Ini Dia 5 Aplikasi Keren dan Mudah Untuk Gabung File Pdf

123
4
cara gabung file pdf
Pdf 1783009 960 720 (1)

Beberapa tahun terakhir, file PDF atau portable document format memang lebih banyak dokumen.

Dengan menggunakan format file ini, pengiriman file digital pun jadi lebih mudah. Sebagian besar ­e-book pun menggunakan format file ini.

Nah, oleh karena itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara menggabungkan PDF. Siapa tahu, ada beberapa dokumen pdf yang ingin Anda gabung.

anda mungkin bisa mencoba 5 aplikasi keren ini untuk gabung File Pdf

Aplikasi  yang akan dijelaskan berikut ini adalah yang paling mudah dan paling bisa diandalkan. Supaya tak bingung lagi, simak 5 Aplikasi Keren dan Mudah Untuk Gabung File Pdf berikut ini.

5 Aplikasi Keren dan Mudah Untuk Gabung File Pdf

1. Adobe Acrobat

Adobe Acrobat menjadi aplikasi yang paling banyak dipakai di Indonesia. Beberapa komputer biasanya juga sudah dilengkapi dengan software besutan Adobe System ini.

Aplikasi ini juga dijadikan andalan untuk cara menggabungkan PDF, lho. Bagaimana caranya?

•Jika belum memiliki aplikasi ini, maka Anda perlu mengunduh dan menginstallnya terlebih dahulu. Pilih yang versi standar atau pro, jangan versi trial. Versi trial memberlakukan masa aktif tertentu yang merepotkan.

•Setelah proses penginstallan selesai, selanjutnya buka software tersebut, pilih “Create” pada bagian toolbar utama. Jika tidak menemukan pilihan Create PDF, Anda bisa memilih “View” pada bagian toolbar. langkah selanjutnya pilih “Task” dan lalu pilih “Show All Task Buttons”.

•Pada pilihan berikutnya, pilih menu “Combine Files into a single PDF”. Menu ini mempunyai fungsi untuk menggabungkan beberapa dokumen pdf menjadi satu.

•Selanjutnya klik “browse” pada windows yang muncul. Cari dokumen pdf yang ingin digabungkan, lalu pilih “Ok”. Dokumen yang terpilih pun akan langsung tersalin ke bagian kotak putih yang ada di sebelah kanan.

•Rapikan dokumen PDF yang akan disatukan. Anda bisa menggunakan menu remove, move down, dan move up.
•Setelah dokumen dirapikan, klik “Combine Files” kemudian tekan “Ok”.

•Terakhir, simpan file pdf yang baru saja Anda gabungkan dengan memilih “Save As” kemudian beri nama sesuai keinginan.

2. Small PDF

Jika Anda terlalu malas untuk menginstall aplikasi baru, Anda bisa menggunakan combine pdfsecara online. Anda bisa memanfaatkan situs web smallpdf.com.

Situs ini membantu Anda untuk menggabungkan file pdf tanpa aplikasi apa pun. Sangat cocok untuk Anda yang tak terlalu sering bekerja dengan menggunakan pdf. Lalu, bagaimana caranya?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situssmallpdf.com. Pada halaman utama, Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan menu. Anda cukup pilih “Merge PDF”. Setelah itu, Anda akan diminta memilih file yang akan digabungkan.

Anda bisa mengupload file dari komputer Anda atau memilih file pdf dari drive. Seret file ke halaman yang bertuliskan “Drop PDF Here”. Anda juga bisa memilih “Choose File” untuk mengupload file dari komputer.

Setelah itu, sunting file pdf yang sudah diupload. Sesuaikan urutannya. Setelah semuanya selesai, Anda bisa klik tombol “Merge PDF!” yang tersedia pada bagian bawah. Jangan lupa untuk mendownload file pdf yang telah digabungkan agar bisa tersimpan aman dalam komputer Anda. Sangat mudah bukan cara menggabungkan PDF online ini?

3. Foxit Reader

Sama seperti cara yang pertama, cara yang ketiga ini mengharuskan Anda untuk menginstall aplikasi terlebih dahulu. Aplikasi gabung pdf tersebut adalah Foxit Reader.

Aplikasi yang satu ini lumayan populer. Setelah menginstall aplikasi ini, Anda pun bisa melakukan cara menggabungkan file pdf offline.  Berikut panduannya.

•Pilih File -> Create -> From Multiple File

•Setelah itu akan muncul window baru. Pada bagian ini, centang bagian “Merge Multiple Files into a single PDF File”

•Lalu, untuk menambahkan file, Anda bisa menggunakan “Add Files” sampai seluruh file yang ingin digabung terunggah di Foxit Reader. Setelah itu, rapikan file yang ingin digabung.

Hapus yang perlu dihapus atau rapikan urutannya.

•Setelah selesai, klik “Convert” dan simpan file tersebut.

4. Xodo Android

aplikasi gabung PDF yang selanjutnya ini khusus untuk menggabungkan PDF menggunakan Smartphone android. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Xodo.

Aplikasi ini tersedia di Play Store dan sudah diunduh hingga 10 juta kali, cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan mendesak.

Pertama-tama, install aplikasi ini di smartphone Anda. Setelah proses penginstallan selesai, buka aplikasi tersebut. Klik tombol “+” yang ada pada sudut kanan bawah, klik “PDF from Documents”.

Setelah itu, pilih beberapa file pdf yang ingin Anda satukan. Lalu klik tombol “Merge” yang ada pada bagian pojok bawah. Jangan lupa simpan file pdf yang sudah Anda gabungkan.

5. WPS Office

Aplikasi yang satu ini mungkin sudah sangat terkenal sebagai aplikasi pembaca dokumen entah PDF, Word, atau Excel.

Tak hanya itu, aplikasi Android ini juga bisa digunakan untuk cara menggabungkan 2 halaman pdf menjadi 1 halaman. Akan tetapi, untuk bisa memanfaatkan fitur ini, Anda harus mengupdate WPS Office ke Premium terlebih dahulu.

Setelah sudah terupdate menjadi WPS Office Premium, nanti Anda bisa klik menu “Alat” yang ada pada bagian bawah, selanjutnya pilih “Gabungkan Dokumen”.

WPS Office sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mengikuti prosesnya sampai selesai. Cara menggabungkan PDF bisa lebih mudah menggunakan aplikasi ini.

Demikian adalah lima cara menggabungkan PDF yang sangat mudah melalui berbagai platform. Kali ini, Anda tak perlu bingung lagi jika harus menggabungkan dua dokumen PDF.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here