Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan lama

71
3
Ilustrasi Cara Merawat Baterai Smarthphone Agar Awet Dan Tahan Lama
Ilustrasi Cara Merawat Baterai Smarthphone Agar Awet Dan Tahan Lama

Baterai adalah salah satu komponen penting pada sebuah smartphone. Baterai berfungsi sebagai sumber daya agar setiap komponen pada smartphone bisa bekerja dengan baik. Masalah yang sering timbul pada baterai adalah kebocoran, yang menyebabkan performa baterai tidak optimal.

Karena itu, merawat baterai agar tetap awet merupakan suatu keharusan. Tujuanya, untuk memperpanjang masa pakai baterai, dan meminimalisir resiko kebocoran pada baterai. Berikut adalah Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan tahan lama.

Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan lama

Sebelum membahas lebih lanjut membahas Cara Merawat Baterai Smartphone, terlebih dahulu kita harus mengenali jenis baterai yang sering dipakai pada smartphone android.

Li-Ion (Lithium Ion), merupakan salah satu jenis baterai paling populer. Di dalam baterai ini, ada unsur litium yang bergerak dari elektroda positif ke negatif saat dilepas.

Li-Po (Lithium Ion Poly), hampir sama dengan baterai li-ion. Bedanya, baterai ini menggunakan elektrolit polimer.

Saat ini, kedua jenis baterai tersebut paling umum ditemui pada smartphone.

1. Jangan Tunggu Baterai 0%

Saat sedang asyik menggunakan smartphone, kebanyakan dari kita akan cenderung lupa mencharge baterai meskipun telah muncul notifikasi bahwa baterai butuh diisi. Baru pada saat baterai 0% dan smartphone mati, kita sibuk mencari charger.
Untuk baterai berjenis lithium ion (Li-Ion), hal ini bisa berdampak buruk dan mengurangi masa pakai baterai itu sendiri. Ini dikarenakan, saat dalam kondisi lemah, akan ada sel-sel pada baterai yang rusak dan kehilangan kemampuanya untuk menyimpan daya.

Karena itu, pastikan untuk mengisi baterai saat muncul peringatan.

2. Hindari Mengisi Baterai Semalaman

Sebenarnya, mengisi baterai semalaman masih menjadi perdebatan. Apakah berpengaruh pada baterai atau tidak. Tetapi, untuk meminimalisir resiko kerusakan pada baterai, disarankan untuk tidak mencharge smartphone semalaman.

Hal ini dikarenakan, saat baterai smartphone telah dalam kondisi penuh tetapi charger belum dicabut, maka arus listrik akan terus masuk walaupun dengan intestitas yang kecil.
Dilansir dari beberapa sumber, mengisi daya baterai semalaman juga bisa menjadi penyebab meledaknya smartphone.

3. Kurangi Penggunaan Powerbank

Powerbank merupakan solusi terbaik ketika kita kehabisan baterai ditempat yang tidak tersedia colokan listrik. Tetapi, Powerbank tetap tidak disarankan untuk digunakan secara terus menerus. Meskipun saat ini beberapa Powerbank telah dilengkapi fitur untuk mengontrol daya, tetapi penggunaan berkelanjutan tetap tidak disarankan. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada baterai smartphone anda.

Maka dari itu, gunakan Powerbank hanya untuk keadaan darurat saja, atau saat anda bepergian ke tempat yang tidak terjangkau aliran listrik.

4. Hindari Mode Getar

Dikutip dari Jalantikus.com, mode getar di smartphone bisa memicu kerusakan pada baterai. Mode getar membutuhkan daya yang cukup besar sekaligus memaksa baterai bekerja lebih keras. Dalam jangka panjang, hal ini bisa mempersingkat umur baterai itu sendiri.

5. Isi Baterai Secara Perlahan

Aturan ini berlaku bagi smartphone yang menggunakan baterai bertipe Lithium Ion. Pada baterai Li-Ion, mengisi baterai sedikit-sedikit secara perlahan lebih baik daripada langsung mengisi secara penuh.

Cobalah untuk mencharge baterai smartphone dari 20% ke 40%, dari 40% ke 80%, dan seterusnya.

6. Hindari Panas Berlebih

Panas yang dimaksud bisa berasal dari dalam maupun luar smartphone. Panas dari dalam biasanya terjadi karena smartphone dipaksa bekerja ekstra, seperti menjalankan game berat, atau aktivitas lainya. Panas berlebih atau overheat bisa menyebabkan kerusakan pada baterai smartphone.

Hindari juga panas dari luar, seperti terkena paparan sinar matahari secara langsung. Karena hal ini bisa memicu baterai kembung.

Demikian postingan mengenai Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tahan lama, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

 

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here