Cara Menyimpan Aplikasi dan File di Google Drive
Android, Komputer, Tutorial

2 Cara Menyimpan Aplikasi dan File di Google Drive

Cara Menyimpan Aplikasi dan File di Google Drive – Halo Sobat Aorlin, kali ini Aorlin akan memberitahukan kepada kalian semua bagaimana cara menyimpan aplikasi ataupun file di penyimpanan google drive milik kalian.

Sebagai pengguna Android yang aktif, sudah dipastikan kamu tentu memiliki banyak aplikasi yang sudah terinstal di smartphone milik kamu. Kamu tentu tidak inginkan, apabila aplikasi-aplikasi kesayangan kamu tersebut hilang begitu saja.

Hal tersebut bisa saja terjadi, apabila handphone milik kamu tiba-tiba mengalami error atau kerusakan. Sehingga, membuat handphone kamu harus segera melakukan upaya reset pabrik.

Jika, handphonemu akan direset pabrik. Pasti semua data yang ada pada smartphone milik kamu akan segera hilang semuanya.

Kamu tidak inginkan aplikasi yang sudah cocok sekali versinya dengan smarthphone milik kamu tiba-tiba tidak dapat kamu gunakan kembali.

Bisa saja kamu mendownload ulang aplikasi kesukaanmu di Google Play Store. Namun jika ada update terbaru, dan update terbaru tersebut kurang kamu sukai mungkin kamu akan ribet untuk versi yang sebelumnya kamu gunakan.

Dengan melakukan backup pada aplikasi milik kamu di Google Drive, sehingga dapat lebih memudahkan kamu dalam menginstall aplikasi dengan versi yang sama seperti saat kamu menggunakannya sebelumnya.

Perlu kamu ketahui juga, Google Drive sendiri merupakan aplikasi yang diluncurkan pada tanggal 24 April 2012.

Yuk langsung saja kita menuju ke tutorialnya, simak baik-baik ya Sobat Aorlin.

Cara Menggunakan Google Drive Untuk Backup File

A. Cara Backup Aplikasi di Google Drive

1. Backup Aplikasi Menggunakan App Backup & Restore

Cara Backup Aplikasi di Google Drive

Kamu sepertinya perlu menggunakan aplikasi bernama App Backup & Restore. Dengan aplikasi tersebut dapat membantu kamu untuk melakukan backup aplikasi kesayangan kamu.

Kamu juga dapat melakukan backup data mentahan apk dari aplikasi yang telah kamu install. Jadi, kamu tidak akan kehilangan versi dari aplikasi yang kamu gunakan saat ini.

Untuk lokasi penyimpanannya, kamu dapat melakukan penyimpanan melalui pilihan SD Card(Kartu SD) ataupun melalui Google Drive. Aorlin menyarankan untuk kamu melakukan backup pada keduanya.

Sebab, jika terjadi sesuatu hal yang tidak kamu inginkan seperti tiba-tiba terjadi kerusakan pada Kartu SD milik kamu. Maka, kamu masih memiliki cadangan backup pada penyimpanan Google Drive milik kamu.

Cara untuk melakukan backupnya, sebagai berikut:

1. Pada tampilan awal aplikasi App Backup & Restore, silahkan kamu pilih menu ‘Google Drive’, lalu silahkan klik ‘Add Account/Tambahkan Akun’.

2. Silahkan kamu masukkan akun google milik kamu. Saat kamu menambahkan akun, akan ada beberapa perizinan yang harus kamu setujui agar aplikasi dapat berjalan semestinya maka kamu klik ‘Izinkan’.

3. Setelah akun kamu terhubung dengan aplikasi, silahkan kamu tutup dan keluar dari aplikasi lalu buka kembali.

4. Kemudian, kamu buka kembali aplikasi App Backup & Restore. Kamu pilih aplikasi mana yang akan kamu backup, lalu centang kolom kotak yang ada di bagian sisi kanan aplikasi, lalu sentuh tombol ‘Google Drive’, selesai deh backupnya.

Nah nantinya setelah kamu melakukan backup, kamu bisa cek folder dari aplikasi App Backup & Restore di akun Google Drive milik kamu. Biasanya foldernya bernama ‘App_Backup_Restore’. Lalu cari folder ‘APK’.

Nah kamu tinggal pilih deh aplikasi mana yang ingin kamu install kembali. Mudah bukan cara restore dan install ulang aplikasinya?!.

Kamu bisa download aplikasi App Backup & Restore di SINI

Baca juga : 4 Cara Aktivasi Microsoft Office 2016 Permanen Tanpa atau Dengan Aplikasi

B. Cara Menyimpan File PDF di Google Drive Android

Sebenarnya jika kamu ingin melakukan backup atau mengamankan file PDF milik kamu di aplikasi Google Drive sangatlah mudah. Sama seperti melakukan backup aplikasi.

Namun, untuk file kamu bisa melakukannya secara manual tapi tetap mudah. Kamu tinggal membuka saja aplikasi Google Drive yang kamu miliki.

Kamu pilih akun mana yang akan kamu gunakan untuk menyimpan file-file milik kamu, dengan cara kamu pilih pada bagian akun, dan pilih akun yang ingin kamu pakai.

Selanjutnya kamu tinggal buat folder, jika kamu memerlukannya. Kemudian, kamu tambahkan file atau upload file PDF yang ingin kamu backup. Selesai semudah itu ternyata.

Sekian tutorial kali ini dari Aorlin ya, semoga dapat membantu kamu semuanya, terima kasih.