Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca
Knowledge, Internet, Komputer, Tutorial

4 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca di Windows

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca – Hardisk sudah banyak sekali digunakan sejak zaman dulu. Mulai dari sejarah hardisk yang berukuran sangat besar hingga sampai saat ini hardisk berukuran cukup kecil.

Tahukah anda apa pengertian hardisk yang sebenarnya? Yuk kita ketahui terlebih dahulu definisi tentang hardisk.

Apakah Hardisk Itu ?

Hardisk merupakan sebuah media perangkat keras yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan file di suatu komputer ataupun laptop. Apa bedanya hardisk internal dan hardisk eksternal?.

Untuk hardsik eksternal dan hardisk internal dari sisi fungsinya sama saja, yaitu untuk menyimpan file-file digital di suatu komputer. Hardisk sendiri pada zaman sekarang telah mengalami perubahan yang cukup baik.

Munculnya hardisk versi SSD pada masa kini memang sangat menggiurkan sekali untuk para pemilik Komputer. Namun, hardisk biasa masih sangat banyak digunakan oleh orang-orang disebabkan beberapa kelebihannya.

Hardisk eksternal memiliki kelebihan dari jumlah kapasitasnya yang relatif jauh lebih besar dari hardisk SSD. Serta harga hardisk eksternalpun cenderung lebih murah.

Disetiap adanya kelebihan tentu ada juga yang namanya kekurangan, namanya juga buatan manusia betul bukan?. Kekurangan pada hardisk eksternal yaitu biasanya terjadi masalah salah satunya hardisk tersebut tidak dapat dibaca.

Kali ini admin akan memberitahukan kepada anda beberapa masalah yang biasanya terjadi pada hardisk eksternal yang tidak dapat terbaca serta upaya mengatasinya, Good Luck !!!.

Cara Terbaru Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

1. Masalah Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Karena Masalah Pada Driver

Untuk anda yang sudah mencoba menghubungkan hardisk eksternal anda dengan PC namun tidak terbaca. Mungkin saja masalah itu terjadi karena driver yang anda install tidak mendukung di sistem operasi windows anda.

Beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, lihat di bawah ini:

  1. Silahkan klik kanan pada “My Computer“, dan anda pilih menu “Device Manager“.
  2. Apabila anda tidak menjumpai menu tersebut. Anda bisa langsung mengetikannya di pencarian windows dengan kata “Device Manager“.
  3. Selanjutnya, silahkan anda lihat apakah terdapat tanda seru di perangkat ataupun device yang terhubung dengan komputer anda.
  4. Jika ada, kemungkinan terdapat error atau ada yang salah pada driver tersebut.
  5. Silahkan anda segera menguninstall driver tersebut dari komputer anda.
  6. Lalu anda cabut hardisk eksternal anda, dan kemudian colokkan kembali ke komputer anda agar dapat menginstall driver yang baru.

2. Lakukan Management Ulang Pada Disk Management

Tips no 2 untuk mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca yaitu dengan memasuki menu Disk Management di komputer anda.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kembali menuju kolom search di menu start windows anda, dan ketikkan “Disk” lalu pilih “Create and format hard disk partitions”.
  2. Bisa juga anda langsung memasuki menu tersebut dengan mengklik tombol “Windows + R” pada keyboard komputer anda.
  3. Setelah muncul kolom “Run” Lalu ketikkan “Diskmgmt.msc”.
  4. Jika, anda sudah memasuki pengaturan “Disk Management”, silahkan anda melakukan format ulang pada hardisk eksternal anda.
  5. Perlu anda ketahui bahwa dengan melakukan format ulang. Maka, data di hardisk eksternal anda akan terhapus semuanya.

Setelah anda melakukan format, biasanyasih hardisk eksternal akan kembali menjadi normal dan dapat terdeteksi kembali di PC anda.

3. Masalah Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Karena Kabel USB Rusak

Tips no 3 untuk mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca kali ini bisa saja disebabkan dari kabel USB yang digunakan telah rusak.

Jadi untuk anda sebelum mencoba tips yang lain. Sebaiknya agar anda mengecek terlebih dahulu apakah kabel USB yang anda gunakan berfungsi dengan baik atau tidak.

Sebaiknya juga untuk anda memiliki beberapa kabel cadangan. Hal tersebut agar anda dapat mencoba berbagai kabel. Karena, siapa tahu kabel yang anda gunakan ada yang rusak.

Untuk mencari tahu hal itu, tentu saja anda harus memiliki kabel cadangan yang lain.

4. Hardisk Eksternal Tidak Terbaca Disebabkan Masalah Pada Letter Hardisk

Mungkin ada beberapa kasus yang anda alami disebabkan oleh masalah pada kasus seperti yang dibahas di no 4 ini. Anda diharuskan untuk mengecek apakah haridsk anda yang sudah tersambung apakah sudah memiliki letter atau belum di komputer anda.

Untuk anda apabila belum paham, yang dimaksudkan dengan letter yaitu seperti C:, atau D:, dan contoh letter lainnya. Masalah pada letter ini mungkin saja dapat membuat hardisk eksternal anda tidak dapat terbaca.

Mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu untuk memberikan tambahan letter pada hardisk eksternal yang telah tersambung di komputer anda.

Langkah-langkah untuk membuat letter pada hardisk ialah sebagai berikut:

  1. Silahkan anda buka kembali menu “Disk Management“. Anda bisa lihat tutorial membukanya pada pembahasan nomor 2 di atas.
  2. Lalu anda klik kanan pada disk mana yang ingin anda ganti letter-nya.
  3. Kemudian, anda klik “Change Drive Letter and Path“.
  4. Selanjutnya, anda klik “Add” atau “Change” untuk melakukan perubahan pada letter drivenya.
  5. Apabila sudah anda coba, silahkan anda ikuti instruksi selanjutnya sampai selesai.

Penutup Artikel “Hardisk Eksternal Tidak Terbaca”

Semoga artikel Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca di Windows ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Terima kasih sudah berkunjung.

0