Tutorial, Internet, Knowledge

8 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi (Gagal Konek Wifi)

HP Tidak Bisa Connect Wifi – Pada zaman sekarang ini sudah banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan sarana wifi gratis untuk para pelanggannya. Seperti halnya di sebuah restoran-restoran dan tempat makan lainnya, biasanya sudah tersedia sarana wifi gratis untuk para pengunjungnya.

Dengan tersedianya wifi gratis. Tentu hal ini akan menyenangkan bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki wifi di rumahnya. Terdapatnya wifi gratis tentu akan membuat anda menghemat paket kuota yang anda miliki. Serta dapat juga membuat anda berselancar dengan cepat di internet.

Namun, sangat disayangkan sekali apabila disaat anda akan mengkoneksikan smartphone anda ke sebuah jaringan wifi tertentu. Anda mengalami sebuah error yang anda tidak mengerti karena apa error tersebut muncul. Tidak menyenangkan bukan apabila hal itu terjadi.

Mungkin akan membuat mood anda menjadi kurang bagus pada hari itu. Maka dari itu, pada postingan kali ini admin akan memberitahukan beberapa cara yang mungkin bisa mengatasi masalah pada HP anda yang tidak dapat terkoneksi dengan jaringan wifi.

Sebelum itu ada sesuatu yang ingin admin beritahukan kepada anda. Yuk simak artikel ini lebih lanjut

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi (Gagal Konek Wifi)

Ada beberapa faktor sebetulnya yang dapat membuat anda tidak dapat terkoneksi ke sebuah jaringan wifi tertentu.

Maka dari itu, anda harus memperhatikan beberapa faktor dasar yang dapat mempengaruhi error tersebut. Sebelum anda lanjut ke cara mengatasinya.

  1. Pengaruh Jarak
    Jarak dapat sekali menjadi faktor yang utama untuk anda. Apabila anda mengalami error atau gangguan saat akan mengkoneksikan smartphone anda ke sebuah jaringan wifi. Apabila jarak anda dengan wifi tersebut jauh, tentu wajar jika anda mengalami error sehingga tidak dapat terhubung dengan wifi tersebut.
  2. Penuhnya Cache Jaringan Wifi Di HP
    Untuk anda yang sering menggunakan wifi di mana saja. Sebaiknya anda segera menghapus cache dari wifi yang telah anda gunakan. Agar cache jaringan wifi tersebut tidak menumpuk di HP anda. Karena, error saat akan mengkoneksikan jaringan wifi. Bisa juga disebabkan oleh banyaknya cache jaringan wifi pada HP anda yang belum anda hapus.

Jika anda masih mengalami sebuah error setelah melakukan pengecekan untuk 2 hal tersebut. Silahkan anda melanjutkan membaca artikel ini agar anda tahu beberapa cara yang mungkin bisa digunakan untuk mengatasi error tersebut.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Terhubung Ke Wifi

1. Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi Dengan Menghapus Password

Tips HP Tidak Bisa Connect Wifi pertama ini walaupun sederhana. Tapi, perlu untuk anda perhatikan. Begini, apabila anda sebelumnya pernah terhubung ke suatu jaringan wifi yang ada di tempat umum.

Lalu anda menyimpan data password dari wifi tersebut di perangkat HP anda. Maka, jika saat anda menghubungkan kembali ke jaringan wifi tersebut. Lalu anda mengalami sebuah error.

Ada kemungkinan jaringan wifi tersebut passwordnya telah diganti oleh pemiliknya. Maka, sebaiknya bagi anda untuk menghapus password yang tersimpan sebelumnya.

Kemudian anda masukkan password baru dari jaringan wifi tersebut(jika anda sudah mengetahuinya).

2. Mengatasi HP Tidak Bisa Terhubung ke Wifi Dengan Merestart Android

Cara mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi yang satu ini mungkin terdenger konyol. Tapi, apa salahnya anda untuk mencobanya terlebih dahulu. Jika teman anda sudah terhubung ke suatu jaringan wifi, namun anda belum.

Sebaiknya anda menggunakan tips yang satu ini, yaitu dengan merestart smartphone milik anda. Silahkan anda matikan smartphone milik anda lalu anda coba untuk hubungkan kembali HP anda dengan jaringan wifi tersebut.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Windows Script Host Access id Disabled di Windows

3. Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi Speedy

Bagi anda yang memiliki sebuah jaringan wifi milik sendiri di rumah anda. Tentu hal itu akan cukup menyenangkan. Nah, jika anda menggunakan sebuah jaringan wifi dengan merk Speedy.

Lalu anda yang biasanya lancar-lancar saja saat mengkoneksikan HP anda dengan jaringan wifi Speedy anda, dan tiba-tiba anda mengalami error tidak dapat terhubung ke wifi Speedy anda.

Mungkin bisa mencoba tips yang satu ini. Sebaiknya anda cek dahulu pengaturan tanggal serta waktu yang ada di HP smartphone anda apakah sudah sesuai atau belum dengan format yang berlaku.

Agar lebih mudahnya anda bisa langsung masuk ke menu “Pengaturan > Sistem > Tanggal & waktu > lalu centang pilihan dengan nama ‘Tanggal & waktu otomatis‘ “.

Dengan instruksi di atas, waktu pada smartphone anda akan tersetting secara otomatis.

4. Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing Di Android

Untuk tips dari masalah HP Tidak Bisa Connect Wifi nomor 4 ini, mungkin sering dialami oleh anda yang menggunakan wifi dari Indihome. Masalah yang ini terkadang kalau tidak salah admin juga pernah mengalaminya.

Masalah yang ini sebenarnya memiliki banyak kemungkinan yang menyebabkan error tersebut. Beberapa di antaranya, yaitu error karena wifi indihome anda belum anda bayar hehe canda.

Bisa juga karena sedang terjadi error dari pusat indihomenya. Untuk hal ini anda bisa mengeceknya dengan menanyakan kepada teman anda yang lokasi tinggalnya tidak jauh dari anda, dan sama menggunakan wifi indihome juga.

Jika teman anda error, berarti itu kemungkinan memang terjadi error dari pusatnya. Jadi anda hanya harus menunggu sampai perbaikan dari pusat indihomenya selesai.

Namun, jika teman anda tidak error. Sebaiknya anda mencabut semua kabel yang terhubung ke router indihome anda, dan tunggu hingga kurang lebih 2 menit.

Lalu anda pasang kembali kabel-kabel tersebut pada router indihome anda. Kemudian anda coba hubungkan kembali HP anda dengan jaringan wifi indihome anda.

Apabila masih error tidak dapat terkoneksi dengan internet walaupun anda sudah terhubung dengan jaringan wifi milik anda.

Maka, sebaiknya anda segera menghubungi pihak indihome agar wifi anda dapat di cek dari pusat oleh pihak indihomenya.

5. Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi dengan Nonaktifkan Antivirus

Nah untuk anda yang menggunakan antivirus pada smartphone milik anda. Sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang bagus, dan berguna untuk mencegah masuknya virus jahat ke dalam smartphone anda.

Namun, jika anda sedang mengalami error saat menghubungkan wifi di HP anda. Sebaiknya anda mencoba untuk menonaktifkan antivirus yang sudah diaktifkan di HP anda.

Takutnya antivirus yang anda gunakan melakukan pemblokiran terhadap jaringan wifi yang ingin anda gunakan.

Karena, ada kemungkinan antivirus melakukan hal tersebut untuk mengantisipasi masuknya sesuatu yang jahat apabila anda akan terkoneksi ke sebuah jaringan wifi publik(wifi umum).

Jika masalah HP Tidak Bisa Connect Wifi yang satu ini terjadi pada jaringan wifi milik anda sendiri. Disarankan untuk anda menonaktifkan terlebih dahulu antivirus di HP anda tersebut.

Baca juga : 4 Cara Menghapus Chromium Terbaru Dijamin Ampuh !

6. Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi dengan Aplikasi Wifi Fixer

Sebelumnya admin sudah memberitahukan cara mengatasi HP Tidak Bisa Terhubung ke Wifi dengan cara manual. Nah untuk tips nomor 6 ini.

Admin akan memberitahukan cara yang otomatis, artinya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi anda harus menginstall aplikasi yang bernama Wifi Fixer.

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memperbaiki apabila terjadi error dengan wifi di perangkat android anda. Dimulai dari mempercepat koneksi wifi, melakukan analisa pada jaringan wifi, serta memperkuat sinyal wifi.

Tidak ada salahnya anda untuk mencoba aplikasi ini. Barangkali setelah menggunakan aplikasi ini error di HP anda dapat teratasi.

Sebaiknya juga untuk anda mendownload aplikasi ini dari tempat resmi seperti di PlayStore. Hal ini berguna untuk menjaga smartphone anda dari aplikasi yang mencurigakan.

7. Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi dengan Install Ulang HP

Cara yang ke 7 ini cukup bisa dibilang barbar, dan mungkin bisa merogoh uang di saku anda apabila anda menyuruh orang untuk mengerjakannya.

Apabila berbagai cara telah anda lakukan. Namun, error di HP anda terkait jaringan wifi masih belum teratasi. Maka anda bisa mencoba cara ke 7 ini.

Yaitu, dengan melakukan install ulang pada smartphone anda. Jadi, nantinya HP anda akan dibuat menjadi seperti setelah bawaan pabriknya.

Jika anda ingin melakukan cara yang ke 7 ini. Jangan lupa untuk anda melakukan backup pada data-data penting di HP anda tersebut.

Karena, nantinya data di HP anda akan dihapus secara menyeluruh. Jadi, hati-hati dan jangan lupa untuk melakukan backup apabila terdapat data-data penting di smartphone milik anda.

8. Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi dengan Kembali ke Setelan Pabrik

Seandainya anda tidak ingin melakukan tips HP Tidak Bisa Connect Wifi yang dijelaskan pada nomor 7 di atas. Misalnya karena anda malas melakukan backup, ataupun karena memang anda malas tidak mau berusaha, hihi becanda.

Pada tips ke 8 ini. Anda tidak harus melakukan backup juga sebenarnya tidak masalah. Karena, anda hanya perlu melakukan setelan ulang HP anda saja agar kembali ke setelan pabrik.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu masuk ke pengaturan lalu cari pengaturan reset pabrik untuk HP anda.

Langkah ke 8 ini mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi HP Tidak Bisa Terhubung ke Wifi pada smartphone milik anda.

9. Video Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi

Penutup

Sekian artikel Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Connect Wifi dari admin kali ini. Semoga tips-tips yang admin beritahu di atas dapat membantu mengatasi error pada HP milik anda.

Terima kasih sudah berkunjung.

0