13 Kegunaan Sarang Semut Papua Asli Untuk Kesehatan

4 min read

Kegunaan Sarang Semut

Kegunaan Sarang Semut Papua Asli Untuk Kesehatan – Halo sobat Aorlin tahukah anda? bahwa sarang semut memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.
Baik itu sarang semua yang berasa dari papua atau kalimantan asli sekalipun.

Sarang semut yang memiliki nama ilmiah Myrmecodia Pendans berasal dari benalu kayu besi ternyata sangat dibutuhkan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Manfaat yang dihasilkan sarang semut itu sendiri sangatlah banyak. Beberapa contoh khasiat yang terdapat pada sarang semut ternyata dapat menjadi obat untuk berbagai macam penyakit.

Salah satu agen menjelaskan bahwa di dalam sarang semut terdapat sebuah senyawa kimia yang bermanfaat untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Manfaat sarang semut contohnya bisa digunakan untuk pengobatan penyakit kanker, yang merupakan penyakit yang sudah banyak orang ketahui konon tidak terdapat obatnya.

Dilansir dari Kompasdotcom, Suhirman pada tanggal (4/11/2010) sebagai seorang agen mengatakan “Sarang semut itu sebenarnya adalah benalu, hal itu dikarenakan di dalamnya terdapat semacam labirin yang lalu ditinggali oleh semut.

Bagian dalamnya juga terdapat zat Flavanoid serta Tanin. Flavanoid itu sendiri bermanfaat sebagai pencegahan penyakit kanker, sedangkan tanin bermanfaat untuk proses penyembuhan penyakit.”

Baca Juga : Cara Mengatasi Pengangguran Friksional Lengkap Dan Tipsnya

Berbagai Kegunaan Manfaat Sarang Semut untuk Kesehatan :

1. Kegunaan atau Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Pria

Sarang semut ternyata memiliki sebuah kegunaan bagi seorang pria. Sebagai seorang pria pada umumnya seorang pria tentu sering kali melakukan banyak aktivitas yang berat. Sehingga banyak pria yang telah menghabiskan waktu di sepanjang harinya untuk bekerja, sering merasa kelelahan atau lemas. Bila sudah terjadi demikin seorang pria tentu harus mengatur pola makannya dengan makanan-makanan yang bernutrisi tinggi.

Maka dari itu sarang semut cocok sekali untuk dikonsumsi oleh seorang pria. Karena, sarang semut memiliki suatu kandungan di dalamnya yang manfaat sebagai pembantu penyerapan kalsium lebih maksimal juga dapat memberikan tambahan energi yang cukup besar. Dibandingkan anda meminum minuman yang berenergi tinggi yang mungkin di dalamnya mengandung banyak pemanis buatan. Anda dianjurkan untuk meminum air rebusan dari sarang semut agar dapat menambah stamina anda.

2. Manfaat Sarang Semut Untuk Tiroid

Penyakit Tiroid merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguan kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid. Banyak sekali produk-pruduk berbahan dasar sarang semut yang dijual di pasaran atau online sekalipun,cohtohnya seperti marketplace.

Maka dari itu bisa anda lihat banyak sekali orang sudah mengetahui bahwa sarang semut banyak sekali manfaatnya. Jadi dari pada anda membeli vitamin sarang semut. Lebih baik anda membuatnya sendiri agar anda dapat lebih menghemat uang yang anda miliki.

3. Manfaat Sarang Semut untuk Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar glukosa (kadar gula) di dalam tubuh. Bahanya penyakit ini dapat melakukan penyerangan terhadap sel-sel pankreas di dalam tubuh.

Sel-sel pankreas di dalam tubuh bermanfaat untuk menghasilkan hormon insulin. Jika anda memiliki penyakit diabetes, dianjurkan sekali untuk meminum sarang semut.

Sebab dengan anda meminum sarang semut tubuh anda akan lebih cukup menghasilkan hormon insulin, dengan demikian gula darah pada tubuh anda dapat diolah menjadi suatu zat yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

4. Khasiat sarang semut untuk TBC

Kandungan Flavanoid yang terdapat pada sarang semut juga ternyata memiliki khasiat sebagai penangkal penyakit paru-paru dikarenakan memiliki sifat yang seperti antivirus.

5. Manfaat Sarang Semut Untuk Stroke

Kandungan lain yang terdapat pada sarang semut ialah Multimineral yang dimana berfungsi sebagai obat stroke ringan.

6. Manfaat Sarang Semut Sebagai Pengobatan Tumor dan Kanker

Lagi-lagi kandungan Flavanoid yang terdapat di dalam sarang semut befungsi sebagai benteng perlawanan terhadap penyakit kanker atau tumor.

Yang dimaksud sebagai perlawanan ialah sebagai inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, sebagai proses menginduksi apoptosis dan diferensiasi, sebagai penghambatan siklus sel tumor, dan juga sebagai inhibisi angiogenesis.

Bisa dibilang juga sebagai cara pengobatan herbal, manfaat sarang semut juga bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit kanker lainnya. Seperti kanker paru, kanker otak, kanker prostat, kanker usus, kanker hati, kanker darah (leukimia), kanker payudara, dan kanker rahim.

Selain kanker di atas juga, sarang semut dapat juga bermanfaat sebagai obat untuk jenis kanker tenggorokan dan rongga mulut serta kanker kulit sekalipun.

7. Manfaat Sarang Semut Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan yang berada pada sarang semut yang memiliki banyak sekali senyawa kimianya, ternyata berkhasiat juga untuk melancarkan proses peredaran darah dan juga meredakan serta mengatasi haid dan keputihan.

8. Manfaat Sarang Semut Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Selain untuk pria ternyata sarang semut pun memiliki manfaat khusus bagi perempuan yang cukup besar. Diantara manfaat sarang semut bagi perempuan ialah membantu melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, mampu memulihkan kesehatan serta merapatkan bagian intim perempuan setelah melahirkan.

9. Manfaat Sarang Semut Untuk Meningkatkan Metabolisme

Multi-mineral serta antioksidan yang terdapat pada sarang semut dapat berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik.

10. Manfaat Sarang Semut Untuk Mengatasi Penyakit Rematik

Penyakit rematik dapat menimbulkan rasa sakit yang terjadi karena akibat persendian atau otot yang mengalami peradangan serta pembengkakan. Biasanya penyakit rematik terjadi pada manusia berusia lanjut (orang tua/lansia).

Kandungan Tokoferol, Antioksidan, serta Flavanoid yang terdapat pada sarang semut dikatakan dapat membantu mengobati rematik.

11. Manfaat Sarang Semut Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tentu kalian semua setuju bahwa jantung termasuk organ tubuh kita yang paling berharga dan termasuk bagian yang sangat vital.

Untungnya sarang semut memiliki kandungan mineral diantaranya kalium dan kalsium yang cukup tinggi, dengan demikian dapat membantu dalam upaya mencegah datangnya penyakit jantung.

12. Manfaat Sarang Semua Untuk Mengatasi Ambeien

Manfaat Flavanoid pada sarang semut banyak sekali manfaatnya. Manfaat yang lain ialah dapat membantu mengatasi masalah ambeien.

Penyakit Ambeien memang sangat merepotkan untuk orang yang sibuk bukan? Oleh sebab itu sarang semut dapat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan ambeien anda.

13. Manfaat Sarang Semut Untuk Mengatasi Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi dapat mengincar siapa saja dari berbagai kalangan, baik kalangan muda bahkan kalangan tua sekalipun beresiko terkena penyakit darah tinggi.

Penyakit darah tinggi biasanya disebabkan oleh pola makan hidup kita yang tidak sehat. Seperti contohnya : memakan terlalu banyak makanan berkolesterol tinggi.

Hal tersebut dapat diupayakan cara mengetasinya dengan mengonsumsi sarang semut. Kandungan Tokoferol dan Flavanoid yang ada di sarang semut dapat membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Demikian di atas saya jelaskan mengenai banyaknya manfaat dari sarang semut. Lalu bagaimanakah cara mengolah sarang semut itu sendiri? Yuk simak caranya di bawah ini :

Cara Mengolah Sarang Semut

Sarang semut memiliki bentuk yang cukup unik saat dilihat. Sebagian orang mungkin berpikir merasa kesulitan bagaimana cara mengolah sarang semut itu sendiri.
Tidak boleh dilupakan juga cara mendapatkannya yang cukup sulit. Apalagi belum tentu banyak yang menjualnya di tiap-tiap pasar yang ada.

Untuk cara mengolah sarang semut itu sendiri anda diharuskan terlebih dahulu mengeringkan sarang semut tersebut. Anda bisa menjemur sarang semut tersebut hingga kering di bawah sinar matahari.

Setelah kering agar mendapatkan hasil yang maksimal anda diharuskan untuk mencuci sarang semut tersebut sampai benar-benar bersih. Setelah itu anda dapat memotong sarang semut tersebut menjadi ukuran kecil agar dapat dengan mudah saat dihaluskan.

Dari potongan-potongan kecil tersebut anda dapat memblendernya agar menjadi halus. Setelah halus anda timbang sarang semut tersebut sampai 200 gram lalu direbus dengan 3 liter air sampai mendidih. Setelah direbus anda saring airnya lalu didiamkan agar dingin baru anda boleh untuk meminumnya.

Anjuran pola minum sarang semut yang baik untuk kesehatan tubuh serta untuk meningkatkan imunitas, dianjurkan untuk diminum 3 sampai 8 gelas sehari.