Fungsi Gambar Thumbnail dan Featured Image Postingan Blog

641
13

Fungsi Gambar Postingan

Yang ini sepertinya umum banget ya, tak dan Aorlin rasa juga tak banyak hal yang perlu dijelaskan. Merupakan dasar dari Thumbnail dan Featured Image yang akan kita bahas nanti.

Seperti yang kita ketahui bersama, gambar postingan berfungsi sebagai penyempurna konten. Saking sempurnanya terkadang malah digunakan sebagai konten utama pada suatu postingan blog.

Sangat mungkin untuk lebih penting daripada artikelnya sendiri. Suatu artikel pun tak akan berkualitas tanpa disematkan gambar-gambar pendukung.

Di sisi mitos SEO, gambar dalam postingan juga memberikan kontribusi yang cukup signifikan. Lihat saja capture Aorlin diatas, meski persentase kliknya sangat rendah.

Tapi dengan 2 ribu 2 ratus lebih tayangan tersebut menandakan gambar-gambar dalam postingan blog Aorlin cukup populer di Google Search Image.

Fungsi Gambar Thumbnail

Yap gambar thumbnail ini berfungsi untuk meng-identifikasi sebuah postingan blog. Perannya cukup vital, dapat mempengaruhi seseorang akan mengklik atau menghindari suatu tautan.

Antara Gambar Thumbnail dan Featured Image Postingan

Bekerja dipanggung utama, gambar Thumbnail ada di baris terdepan dalam prosesi marketing. Ketika di blog nya pun dia tampil dihalaman home, arsip dan pencarian.

Sedangkan diluar kandang, thumbnail akan tampil di timeline facebook, twitter, google plus dan dimana saja url postingannya ditautkan. Keren yah 😉

Fungsi Featured Image di Postingan

Nah featured image ini merupakan yang paling spesial. Sebagai joker dia dapat difungsikan sebagai dirinya sendiri atapun thumbnail dan gambar postingan biasa.

Awalnya fitur ini populer di platform WordPress, tapi sekarang para pengembang template blogger juga sudah menggunakan fitur ini.

Terutama template-template blogspot yang berbasis AMP, featured image jadi penting dan mempermudah centang hijau pada Google AMP Validator.

Houkeh, sekian penjelasan singkat antara perbedaan Fungsi Gambar post, Gambar Thumbnail dan Featured Image dalam postingan blog.

Oya guys, kalau ada waktu coba deh cek statistik di kinerja search console google nya.

Apakah kita punya nasib yang sama? wkwkwk

13 KOMENTAR

  1. Gambar thumbnail itu penting, dan sekaligus sebagai pelengkap dari artikel. Bahkan dengan gamar, pengujung bisa tahu sebelum membaca artikel tersebut. blog saya tentang photo, hampir semuanya menggunakan thumbnail.

    Dan lika-liku sebagai blogger photo, untuk satu artikel misalnya, saya punya puluhan bahkan ratusan stock photo, Dan yang termuat hanya maksimal rata-rata lima buah. Sisany saya buang ke google guard.

    Dan saya senang, photo saya digunakan orang banyak, portal kelas atas, bahkan yang portal daerah. belum lagi blogger-blogger juga ada yang menggunakan photo saya.
    Senang, ternyata blog saya bisa bermanfaat untuk orang lain. Kalau di google guard, sudah mencapai jutaan, terakhir saya lihat 3 jt yang nonton photo saya.

  2. Oh iya ya, lupa aku.
    Terimakasih atas tambahannya bre, bener banget kalo Thumbnail juga berfungsi mempercantik widget di halaman blog.

    sukses selalu…
    😉