Jenis Jenis Bunga Dahlia dan Penjelasannya Lengkap

3 min read

Gambar bunga dahlia

Jenis Jenis Bunga DahliaBunga Dahlia yang memiliki asal dari meksiko ini ternyata sangat cantik sekali untuk dipandang. Bunga dahlia juga sudah ditetapkan menjadi bunga nasiona di negara Meksiko. Sifat tahunan yang dimiliki bunga dahlia membuat bunga dahlia hanya dapat berbunga pada musim panas sampai musim gugur.

Hal tersebut menjadi suatu alasan bagi banyak pecinta bunga begitu menyukai bunga ini, dikarenakan sifat alami dari bunga dahlia ini yang dapat dengan mudah menyesuaikan diri walau dengan lingkungan bagaimanapun, dapat membuat pecinta bunga ini dapat menanamnya dimana saja.

Untuk lebih mengenal bunga dahlia ini ternyata pada tahun 1789 sudah dimulai pembudidayaan bunga ini di luar negara asalnya, yakni di Royal Botanical Garden di Madrid, Spanyol. Tidak hanya di Spanyol, pada tahun 1872 juga Belanda sudah mulai mengembangbiakkan bunga dahlia.

Bunga dahlia tersebut didapatkan langsung dari Meksiko. Dalam sebuah satu kotak umbi yang dikirimkan, ternyata hanya satu umbi saja yang sukses berbunga. Namun bunga tersebut memiliki paduan warna merah beserta daun bunga yang runcing.

Bila dipikirkan bunga dahlia memiliki perkembangbiakan yang bisa dibilang agak lambat, namun walaupun demikian pada tahun 1841 bunga dahlia ini sudah memiliki sekitar 1.200 jenis bunga. Masuknya bunga dahlia ini ke daerah Jawa Barat masuk pada abad ke-19. Sampai saat ini bunga dahlia termasuk dalam komoditas penting di dunia.

Jenis Jenis Bunga Dahlia Yang Ditanam Pada Umumnya

Bunga dahlia yang jenisnya mencapai 1.200+ jenis bunga. Namun yang biasanya disukai oleh banyak orang tidaklah sebanyak itu. Ada 4 jenis bunga dahlia yang dijadikan bunga favorit oleh banyak orang karena tampilan bunganya yang sangat cantik.

1. Bunga Dahlia Hanakerusai

Gambar dahlia hanakerusai

Bunga Dahlia Hanakerusai memiliki ciri khas bunga berwarna merah, lalu pada bagian tengah bunganya terdapat semburat kuning. Perpaduan antara warna merah dan kuning inilah yang membuat bunga dahlia jenis ini tampak sangat cantik. Lalu pada bagian mahkota bunganya berbentuk runcing serta mengumpul

2. Bunga Dahlia Yukitemari

Gambar Dahlia Yukitemari

Bunga Dahlia Yukitemari berwarna putih bersih dengan tambahan warna kuning yang terdapat pada bagian tengahnya. Perpaduan antara warna putih dan kuning ini membuat jenis bunga dahlia yang satu ini seakan memiliki simbol suci dan anggun. Walau bunga ini memiliki nama yang berkesan seperti nama Jepang. Ternyata, jenis bunga dahlia ini tidak berasal dari negara Jepang.

3. Bunga Dahlia Hibotan

Jenis Dahlia Hibotan

Bunga dahlia jenis ini memiliki ciri khas bunga yang berwarna merah muda yang membuat jenis bunga ini tampak cerah dan sangat cantik. Pada bagian tengah bunganya jenis bunga dahlia yang satu ini memiliki ciri khas kuncupnya yang kecil. Bunga dahlia jenis ini sangat cocok sekali untuk anda jadikan hiasan di rumah anda, karena memiliki warna yang cerah.

4. Bunga Dahlia Kuning

Gambar Dahlia-kuning

Bunga dahlia yang satu ini sesuai namanya sudah jelas memiliki ciri khas berwarna kuning, namun dihiasi pada bagian ujungnya dengan beberapa warna putih. Perpaduan antara warna kuning dan sedikit putih membuat jenis bunga dahlia yang satu ini juga terlihat sangat cerah. Pada bagian mahkota bunganya jenis bunga dahlia yang satu ini berbentuk kecil dan mengumpul.

Jenis Jenis Bunga Dahlia Yang Lainnya

5. Bunga Dahlia Peony

Gambar Dahlia Peony

Bunga dahlia yang satu ini memiliki ciri khas akan tampak terlihat sangat indah apabila sedang mekar, ciri khas lain pada jenis dahlia ini ialah menonjolnya ciri yang terdapat pada bagian pusat yang agak cenderung terbuka. Ciri lainnya untuk jenis yang satu ini ialah pada bagian pusatnya tersebut biasanya dikelilingi oleh dua atau lebih barisan kelopak bunga yang cukup besar.

Bunga dahlia jenis peony ini pada saat tumbuh biasanya memiliki pola kelopak yang tidak beraturan pada saat tumbuh. Namun, karena hal tersebut memberikan jenis bunga dahlia yang satu ini kesan yang unik serta lembut.

Bunga Dahlia Peony yang sangat terkenal dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya :

1. Dahlia’Fascination’
2. Dahlia’Bishop of Llandaff’
2. Dahlia’Uskup Oxford’

6. Bunga Dahlia Anggrek

Gambar Dahlia anggrek

Hampir mirip dengan bunga dahlia yang sebelumnya, bunga dahlia jenis anggrek ini juga memiliki bunga tunggal serta lebih cenderung memiliki pusat yang terbuka juga. Walaupun demikian, jenis dahlia anggrek pun dapat diklasifikasian menjadi 2 yakni anggrek ganda dan anggrek tunggal.

Beberapa jenis bunga dahlia anggrek yang terkenal antara lain :

1. Dahlia’Honka Red’
2. Dahlia’Honka Surprise’
3. Dahlia’Honka Fragile’

7. Jenis Dahlia Waterlily

Jenis Jenis Dahlia Waterlily

Bunga dahlia jenis ini tidak sama dengan jenis bunga dahlia yang sebelumnya “Dahlia Anggrek”. Bunga dahlia waterlily ternyata memiliki kesamaan dengan yang mirip dengan namanya yakni bunga teratai air.

Keindahan bunga dahlia waterlily akan terlihat sangat indah apabila bunga ini sedang mekar. Saat bunga dahlia waterlily sedang mekar maka akan terlihat bentuk ganda serta kelopak bunganya yang cukup luas. Keindahan bunga dahlia jenis ini tidak hanya itu saja, namun juga dari warnanya yang terliat begitu mencolok.

Beberapa jenis dahlia waterlilu yang kian populer adalah :

1. Dahlia’Karma Choc’
2. Dahlia’Caballero’
3. Dahlia’Pearl Of Heemstede’

8. Jenis Dahlia Anemone

Jenis Jenis Dahlia Anemone

Bunga dahlia anemone berciri khas terdapatnya dua bagian kelopak bunga yang dimana ukuran dari masing-masing kelompok kelopak bunganya berbeda-beda. Ciri lain pada jenis ini ialah kelopak bunganya yang besar serta berbentuk mengelilingi kelopak bunga yang lebih kecil ukurannya, jika dilihat-lihat akan mirip seperti cincin.

Keunikan lain dari bunga dahlia jenis Anemone ini ialah terdapatnya warna yang bervariasi pada bunga ini, dan tumbuhnya tanaman bunga jenis ini biasanya mencapai dua sampai empat kaki.

Beberapa dahlia Anemone yang populer ialah:

1. Dahlia’Boogie Woogie’
2. Dahlia’Purpinka’
3. Dahlia’Totally Tangerine’

9. Jenis Dahlia Bola

Jenis Jenis Dahlia Bola

Bunga dahlia yang satu ini tidak jauh dari namanya bentuknyapun bulat mirip seperti bola. Walaupun bentuknya mirip seperti bola. Tapi, memiliki garis tepi yang rata. Sehingga membuat bentuknya mirip seperti lingkaran dan juga terlihat seperti bunga.
Bunga dahlia jenis ini apabila bunganya mekar secara sempurna, biasanya bunga dahlia jenis ini akan tumbuh sekitar lebih dari dua inci.
Jenis dahlia bola yang popeler ialah :
1. Dahlia’Jomanda’
2. Dahlia’Aurora’s Kiss’
3. Dahlia’Cornell’

10. Jenis Dahlia Pompon

Gambar Dahlia Pompon

Bunga dahlia pompon pada umumnya pada saat mekar akan berbunga ganda dengan ciri lain bunganya yang memiliki ukuran kecil, dan kelopak bunganya tampak datar serta tersusun dalam bentuk spiral.

Bunga dahlia pompon memiliki kemiripan dengan bunga dahlia bola, yakni bentuknya yang bulat. Tapi tetap memiliki perbedaan dimana bunga dahlia jenis ini kelopak bunganya terlihat seperti digulung.

Beberapa jenis bunga dahlia pompon yang terkenal adalah :

1. Dahlia’Franz Kafka’
2. Dahlia’Moor Place’
3. Dahlia’Plum Surprise’

11. Jenis Dahlia Mignon

Gambar Dahlia Mignon

 

Jenis bunga dahlia mignon yang paling menonjol ialah bentuk bunganya cenderung berdiameter dua inci dan memiliki kelopak bunga dibagian ujungnya yang bundar.
Jenis bunga dahlia mignon yang memiliki bentuk seperti daisy ini biasanya mekar dengan memiliki warna yang bernuansa cerah, serta pada bagian pusatnya biasanya memiliki gradasi warna yang kontras.

Beberapa jenis bunga dahlia mognon yang terkenal ialah :

1. Dahlia’G.F. Hemerik’
2. Dahlia’Sunshine’
3. Dahlia’Scura’

Demikian penjelasan mengenai bunga dahlia. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa share artikel ini melalui media sosial kalian seperti facebook, instagram, dan yang lainnya.