Cara Menghapus Chromium
Internet, Knowledge, Tutorial

4 Cara Menghapus Chromium Terbaru Dijamin Ampuh !

Cara Menghapus Chromium – Mungkin anda secara sengaja atau tidak telah menginstall aplikasi Chromium pada komputer milik anda. Lalu anda merasa aplikasi tersebut memperlambat kinerja komputer anda ataupun menggangu aktivitas anda.

Bagi admin sendiri sangat kurang suka apabila aplikasi ini terinstall di komputer milik admin. Tentu admin akan segera menghapus aplikasi ini apabila terinstall di komputer milik admin.

Jika, anda juga ingin menghapus aplikasi Chromium. Maka dari itu pada postingan ini admin akan memberitahukan bagaimana cara menghapus aplikasi Chromium browser dari perangkat laptop atau PC milik anda.

Sebelum itu admin akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai aplikasi chroium kepada anda, agar anda tidak salah paham mengenai aplikasi yang satu ini.

Apa Itu Chromium Browser?

Pada dasarnya Chromium merupakan aplikasi untuk browser yang sama jenisnya seperti google chrome browser, mozilla firefox, dan aplikasi lainnya yang sejenis. Namun, kenapa banyak orang tidak menyukai aplikasi Chromium?.

Sangat disayangkan sekali kebanyakan aplikasi Chromium yang biasanya terinstall tanpa sengaja di perangkat seseorang. Merupakan aplikasi Chromium yang tidak original, dan seringkali mengandung berbagai virus yang tidak baik.

Walau virus Chromium tidak berbahaya. Namun, masih berkemungkinan dapat membuat kinerja perangkat komputer anda menjadi kurang maksimal atau terasa lebih lambat.

Jadi, apabila anda secara ‘tidak sengaja’ menginstal aplikasi ini. Sebaiknya anda segera menguninstal kembali atau menghapus Chromium yang terinstal sendiri itu dari komputer anda.

Bahayanya Chromium Browser yang Terjangkit Virus

Virus bagi komputer tentulah sangat berbahaya. Bagaimana jadinya jika di dalam aplikasi Chromium yang sudah sengaja disisipi virus oleh pihak tidak bertanggung jawab, dan terinstal sendiri di komputer anda? Mengerikan tentunya.

Maka dari itu sebaiknya anda segera menghapus aplikasi Chromium yang tersisipi virus tersebut dari komputer anda. Beberapa kemungkinan di bawah ini yang akan terjadi apabila anda membiarkan Chromium yang berisi virus terdapat di komputer anda.

  1. Terdapat iklan berbahaya dan mengganggu
  2. Anda kemungkinan akan teralihkan saat browser ke website yang tidak diinginkan
  3. Memakan penggunaan CPU pada komputer anda secara berlebihan

Kemungkinan berbahaya lainnya sebenarnya masih banyak, namun admin rasa 3 alasan itu saja sudah membuat anda akan segera menghapus Chromium yang tersisipi virus tersebut dari komputer anda. Yuk simak cara menghapus Chromium di bawah ini.

Cara Menghapus Chromium Terbaru 2021

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan aplikasi Chromium dari perangkat komputer anda. Jadi, apabila salah satu cara tidak berhasil anda dapat mencoba dengan cara yang lainnya.

1. Cara Menghapus Chromium Dengan Fitur Uninstall Windows

Cara Menguninstall Chromium dengan Uninstall Programs

Jika anda mengalami sebuah problem setelah terinstalnya aplikasi Chromium di komputer anda. Anda bisa langsung mencoba cara paling mudah untuk mengahpus Chromium dengan fitur bawaan dari windows sendiri.

Berikut langkah-langkah cara menghapus Chromium dengan uninstall windows :

Langkah Ke-1: Silahkan anda klik ‘Start‘ kemudian anda pilih menu ‘Control Panel

Note: Pada tutorial ini menggunakan sistem operasi windows 10

Langkah Ke-2: Setelah menu Control Panel terbuka anda masuk ke halaman Programs, yaitu Control Panel > Programs > pilih Programs and Features.

Langkah Ke-3: Anda cari aplikasi Chromium tersebut. Lalu, anda klik Uninstall

Langkah Ke-4: Seandainya pop-up saat Uninstall Chromium dengan tulisan ‘Also delete your browsing data?’ silahkan anda centang saja.

Note: Dengan mencentang kolom tersebut anda akan kehilangan data anda pada aplikasi Chromium apabila anda sebelumnya telah menggunakan browser Chromium.

Jika, anda telah menguninstall aplikasi Chromium namun tidak mempan. Maka anda harus mengecek folder Chromium apabila masih ada di komputer anda. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka dahulu Windows Explorer
  • Kedua, lihat bagian menu di atas > klik Tools > lalu Folder Options > dan Aktifkan Show Hidden Folder
  • Ketiga, masuk ke C:\User\Nama User(Nama Komputer Anda)\App Data\Local
  • Keempat, silahkan anda cari folder Chromium
  • Kelima, apabila anda telah menemukannya silahkan anda hapus dengan Klik Kanan/B > Delete/B

Note: Apabila anda mengalami error saat menguninstall aplikasi Chromium, silahkan anda buka Task Manager lalu End Task apabila aplikasi Chromium sedang berjalan. Lalu uninstall kembali aplikasi Chromium.

Baca Juga: Cara Download File di Scribd Tanpa Bayar & Login Gratis 2021

2. Cara Menghapus Chromium yang Tidak Dapat Dihapus

Cara Menghapus Chromium IObit Uninstaller

Cara yang kedua untuk menghapus aplikasi Chromium yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama IObit Uninstaller. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah Ke-1: Silahkan anda buka aplikasi IObit Uninstaller yang telah anda install.

Langkah Ke-2: Selanjutnya anda akan melihat tampilan beranda pada aplikasi IObit Uninstaller. Silahkan anda cari aplikasi Chromium.

Note: Ingat! Anda harus berada pada menu Programs > All programs > Uninstall unnecessary program to free up more space.

Langkah Ke-3: Klik pada aplikasi Chromium. Lalu, anda klik Uninstall.

Langkah Ke-4: Anda akan diberikan pilihan apakah anda ingin membuat restore point/I dan penghapusan residual files/I. Silahkan anda pilih terserah sesuai kebutuhan anda.

Note:

Pengertian Restore point: Aplikasi IObit akan membuat sebuah file/I sistem cadangan sebelum benar-benar menghapus aplikasi Chromium di komputer anda. Jadi, apabila anda mengalami error anda bisa merestorenya kembali.

Pengertian Residual file: Anda diberikan pilihan untuk menghapus data yang tidak terpakai namun sebelumnya terkait ke aplikasi Chromium yang sudah di hapus. Seperti data registry, cache, dan lain lain. Anda bisa juga sekalian menghapus data tersebut.

Baca Juga: Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto Sangat Mudah

3. Cara Menghapus Chromium Dengan Pengaturan Regedit

Seandainya dua cara di atas tidak dapat menghilangkan Chromium dari komputer anda. Anda bisa mencoba menggunakan cara yang ketiga ini.

Langkah Ke-1: Buka Start Menu. Lalu ketik ‘regedit‘ dan tekan ‘Enter‘.

Langkah Ke-2: Pilih ‘HKEY Current User‘ kemudian pilih ‘Software‘.

Langkah Ke-3: Lalu anda scroll ke bawah dan cari folder ‘Chromium‘.

Langkah Ke-4: Anda restart komputer anda, dan lakukan ‘Disk Clean Up’. Selesai.

4. Cara Menghapus Chromium dari Browser Google Chrome

Langkah Ke-1: Buka Google Chrome dan klik ‘Settings‘ kemudian ‘Tools‘ dan ‘Extensions’.

Langkah Ke-2: Berikutnya anda klik plugins/add-ons Chromium dan pilih ‘Trash Icon‘ agar menghilangkan entri ekstensi aplikasi chromium.

Langkah Ke-3: Jika aplikasi Chromium telah merubah tampilan awal browser Chrome anda. Maka buka ‘Settings‘ pilih menu ‘On Startup‘ lalu pilih ‘Open a specific page or set of page‘ dan klik ‘Set page’.

Langkah Ke-4: Anda klik alamat website yang sekiranya mencurigakan bagi anda dengan mengklik tombol ‘X‘.

Langkah Ke-5: Kemudian anda pilih alamat website yang anda inginkan sebagai tampilan awal di browser anda. Misalnya Google, maka anda buka ‘Settings‘ pilih ‘Manage Search Engine‘ pada menu ‘Search‘.

Langkah Ke-6: Lalu anda hapus alamat website yang mencurigakan.

Langkah Ke-7: Selanjutnya anda reset pengaturan browser Google Chrome anda. Dengan cara buka menu ‘Settings‘ lalu pilih ‘Reset Browser Settings‘ dan terakhir klik ‘Reset‘, selesai.

Kesimpulan artikel Cara Menghapus Chromium

Sebenarnya masih ada cara lain untuk menghapus aplikasi Chromium tersebut dari komputer anda. Seperti menggunakan aplikasi penghapus lainnya yang fungsinya mirip dengan IObit, contohnya: Geek Uninstaller, Revo, dan mungkin ada aplikasi lainnya.

Namun, beberapa cara di atas juga memiliki persentase keberhasilan cukup tinggi yang dapat anda coba. Maka silahkan anda mencoba untuk menggunakan cara di atas terlebih dahulu.

Admin tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kehilangan data yang terjadi saat proses atau percobaan cara di atas. So, Tetap berhati-hati dalam melakukan cara di atas.

 

0