Kelebihan WordPress: 3 Alasan Meninggalkan Blogger

598
17

Kelebihan WordPress dan apa saja yang menjadi alasan Aorlin selingkuh dari platform Blogger. Wah judul posting kali ini berasa agak serem dan agak gimana gitu ya.

Tapi sebetulnya nggak kok, setiap platform blogging pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan itupun tak begitu berpengaruh, karena WordPress dan Blogger adalah platform terbaik dan paling banyak digunakan secara global.

Kelebihan WordPress Yang Membuat Meninggalkan Blogger

Jadi… poin-poin yang ingin Aorlin sampaikan disini tak lain hanyalah alasan Aorlin sendiri. Bukan berarti karena kelebihan atau kekurangan platformnya.

Dan sebetulnya lagi…, kemarin Aorlin sudah nyaman banget dengan blog dan desain yang sebelumnya. Rasanya semua sudah cukup dan pas lah. LantasΒ semua itu sirna seketika hanya karena sebuah email.

Kelebihan WordPress ?

1. Promo Hosting Murah

Ya itu tadi ceritanya, ketika sedang sik-asik blogwalking via mobile, tiba-tiba notifikasi berbunyi menandakan datangnya sebuah surat elektronik.

Surat itu isinya tak main-main guys, satu penawaran Flashsale Hosting Unlimited SSD, dengan diskon atau potongan harga nya ekstrim banget. Sontak saja Aorlin lari ke laptop untuk memastikan dan agar lebih puas juga tentunya.

Dengan sedikit tergesa-gesa Aorlin dobel klik ke icon shortcut Google Chrome dan mengakses website tersebut. Yap ternyata memang benar salah satu penyedia layanan server Indonesia atau XXI itu sedang ada Flashsale.

Promo Hosting Paling MUrah
Harga normal ini, kemarin waktu diskon Aorlin lupa capture.

Karena sebelumnya Aorlin tidak pernah berlangganan disana, awalnya agak ragu dan mengerutkan dahi. kok bisa ya?, ini hari apa sih?, murah amir?

Setelah cek sana sini, membaca dan membandingkan spesifikasi paket hostingnya dan memang tak ada yang mencurigakan. Semua tertulis dengan benar dan sangat meyakinkan tanpa adanya indikasi tipu muslihat. wkwkwk

Karena semuanya meyakinkan maka Aorlin hmm yaah gitu deh, isi data dan checkout, hohooo. Selesaikan proses pembayaran hingga terverifikasi secara otomatis.

Tak lama berselang, sekitar 3-5 menit email informasi IP, Nameserver dan Info login CPanelnya diterima. dan pertualangan pun dimulai…

2. Pengalaman dan Tantangan Baru

Well, mendapatkan pengalaman dan tantangan yang berbeda ini juga menjadi salah satu alasan Aorlin selingkuhin Blogger. Yang sebelumnya sudah aman dan nyaman, kini harus memulai dari nol koma sekian lagi di rumah baru.

Sebetulnya hal-hal semacam ini bukan lah hal baru bagi saya, tapi bagi blog Aorlin.com ini merupakan pekerjaan yang berbeda. Ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan dengan baik sebelum akhirnya tinggal jalan.

Cara Pindah Blog Ke WordPress

Pertama-tama kita harus menyelesaikan Proses Propagasi DNS Domainnya terlebih dahulu. Untuk tips cara mempercepatnya kemarin sudah Aorlin posting yah.

Yang kedua, penyesuaian beberapa komponen dan informasi akun di cPanel biar nanti nggak otak-atik lagi. Termasuk menghubungkan SSL dengan domain, dan buat akun email SMTP untuk WP nya nanti.

Lalu yang ketiga, melakukan instalasi WordPress. Ditahapan ini sudah sangat mudah karena adanya Softaculous di cPanel. Jadi tak perlu setting wp-config secara manual seperti jaman-jaman dulu, wkwkwk.

Keempat, setelah WordPress nya terinstal waktunya Import berkas XML yang kita ekspor dari blogger. File tersebut kan berisi postingan, komentar, label dan lain-lain sebagainya.

Kelima, instal desain atau theme WordPress, mesti berburu dulu guys. Aorlin sih pakai yang gratisan saja, asal ngebut dan nyaman ya udah. Disinilah letak perbedaan fungsi pemrograman WP dan Blogger. Kalo di blogger tinggal edit html saja, disini hadeeeh banyak lah yang mesti diatur.

Cara Pindah Blog Ke WordPress

Lanjut keenam, instalasi dan setting plugin-plugin yang dibutuhkan hingga semuanya fix sesuai selera. Standar saja sih, Jetpack, Akismet, Yoast, Amp dan macem2 lah, total Aorlin jalankan 12 plugin. Dan ini merupakan salah satu fitu kelebihan WordPress.

Yang ketujuh, sejak masa beta nya, Aorlin memang kurang cocok dengan editor Gutenberg sebagai alat postinganya. Jadi ya cari dulu tutorial buat kembalikan ke mode klasik, dan beres hanya dengan menambahkan 4 baris perintah di file Functions nya.

Dan terakhir.., form komentar. plugin Amp versi gratis yang Aorlin pakai ternyata tidak mendukung form komentar bawaan WordPress. Ya dengan sangat terpaksa kembali ke Disqus lagi, wkwkwk.

3. Dorongan Untuk Komitmen Lebih

Yap hal ini juga menjadi poin khusus yang mungkin malah terdengar aneh. Entah kenapa untuk banyak hal, Aorlin sering berpikiran seperti ini nih:

Ketika sesuatu ada harganya, maka buatlah berharga. aorlin.com

Tu kan aneh gak? nggak ya? tapi iya begitulah, dengan begitu Aorlin bakalan termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi.

Karena promo hostingnya kan hanya di tahun pertama, di tahun-tahun selanjutnya sudah harga normal. Dan jika harus dan semuanya memungkinkan, upgrade dapur pacu nya pun kenapa tidak?

Artinya selama satu tahun pertama ini blog ini harus mampu menyiksa resource hostingnya dengan ledakan trafik. Artinya Aorlin harus kerja lebih ekstra mengembangkan blog ini. cieeee πŸ˜‰

Sepertinya cukup 3 itu saja ya Alasan Migrasi dari Blogger ke WordPress versi Aorlin.com. Bagi yang mampir plis jangan sombong lah, tinggalin komentar kenapa, walau sekedar saling menyapa. yes yes See ya!

17 KOMENTAR

  1. saya udah lama berencana migrasi ke hosting , bahkan udah beli hosting, udah beli template, tapi kok kesulitan sekali ya… sampai hostingnya kadaluarsa sendiri… tapi memang sih beneran berencana pindah ke wordpress satu saat nanti, mungkin tahun depan

  2. Kalau versi wp yang digunakan admin ini saya suka, link atau url judul artikelnya tidak ada tahun dan bulannya, jadi benar-benar profesioanal. Kalau punya saya, untuk sementara yang gratis dulu sajalah.

  3. Salam kenal. Kalau saya lebih memilih platform Joomla. Selama yang saya tahu, WordPress dan Blogger masih sama rasa, meskipun WordPress ada lebihnya.

    • Dulu saya pernah cobain semua platform blogging yang ada di Softaculous mas, yak satu per satu, dengan berbagai pertimbangan nyangkutnya ke WP wkwkwk.

      Semua ada plus minusnya, terimakasih atas kunjungan dan tambahannya, suksel selalu….
      πŸ˜‰

  4. Saya sendiri juga dulu pindah ke wp dengan satu alasan, lebih mudah lewat HP. Soalnya saya bener-bener pengguna HP gk punya laptop. Iya, blogger juga ada aplikasinya jadi memudahkan blogger untuk menulis artikel lewat HP. Tapi entah kenapa tampilan aplikasinya di wp lebih enak.

    Dan dulu saya langsung berani pindah wp org dengan segala settingan saya ubah dari HP. Alhamdulillah sekarang udah punya laptop dan lebih enak lagi ketika membuat artikel hehehe. Tapi sekarang lagi migrasi web ke tempat baru, masih sesama wp juga. Cuma mulai dari awal lagi.

    Semangat ngeblog, kak!

  5. Semangat ya ngeblog-nya. Kalau malas menyerang, selalu ingat investasi yang udah digelontorin buat boyongan ke WP.

    Semoga ke depannya blog aorin.com makin keren dengan konten-konten yang adding value buat para pembacanya ya.

  6. Kalo saya pertama pake hosting yang murah dulu. cukup 1 GB aja buat wordpress. sampe sekarang pun belum habis tuh space. 15 ribu per bulan cukup dibayar setahun sekali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here