Mengenal Karambit, Senjata Tradisional asal Indonesia yang diakui kehebatannya oleh Dunia

67
5
Ed5e5738ee300948d8cedfb0e28de1e4
Karambit

Hai sobat Aorlin, pernah gak sih kalian mendengar benda kecil sejenis pisau yang bernama Karambit ? kalo kalian pernah bermain CSGO, atau nonton film-film action seperti The Raid yang dibintangi oleh Iko Uwais, Joe Taslim dan Yayan Ruhian (Maddog :v) pasti udah gak asing sama benda kecil yang satu ini.. nah pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Karambit. Senjata Tradisional asli Indonesia yang kehebatannnya telah diakui oleh Dunia.

Untuk pengertian dari Kerambit ini sendiri merupakan sebuah Alat berupa Pisau genggam kecil yang berbentuk melengkung. Pisau Karambit ini dapat ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara khususnya Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Dalam bahasa inggris Alat ini disebut dengan “karambit”, sedangkan orang Minang biasa menyebutnya dengan Kurambiak/karambiak.

Mengapa Kerambit Sangat Mematikan dan Berbahaya?

Dengan ciri khasnya yang kecil dan sederhana, Karambit ini bisa menjadi senjata andalan apabila disandingkan dengan Senjata Api, disaat keadaan terdesak para tentara biasanya menggunakan Karambit ini sebagai Alat untuk bertahan diri, selain itu bentuk Karambit yang Tajam layaknya Cakar Hewan buas dapat digunakan untuk merobek maupun menyayat anggota tubuh lawan secara tidak terdeteksi dan tentunya akan memberikan efek luka yang cepat dan menyiksa bagi korban nya.

di negara Amerika Serikat kerambit telah diadopsi menjadi salah satu senjata tangan andalan yang digunakan oleh tentaranya, termasuk NATO dan the U.S Army loh Sobat Aorlin! wow keren ya..

Best Special Forces Knives 0 Hero 1087x725
Gambar: U.S Army yang sedang menggunakan Tactical Karambit Knife. Sumber: HiCOmpsumtion.com

Sayang beribu sayang nih sobat Aorlin, entah mengapa Militer Indonesia enggan menggunakan Karambit ini sebagai Secondary Weapon nya. Padahal Dalam klasifikasinya, pisau kerambit merupakan senjata paling berbahaya dan mematikan urutan ke-2 setelah pistol.

Asal Mula Kerambit

Dikutip dari Wikipedia, Berdasarkan sejarah tertulis, kerambit berasal dari Minangkabau, lalu kemudian dibawa oleh para perantau Minangkabau berabad yang lalu dan menyebar ke berbagai wilayah, seperti Jawa, Semenanjung Melayu dan lain-lain.

Menurut cerita rakyat, bentuk kerambit terinspirasi oleh cakar harimau yang memang banyak berkeliaran di hutan Sumatra pada masa itu.

Senjata di sebagian besar kawasan nusantara, pada awalnya merupakan alat pertanian yang dirancang untuk menyapu akar, mengumpulkan batang padi dan alat pengirikan padi.

Namun berbeda dengan kerambit, ia sengaja dirancang lebih melengkung seperti kuku harimau, setelah melihat harimau bertarung dengan menggunakan cakarnya, hal ini sejalan dengan falsafah Minangkabau yang berbunyi Alam takambang jadi guru.

Kerambit akhirnya tersebar melalui jaringan perdagangan Asia Tenggara hingga ke negara-negara, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina dan Thailand.

Buku sejarah di Eropa mengatakan bahwa tentara di Indonesia dipersenjatai dengan keris di pinggang dan tombak di tangan mereka, sedangkan kerambit itu digunakan sebagai upaya terakhir ketika senjata lain habis atau hilang dalam pertempuran.

Kerambit terlihat sangat jantan, sebab ia dipakai dalam pertarungan jarak pendek yang lebih mengandalkan keberanian dan keahlian bela diri.

Para pendekar silat Minang, terutama yang beraliran silat harimau sangat mahir menggunakan senjata ini. Para prajurit Bugis Sulawesi juga terkenal untuk keahlian mereka dalam memakai kerambit.

Saat ini kerambit adalah salah satu senjata utama silat dan umumnya digunakan dalam seni beladiri.

Teknik Penggunaan Karambit

Untuk Teknik Penggunaan nya, yg saya pelajari sih.. Karambit ini  dipegang dengan memasukkan jari (telunjuk) ke dalam lubang di bagian atas pegangan sehingga nantinya lengkungan pisau mengarah ke depan dari bagian bawah kepalan tangan. Jari yang masuk kedalam lobang agang dari Pisau Karambit ini juga yang nantinya membuat lawan sulit untuk men take over/Melucuti senjata ini.

Dalam Penggunaanya sendiri Pisau Karambit ini memiliki teknik memutar tangan ketika pisau telah melukai atau mengenai sasaran, Kalau kata Guru saya Hal ini bertujuan untuk membuat sasaran, sepert usus, kulit/urat dan lainnya menjadi terburai/putus.

Jenis-jenis kerambit asal Indonesia

Pada awalnya Karambit ini memang hanya memiliki bentuk yang Melengkung seperti Cakar Harimau saja, namun dengan perkembangan zaman kini Karambit sudah memiliki berbagai varian rasa 😀 ehh gk deng maksudya varian bentuk dari berbagai daerah yang berbeda juga.

Karambit jika kita lihat-lihat lebih detail memiliki ujung yang runcing dan tajam dan lengkungan sisi nya yang tajam juga, sebagian karambit dibuat memiliki gerigi seperti gergaja pada bagian dekat pegangan nya, mungkin seperti yg dijelaskan tadi.. untuk merobek dan memberi efek rasa sakit yang ngeri.

Kerambit yang terkenal di Indonesia ada dua yaitu Kerambit asal Jabar dan kurambiak/karambiak asalnya dari Minang/Sumatera Barat. hayoo mana yang orang sunda dan minang nih hehe..  yang membedakanya adalah Kerambit Minang memiliki lengkungan siku sedangkan Kerabmit Jawa Barat biasanya memiliki lengkungan yang membulat.

Beberapa jenis kerambit di Nusantara:

1.  Sumatra Barat : Karambit Kuku Alang (kuku elang) / Lawi Ayam

Karambit Kuku Elang
(Karambit Kuku Elang) Sumber: asliindonesia.net
2.  Jawa Barat, Minang dan Madura: Karambit Kuku Harimau
Karambit Kuku Elang
(Karambit Kuku Harimau/Macan) Sumber: Tokopedia
3. Jawa : Karambit Kuku Bima
Kuku Bima Antictik Kerambit
(Karambit Kuku Bima) Sumber: Bukalapak.com
4. Jawa Barat : Karambit Kuku Hanoman
220px Kerambit Tradisional
(Karambit Kuku Hanoman) Sumber: lenterajiwa.wordpress.com
5. Kerambit Sumbawa
Kerambit Sumba
(Kerambit Sumbawa) Sumber: asliindonesia.net
6. Kerambit Lombok
436px Knife (korambi) With Sheath Met 36.25.869ab 005july2014
(Kerambit Lombok) Sumber: Wikiwand.com

Bagaimana sobat Aorlin? Unik bukan, Negara luar saja sampai mengakui kehebatan senjata Tradisional asli Indonesia loh, maka dari itu kita sebagai Warga Negara Indonesia harus Menjaga dan Melestarikan Senjata leluhur kita yang satu ini, jangan sampai nanti suatu saat ada negara lain yang meng-klaim nya loh.

Sekian dulu postingan kali ini, tetap support dan tunggu postingan terbaru dari Aorlin ya! See You Guys ^-^

 

Tondy Rahman

5 KOMENTAR

  1. karambit atau kerambit meskipun kecil, tapi pengunaanya agak sulit,. pernah belajar pakai, kalau salah salah mengerakan bisa2 pemakai sendiri yang kena tajamnya karambit,, wkwkwkw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here