Cara Mudah Amankan Flashdisk Dari Virus Tanpa Menggunakan Antivirus

117
4
Cara Amankan Flashdisk Dari Virus
Aorlin.com – Cara Mudah Amankan Flashdisk Dari Virus Tanpa Menggunakan Antivirus –  Untuk kamu para pemakai perangkat laptop atau komputer, tentu audah tidak asing lagi dengan virus. Virus di dalam komputer biasanya berupa sekumpulan skrip yang berjenis executable (.exe), skrip web (html, php), file inf, dan lain sebagainya.
Sama halnya dengan dunia kesehatan, virus di dalam komputer ini juga dapat berkembang biak dan secara otomatis memperbanyak diri lewat file-file yang terinfeksi. Tidak hanya komputer saja, terkadang perangkat lain di luar komputer, misalnya flashdisk yang biasa kita pakai untuk transfer file dari satu komputer ke komputer lain juga sangat gampang terinfeksi virus. 

Cara Mudah Amankan Flashdisk Dari Virus Tanpa Menggunakan Antivirus

Flashdisk dapat terinfeksi virus saat ia tersambung pada perangkat komputer yang di dalamnya ada virus. Ketika sedang dalam proses transfer file, virus akan ikut serta, sehingga membuat perangkat ini bermasalah. 
Tanpa Menggunakan Antivirus
Masalah ini dapat kita kenali dengan adanya file yang tak terdeteksi atau file mendadak tak dapat dibuka. Oleh karena itu, kamu harus lebih hati-hati dan jangan sembarangan mengoneksikan perangkat ini pada komputer terlebih bila komputernya banyak terdeteksi virus dan tak ada anti virusnya. 
Nah, bagaimana bila perangkat ini sudah terlanjur terinfeksi, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasinya, antara lain sebagai berikut. 

Amankan Virus Flashdisk Dengan Command Prompt 

Command prompt atau CMD adalah perangkat lunak bawaan windows. Dengan perangkat ini, kamu dapat mengatasi virus yang tersembunyi di dalam file berekstensi .exe atau. lnk. Sebelum nya kamu harus membuka software CMD dengan membuka menu Start > Accessories > Command Prompt. Jangan lupa untuk mengoneksikan flashdisk yang terinfeksi virus. 
Berikut caranya: 
  • Setelah membuka jendela CMD, balikan kembali path ke root drive. Caranya, kamu dapat mengetikkan perintah “cd/” (tanpa tanda kutip), kemudian enter.
  • Setelah path sudah dalam keadaan root drive, ketikan lah drive yang akan dicek disertai oleh tanda titik dua, seperti drive D:, E: atau G:. Lalu ketik “attrib”, kemudian enter. Setelah itu akan muncul daftar file-file yang ada di drive dengan atribut-atributnya.
  • Selanjutnya ketik “dir/a:hs”, untuk melihat atribut “hidden” dan “sistem” yang umumnya dipakai oleh virus untuk menyembunyikan dirinya. Lihatlah daftar yang tampil dan cek file bernama autorun.inf, kamu dapat menghapusnya dengan mengetikkan perintah “attrib –h –s autorun.inf”. 
Kamu dapat menghapus file tersebut dengan mengetikkan perintah “del autorun.inf” atau “del *.Ink” dan “del *.exe”, pastikan terlebih dahulu jika drive flashdisk tidak di lock. Bila belum juga berhasil, kamu dapat menghapusnya lewat Windows Explorer, tetapi jangan membuka filenya, karena akan membuat virus tersebut menyebar nantinya. 
Setelah seluruh file virus tersebut terhapus, kamu dapat memunculkan file dan folder yang disembunyikan oleh virus dengan cara mengetikkan “dir /a:hs”, kemudian akan tampil nama file, lalu ketik “attrib –h –s nama file”. Lakukanlah berulang untuk seluruh nama file yang ada. Setelah itu ketikan “attrib –h /S /D” dan tunggu prosesnya sampai beres. 
Langkah terakhir kamu dapat mengecek dan memastikan kalau tidak ada lagi file yang statusnya hidden dengan mengetikkan perintah “dir /a:hs”. Bila hasilnya kosong, berarti kamu telah berhasil. Restart ulang komputer dan periksa folder flashdisk kamu kembali. 
Sekian Cara Mudah Amankan Flashdisk dari Virus yang berdasarkan pengalaman Aorlin. Kalopun sobat-sobat ada tips terbaru lainnya bisa share juga di kolom komentar dibawah ini ya. Semoga bermanfaat!

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here