Fenomena Copy Paste, Meragukan Efisiensi Algoritma SERP

172
14

Fenomena Copy Paste, yak menarik sekali dan tak pernah ada habisnya ini. Beberapa hari terakhir Aorlin penasaran banget dengan Algoritma SERP Google.

Jadi namanya penasaran kan sah-sah saja jika kita kulik dan cari tahu lebih lanjut. Beberapa referensi saya pelajari disini Serp Algorithm Change dan disini Google Algorithm Update.

Herannya, dari sana saya masih tak paham jugak, wkwkwk. Lho kenapa sih kok tiba-tiba getol banget pengen tahu tentang ilmu dasar SERP?

Jadi begini ceritanya…

Fenomena Copy Paste Pada SERP Google

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan sesuatu yang iseng lagi nih, ya iseng banget sih wkwkwk. Ketika sedang melakukan rutinitas Blogwalking Berkualitas, penasaran dengan banner VivaLog berwarna pink di sidebar Blog sobat kita Penghuni 60 guys.

Yah berhubung keponya lagi maksimal nih, segera saja saya klik dan ikuti apa maunya. Dan ternyata setelah beberapa jam gitu artikel yang saya submit mulai tampil dan menghasilkan trafik yang lumayan daripada sekedar iseng-iseng berhadiah. wkwkwk

Okelah semuanya wajar saja, namun ada yang menarik nih, setelah diperhatikan ada satu sumber trafik yang saya tak kenal. Oh ternyata artikel tersebut juga dilahap oleh salah satu blog copas yang belum tersohor guys.

Well setidaknya dia masih kasih satu link sumber nofollow, jadi udah-udah biarin aja. Ambil positifnya itu berarti dia suka tulisan Aorlin.

Dan yang membuat saya kaget adalah….

Fenomena Copy Paste
Blog Copas Selalu Jadi Pemenang

Meragukan Efisiensi Algoritma Pencarian Google

Waduuuh ini si embah gimana sih, masa yang gitu-gitu aja ga bisa belain, wkwkwk. Oke-oke kita ambil positifnya saja mungkin itu karena blognya teroptimasi SEO dengan baik.

Berbeda dengan blog Aorlin yang hampir tak ada SEO nya. Jadi… yang mengganggu pikiran saya disini adalah tentang efesiensi pembaruan algoritma SERP google guys.

Artinya pada kasus ini, dan sekali lagi kejadian dimana saya menyalahkan Google yang tak becus dengan algoritma nya. Sangat jelas itu blog baru yang minim konten berkualitas.

Kok bisa-bisanya nangkring aja diposisi top one, bahkan mengalahkan Viva dan Kompas. Lagi-lagi saya pertanyakan apa yang dilakukan oleh para pengembang Google yang “Katanya” serba nganu itu??

Entahlah, setidaknya mereka menikmati gaji karyawan diatas rata-rata, selamat ya… wkwkwk. Lantas apakah semua itu layak?

Dengan demikian saya berasumsi bahwa Google sendirilah yang mendorong dan membiakkan prilaku Copy Paste di dunia Internet. Kenapa?

Wajar sih, dari sudut pandang mereka semakin banyak artikel ya semakin mempermudah dan mempercepat proses pencarian. Lagipula pengguna internet secara umum kan ga peduli kok itu mau copas mau ori, yang penting pencariannya cucok.

Punya pengalaman serupa? Yuk cerita-cerita guys…

Well, biarkanlah semua berjalan seperti itu maunya. Karena masih terlalu banyak hal yang belum kita tulis. Tetap dijalur yang positif, tetap semangat dan terus berkarya.

Sekian cerita dan opini Arolin terkait Fenomena Copy Paste yang selalu jadi pemenang di SERP Google. Semoga bermanfaat dan See Ya!

14 KOMENTAR

  1. Saya pernah mengalami hal serupa kak. Dan hal tersebut membuat saya sempat berfikir mungkin inilah kekuatan daei DA dan PA yang menyebabkan si copaser tersebut bisa di page one. Karena lebih terlihat terpercaya dan relevan di mata mesin telusur…

    Karena kalau dilogika nggak mungkin juga kan karyawan gugel bisa ngecheck orisinalitas suatu artikel satu persatu..

    Artikel ini menjadi perbincangan menarik untuk dibahas hehehe

  2. ini yg membuat saya malas buat artikel,,,sudah capek2 mikirnya eeehhh malah dicopas juga,,,,mana page one lagi….nyampling

  3. kalo saya mah udah sering kena copas, bahkan agc.. langsung tak laporin dmca biar kena takedown.. kalo di terima alhamdulillah, kalo nggak ya ikhlasin aja 😂😂
    itu biasa kok di dunia blogger.. abaikan aja mbak yg penting konsisten nulis aja lah 😁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here