkan statistik sebuah website/blog adalah dengan melalui jaringan periklanan. Yap untuk yang terbaik tentu membutuhkan biaya yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Walau dengan cara manipulatif, tapi statistik yang didapat adalah organik dan sangat nyata. Pelanggan, pengguna ataupun pengunjungnya asli manusia bukan robot juga bukan akun spam dan sejenisnya.

Karena membutuhkan biaya yang besar, biasanya ini dilakukan oleh kaum-kaum kelas kakap guys. Mereka tak main-main karena menargetkan konversi yang tak main-main juga.

Kualitas lebih baik

Oke diposisi runner up ini bisa jadi merupakan campuran antara yang atas dengan dibawah. Biayanya pun dapat ditekan dengan cukup signifikan.

Statistik yang didapat juga biasanya masih cukup meyakinkan, butuh tenaga ahli untuk membuktikannya. Selain internal, opsi ini mempecundangi robot statistik pihak ketiga seperti SERP, Alexa, Moz dsb.

Kualitas tidak buruk

Dengan upaya sedemikian rupa, teknik ini tidak memerlukan banyak biaya. Dan kunjungan ataupun pageviews nya lumayan juga.

Ini biasanya digunakan untuk mengelabui robot dan para newbie sekelas Aorlin. Cukup sulit memang untuk membedakan asli atau palsunya.

Tapi bagi yang sudah menguasainya pasti dapat membedakannya dengan mudah, karena ada saja celah yang tak bisa ditutupi.

Kualitas buruk

Ini yang harus dihindari karena akan berdampak sangat buruk. Bahkan dibeberapa kasus, teknik ini digunakan dengan sengaja untuk merusak.

Semua ditangani oleh robot, sama sekali tak ada kualitasnya dimata sesama robot. Ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan menjatuhkan para pesaing.

Tentu saja yang begini-gini pastinya gratisan guys, ada rupa ada harga lah. Di Internet ada banyak sekali tool dan layanan yang menawarkan sistem ini.

Lantas Bagaimana cara memanipulasi trafik dan statistik blog?, tahan dulu guys, nanti di postingan selanjutnya Aorlin bahas satu per satu.

Sementara cukup segini dulu ya artikel tentang Keuntungan Manipulasi Trafik dan Statistik Blog Atau Website versi Aorlin.com . See YA!

24 KOMENTAR

    • Nggak juga gan, tergantung cara pengaplikasiannya, jadi manipulasi trafik dan statistik itu tak selamanya baik juga tak selamanya buruk.

      Terimakasih sudah berkunjung, sukses selalu…

  1. Hmm jadi perasaan saya eh penasaran untuk artikel berikutnya heheee
    tapi untuk beberapa blogger, banyak mungkin ya, memang ada yang menggunakan trafik manipulasi dengan tujuan untuk meningkatkan rank blognya, caranya pun nyata sehingga yang masuk adalah benar-benar orang tapi… Caranya gimana ya mas? Privatin saya dong hehehee

    • Relatif bang, tapi faktanya ada banyak sekali pengembang yang rela menganggarkan budget lumayan untuk mendapatkan data pengukuran yang lebih dari sekedar Google Analystic, seperti Moz, Semrush, Alexa dan banyak lagi.

      Oh iya Google Analystic juga ada yang versi premiumnya kan, Google Analystic 360. Tentu ada perbedaan antara yang standar dan premium.

      Entahlah, kalau kita sih pakai yang gratis-gratis aja, wkwkwk.
      Terimakasih sudah nyempatin main kemari bang, sukses selalu…

  2. Iya di dunia industripun seperti itu dan merupakan suatu persaingan yang tidak sehat di kalangan karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here