Kegunaan WD 40 Untuk Karburator, Elektronik, Mobil dan Motor

100
0
Kegunaan WD 40

Kegunaan WD 40 – Sebagai pencinta otomotif tentu anda sangat menyayangi kendaraan anda serta berusaha merawatnya dengan baik. Untuk sebagian orang pecinta otomotif mungkin telah mengetahui produk bernama WD-40 ini.

Namun saya yakin mungkin sebagian besarnya hanya mengetahui kegunaan WD-40 ini hanya untuk melonggarkan baut yang sulit dibuka. Ternyata selain dari manfaat untuk baut tersebut, produk WD-40 ini memiliki manfaat yang lainnya.

Definisi dari produk WD-40 itu sendiri ialah Water Displacement yang dimana pada upaya ke-40 lah formulasinya disempurnakan. Produk ini berasal dari San Diego, California, Amerika Serikat dan memiliki 2.000 kegunaan lalu dibagi menjadi lima jenis pemakaian.

Perusahaan WD-40 sendiri menjelaskan seperti berikut ini :

5 Fungsi Kegunaan WD 40 :

1. Bisa Untuk Menghilangkan Kelembaban

Apabila anda sering mengalami mogok saat berkendara dengan kondisi hujan. Mungkin itu terjadi karena ada masalah pada busi atau rumah busi motor anda yang rusak. WD 40 berguna untuk memberikan perlindungan kepada busi serta rumah busi motor anda dari kelembaban ataupun air.

2. Berguna Untuk Pelumasan

WD 40 berguna untuk memberikan pelumasan serta rotasi pada rantai motor anda. Selain dari pada itu WD 40 juga bisa untuk memberikan melumasi bagian-bagian motor anda yang lain, seperti engsel motor yang terdapat pada kopling serta kopling tangan. Tidak hanya itu saja WD 40 juga bisa untuk membersihkan bagian rantai motor anda sebelum pelumas rantai.

3. Sebagai Pembersih

WD 40 juga ternyata dapat diaplikasikan sebagai pembersih untuk bagian motor anda. Seperti contohnya motor anda yang sedang kotor karena berkendara saat hujan. Karena, WD 40 juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran seperti contohnya kotoran debu dan aspal yang mungkin sering menempel pada motor anda.

4. Berfungsi Untuk Penetrasi

Nah fungsi yang satu ini mungkin merupakan fungsi yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Fungsi apa itu? Yups! WD 40 berfungsi untuk mempermudah saat akan membuka baut ban yang keras saat dibuka.
Hal yang demikian dikarenakan cairan WD 40 apabila disemprotkan dapat dengan mudah untuk menyebar serta masuk ke bagian-bagian celah yang kecil.

5. Sebagai Pelindung Dari Karat

Setiap kendaraan bermotor tentu memiliki bagian-bagian yang terbuat dari logam. Karena WD 40 sering digunakan oleh banyak orang, maka banyak orang juga yang menyebut WD 40 dengan sebutan “anti karat”.

Bukan tanpa alasan sebab mungkin kebanyakan orang yang menggunakan produk WD 40 sering menggunakannya untuk melumasi bagian rantai motor. Namun, perlu anda ketahui penggunaan WD 40 sebenarnya bukan dikhususkan sebagai pelumas.

Salah satu pekerja di perusahaan ADM (Astra Daihatsu Motor), yaitu Pak Anjar Rosjadi sebagai bagian Executive Coordinator Technical Service Division menyebutkan “untuk pemakaian pada bagian rantai sepeda motor, dianjurkan lebih baik rantai yang telah dilumasi WD 40 yang telah mengering sebaiknya diberikan pelumas lagi”.

Karena WD 40 yang botol biru yang biasanya dijual di pasaran, jika digunakan untuk rantai sepeda motor tidak hanya menghilangkan bagian kotor saja, namun juga dapat mengangkat minyak pelumas yang terdapat pada rantai. Maka dari itu dianjurkan setelah memakai WD 40 sampai kering untuk selanjutnya memberikan kembali pelumas khusus untuk rantai sepeda motor.

6. Kegunaan WD 40 Untuk Mobil

Tidak hanya untuk kendaraan roda dua saja. WD 40 juga dapat berguna untuk menghilangkan karat yang ada di sela-sela engsel serta baut-baut mobil anda.

7. Manfaat Produk WD-40 Jenis Lain untuk Karburator

Terdiri dari lima rangkaian produk WD-40 Specialist Automotive ini, tiga di antaranya dapat bermanfaat untuk pembersih. Throttle Body, Carb & Choke Cleaner, ternyata dapat digunakan untuk membersihkan berbagai endapan kotoran yang ada pada bagian karburator.

Hal demikian dapat membuat kinerja karburator kendaraan anda semakin membaik, sehingga dapat membuat perjalanan anda menjadi lebih baik, dan dapat juga mengurangi emisi kendaraan anda.

Selain untuk kendaraan bermotor, ternyata produk WD 40 juga dapat berfungsi untuk alat-alat elektronik lainnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, saya akan memberikan contohnya di bawah ini :

Kegunaan WD 40 Untuk Elektronik

1. Sebagai Penghilang Karat

WD 40 dapat digunakan untuk berbagai produk elektronik yang berbahan besi. Seperti : peralatan kunci, engsel kunci pintu, kunci gembok, cangkul dan barang-barang lainnya.
Karena, WD 40 dapat berfungsi untuk menghilangkan karat serta kotoran, dan tahap berikutnya baru anda dapat memberikan pelumas.

2. Sebagai Pembersih Bagian Rumah

WD 40 juga dapat berguna untuk membersihkan genteng, lantai keramik, dan yang lainnya. Karena WD 40 dapat berfungsi untuk menghilangkan kotoran serta noda yang menempel.

3. Pembersih Benda Lengket

Kerennya produk WD 40 ini ternyata juga dapat membersihkan kotoran yang terkadang menempel pada benda di rumah anda. Contohnya : permen karet yang menempel pada karpet ataupun yang menempel pada rambut anda.
Untuk membersihkan permen karet yang menempel pada rambut anda, namun dianjurkan untuk menggunakannya dengan hati-hati sebab ditakutkan dapat merusak rambut anda nantinya.

4. Memperbaiki Resleting Celana yang Macet

Mungkin permasalahan yang satu ini terkadang dialami oleh anda sebagai pembaca. Karena resleting terbuat dari bahan besi biasanya, maka jika resleting pakaian anda macet anda bisa munggunakan WD 40 ini untuk memperbaiki resleting pakaian anda yang macet.

5. Sebagai Pembersih Bagian di Kamar Mandi

Jika di rumah anda pada bagian kamar mandinya terdapat bagian keramik yang kotor. Mungkin anda bisa mencoba menyemprotkan produk WD 40 kepada keramik anda yang kotor tersebut.

Perlu anda ketahui ternyata ada beberapa hal yang tidak boleh digunakan dengan WD 40

1. Dilarang menggunakan untuk pintu engsel ya! Karena memang awalnya dapat mnghilangkan bunyi, namun kemungkinan dapat merusak bagian pelapis engsel itu sendiri. Namun jika anda masih tetap ingin menggunakannya maka tambahkanlah minyak setelah menggunakan WD-40.

2. Dilarang digunakan untuk mainan Pinball. WD 40 tidak dianjurkan digunakan pada mainan Pinball sebab dapat membuat rusak bagian pelindung alat Pinball itu sendiri.

3. Dilarang digunakan untuk peralatan elektronik tertentu. Contohnya iPod atau iPad yang kumuh atau kotor pada bagian tombol ‘home’nya. Tidak dianjurkan untuk disemprotkan dengan WD 40 sebab walaupun memang dapat membersihkannya, namun akan membuat plastik pelindungnya rontok, serta pada bagian dalam plastiknya juga dapat terkena cairan WD 40.

Adapun manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari produk WD 40 ini untuk kehidupan sehari-hari ialah :

Manfaat atau Kegunaan WD 40 untuk Kehidupan Sehari-hari

1. WD 40 dapat digunakan untuk membersihkan bekas crayon ataupun pensil yang ada pada tembok serta bisa juga untuk membersihkan tulisan di layar kaca TV kesayangan anda.

2. Untuk bagian dapur WD 40 juga dapat berguna untuk membersihkan noda bekas teh yang mungkin berserakan di dapur rumah anda.

3. Membersihkan minyak, lem, ataupun bekas cat yang menempel di jari anda bila sudah melakukan cat kamar.

4. Dapat juga membersihkan lem stiker yang menempel.

5. Untuk yang suka menyetel kaset dan kasetnya sudah kotor anda dapat membersihkan kotoran pada piringan CD/DVD anda yang terdapat bekas lem stikernya.

6. Bisa juga untuk menghilangkan noda kotor bekas odol ataupun pasta gigi.

7. WD 40 dapat membersihkan bekas lilin serta permen karet.

8. Membersihkan noda di lantai akibat cat kuku yang jatuh ke lantai.

9. Dapat membuat tahan lama perkakas kayu ataupun perkebunan apabila disemprotkan dengan produk WD 40.

10. WD 40 juga bermanfaat untuk digunakan pada bagian wiper kendaraan anda yang kotor (hati-hati jangan sampai anda meninggalkan noda minyak pada bagian karet wipernya).

Lalu Berapa Ukuran Produk WD 40 ini? dan berapa harga Produk WD 40 ini?

Oh iya jika kalian ingin mengetahui ukuran produk WD 40 ini ialah 191 ml. Lalu untuk harga WD 40 ini di marketplace online sangatlah bervariasi, salah satu penjual di marketplace ada yang menjual WD 40 dengan ukuran 191 ml dengan harga Rp. 38.000, cukup murah bukan ?

Itulah banyaknya manfaat yang bisa anda dapatkan dari produk WD 40 ini. Namun apabila terbenak dalam pikiran anda apakah WD-40 memiliki produk lain untuk pelumas? Ya! Tentu saja.

Ternyata pabrik yang mengeluarkan merk WD-40 ini juga membuat alternatif produk WD 40. Jika anda ingin mengetahuinya anda bisa membaca artikel di bawah ini:

Baca Juga : Produk Lain Dari Pabrikan WD-40 Untuk Apa Fungsinya?

Terima kasih sudah membaca artikel ini, saya harap jika artikel ini bermanfaat untuk anda, anda mungkin bisa membantu membagikan artikel ini ke sosial media kalian. Siapa tau anda dapat membantu teman di sosial media anda yang sedang mencari informasi seputar kegunaan produk WD 40 ini.