Cara Mudah Membuat WPMU Dan Tambah Situs Multisite

309
3
Cara Mudah Membuat Wpmu
Cara Mudah Membuat Wpmu

Cara Membuat WPMU – Setelah membahas tentang Kelebihan WMPU dan Kekurangannya kemarin, kali ini kita akan coba bagaimana cara membuat WPMU. Dan sekalian juga kita coba menambahkan situs atau blog pada WordPress multisite yang akan kita buat nanti.

Sip sebetulnya tadi saya sempat menghabiskan waktu cukup banyak karena mencoba menambahkan blog dengan addon domain. Sayangnya saya belum berhasil dan selalu gagal karena minimnya tutorial yang beredar.

Khusus kasus itu, seperti yang saya asumsikan pada postingan sebelumnya, mungkin hal itu akan mudah kita lakukan jika melalui layanan premium pihak ketiga semacam WPMU Dev dan semacamnya.

Tapi nantilah saya akan coba-coba lagi, dan untuk saat ini mari kita coba saja dulu cara membuat WPMU dan menambahkan blog subdomain atau subdirektori. Nah caranya sih nyaris sama saja, jadi disini saya kita contohkan bagaimana cara membuat blog WPMU versi subdomain saja yah.

Cara Mudah Membuat WPMU WordPress Multisite

Sebelum memulai, tentunya ada beberapa syarat yang harus kita persiapkan, minimum wajib banget nih. Karena disini kita akan coba cara mudah membuat WPMU, maka inilah yang harus kita siapkan:

  1. Domain Full Control
  2. Hosting Cpanel yang mendukung fitur SSL, Alias Domain dan Softaculous Auto Installer

Sip pada dasarnya hanya itu ya, selanjutnya kita asumsikan semua itu sudah tersedia dan sudah terhubung hingga siap operasi. Dan kita persingkat saja oke, karena semuanya sudah siap maka lanjut saja kita login ke Cpanelnya.

Lalu hubungkan terlebih dahulu domain kita ke SSL nya, ini agar lebih mempermudah kita nantinya. Disini saya gunakan versi freemium yang sudah include sama hosting, jadi gini nih tampilannya:

Cara Aktifkan Ssl Dari Cpanel
Cara Aktifkan Ssl Dari Cpanel

Kita tunggu beberapa saat sampai icon gembok itu berwarna hijau. Nah setelahnya langsung saja kita ke proses instal WordPress Multise atau WPMU nya. Biar mudah tentu kita gunakan saja fitur Softaculous yang sudah tersedia tadi.

Selebihnya sih biasa-biasa saja, disini hanya jangan sampai lupa mencontreng opsi untuk “Enable Multisite (WPMU)“nya. Selanjutnya seperti biasa buat akun admin, password login, email dan sebagainya.

Cara Mudah Membuat Wpmu Dari Softaculous Cpanel
Cara Mudah Membuat Wpmu Dari Softaculous Cpanel

Okeh sampai disini kita sudah berhasil membuat WPMU, maka selanjutnya kita akan mempraktekkan bagaimana cara menambahkan situs atau blog dalam WordPress Multisite tadi.

Cara Tambah Situs di WPMU

Sip, tadi diatas kan salah satu syaratnya Cpanel kita bisa menambahkan alias domain, nah sekarang lah kita akan menggunakannya. Setelah blog utama WPMU kita tadi sudah jadi, yak silakan saja instal dan set theme atau plugin andalan yang akan kita gunakan.

Jika semua dirasa sudah ok lanjut kita menambahkan situs nya yah. Dari dasbor blog WP utama tadi, kita beralih ke “Dasbor Admin Jaringan“. Ambil script yang disediakan, lalu tambahkan ke dalam file wp-config.php dan .htaccess dari File Manager Cpanel kita.

Cara Atur Pengadaan Jaringan Wpmu
Cara Atur Pengadaan Jaringan Wpmu

Pada halaman tersebut sudah ada arahan atau panduannya, jadi tak perlu kita perjelas lagi dan tinggal ikuti saja yah. Hmmm setelah itu semua selesai, maka jangan beranjak dulu dari Cpanel guys.

Lanjut kita tambahkan terlebih dahulu satu Alias Domain yang akan menjadi subdomain blog baru nantinya. Jika Aorlin.com adalah blog utama WPMU, maka disini saya tambahkan alias domain teswpmu.aorlin.com untuk blog kedua.

Cara Membuat Alias Domain Di Cpanel
Cara Membuat Alias Domain Di Cpanel

Well, setelah itu sebaiknya hubungkan dulu alias domain dkk tersebut dengan SSL seperti langkah sebelumnya. Dan jika semua sudah tekoneksi maka tinggalkanlah halaman cpanel, dan kembali lagi ke halaman dasbor admin jaringan WPMU tadi.

Klik tab “Situs” pada sidebar kiri dan tambah baru situs. Pada halaman tersebut hanya ada 3 kolom yang mesti kita isi, kolompertama isi saja dengan alias domain yang kita buat tadi. Lalu kolom kedua dan ketiga silakan isi sesukanya saja, wkwkwk.

Cara Membuat Wpmu WordPress Multisite
Cara Membuat Wpmu WordPress Multisite

Dan jaaadi deh, sekarang kita sudah memiliki 2 blog WordPress, tepatnya satu blog utama WPMU dan 1 blog terserah. Jikapun ingin membuat beberapa blog lain lagi tinggal ulangi saja cara-cara diatas. Langsung ke pembuatan alias domain saja ya, karena wp-config dan .htaccess nya tadi sudah terseting kan.

Nah mudah sekali bukan?, oya kalau kita mau membuat blog dengan subdirektori malah lebih mudah lagi, karena tak perlu menambahkan alias domain segala, tinggal ubah saja value pada script yang ditambahkan ke file wp-config tadi menjadi “false”.

define(‘SUBDOMAIN_INSTALL’, true); menjadi:
define(‘SUBDOMAIN_INSTALL’, false);

Setelah itu tinggal tambahkan situs saja melalui dasbor admin jaringan WPMU tadi. Sip seperti nya selesai sampai disini yah, next time kita akan bahas bagaimana caranya menambahkan situs WPMU dengan addon domain berbeda.

Sekian artikel Cara Mudah Membuat WPMU serta bagaimana cara tambah situs Multisite versi Aorlin.com. Jika ada salah dan kurang-kurang silahkan dikoreksi agar dapat kita perbaiki, semoga bermanfaat dan see ya! 😉

3 KOMENTAR

  1. wah, keren nih infonya, tapi wordpres, saya mah blogspot,..ha-ha,..tapi nanti kalau udah apkai wordpres lagi bisalah di coba caranya,..ha-ha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here