Cara Mengatasi Windows Script Host Access id Disabled on This Machine
Tutorial

3 Cara Mengatasi Windows Script Host Access id Disabled di Windows

Cara Mengatasi Windows Script Host Acces Disabled on This Machine di Windows 7, 8, dan 10 – Apabila di laptop atau komputer anda terdapat tulisan demikian. Kemungkinan terdapat error pada laptop atau komputer milik anda.

Error Script Host Acces Is Disabled kemungkinan sering muncul di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Apa Itu Windows Script Host?

WSH ataupun Windows Script Host adalah salah satu script yang merupakan bawaan dari Microsoft. Berguna untuk mengeksekusi sebagian perintah seperti contohnya Java serta VB.

Script ini sendiri seharusnya dapat terus berjalan pada sistem latar belakang komputer atau laptop anda. Hal ini berfungsi agar script ini dapat melakukan otomatisasi sebagian proses yang penting pada perangkat Windows anda.

Sebagai contohnya script ini biasa menangani secara otomatis sistem koneksi pada printer serta jaringan di komputer milik anda.

Apabila script ini dimatikan atau dinonaktifkan, maka tentunya akan muncul pesan seperti contoh ini “Script Host run.vbs” atau bisa juga “Windows Script Host Access is Disabled on This Machine”.

Anda yang berkunjung pada artikel ini mungkin sedang mengalami error dengan tulisan seperti di atas. Maka anda sedang berada pada artikel yang tepat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi atau menghilangkan notifikasi Windows Script Host. Kali ini admin akan memberitahukan kepada kalian beberapa tutorial untuk mengatasi hal tersebut. Disimak ya!!!.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access id Disabled on This Machine

Cara Mengatasi Windows Script Host

1. Cara Mengatasi Windows Script Host Access id Disabled on This Machine dengan Cara System Configuration

Ini merupakan cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi error “Windows Script Host Access id Disabled on This Machine” pada komputer atau laptop milik anda, dengan cara mengatur di bagian System Configuration.

Cara ini cukup mudah sekali untuk anda lakukan. Karena, cara ini tidak mengharuskan anda untuk menggunakan aplikasi ataupun software tambahan untuk mengerjakan cara ini. Inilah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, anda buka menu start > lalu ketikkan “System Configuration” kemudian anda tekan “Enter” pada keyboard anda.
    Cara Mengatasi Script Host dengan System Configuration
  2. Kedua, maka pengaturan “System Configuration” pun akan terbuka. Anda buka bagian tab “General“, lalu anda pilih “Selective startup“, dan anda centang bagian “Load system services” serta “Load startup items“, lalu klik “OK“.
    Cara Mengatasi Script Host dengan System Configuration 2
  3. Ketiga, masih pada pengaturan “System Configuration” anda buka bagian tab “Services“, kemudian klik pada tombol “Disable all“, lalu klik “Hide all Microsoft service“, dan terakhir klik “OK“, selesai.
    Cara Mengatasi Script Host dengan System Configuration 3

Baca juga: 4 Cara Download video di Vidio.com

2. Cara Mengatasi Windows Script Host Access id Disabled on This Machine dengan Fitur Registry Editor

Cara kedua yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah “Windows Script Host Access id Disabled on This Machine” pada komputer anda yaitu dengan menggunakan menu Registry Editor.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, anda buka pengaturan “Registry Editor” pada komputer atau laptop milik anda.
  2. Kedua, anda masuk ke bagian setting dengan mengikuti urutan seperti ini:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings “.
  3. Ketiga, selanjutnya anda klik “Enabled” sampai muncul popup, lalu pada kolom dibawah tulisan “Value data” anda masukkan angka “1“, untuk settingan lainnya biarkan saja, dan klik “OK
  4. Keempat, silahkan anda restart komputer atau laptop milik anda, karena anda telah melakukan perubahan seperti di atas.

Apabila 2 cara di atas masih tidak dapat membuat anda mengatasi error Windows Script Host Windows 10, Windows Script Host Windows 7 pada komputer anda. Anda bisa mencoba cara ketiga di bawah ini.

3. Cara Mengatasi Windows Script Disabled by Smadav

Tutorial kali ini untuk mengatasi error Windows Script Host Access id Disabled lebih cocok sekali untuk anda yang menggunakan software antivirus Smadav di komputer anda.

Ada kemungkinan error ini terjadi dikarenakan adanya program tersebut di komputer anda. Apabila benar anda menginstall software atau aplikasi antivirus ini di komputer anda, cara mengatasinya cukup mudah.

Berikut langkah-langkah mengatasi Windows Script Host Access id Disabled on This Machine dengan Smadav:

  1. Pertama, anda buka tray ikon Smadav, dan klik kanan.
  2. Kedua, nantinya akan muncul beberapa pilihan, dua diantara pilihan tersebut akan berhubungan dengan error Windows Script Host.
    Pilihan tersebut yaitu “Allow Windows Script & Macro (Until Restart)” dan pilihan “Allow Windows Script & Macro (Forever)“.
  3. Ketiga, di sini admin menyarankan anda untuk memilih pilihan kedua. Mengapa demikian? sebab hal ini agar nantinya anda tidak harus melakukan settingan seperti ini berulang-berulang.
  4. Keempat, apabila masalah anda belum selesai, silahkan anda restart komputer anda. Semoga berhasil !!!.

Note: Cara yang ketiga ini ditujukan bagi anda yang menginstall aplikasi antivirus Smadav saja ya.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara mengatasi Windows Script Host Access id Disabled on This Machine telah admin bahas.

Cara di atas bisa anda gunakan apabila anda mengalami error Windows Script Host pada Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10 di komputer anda.

Sebagai keterangan saja, mungkin beberapa tampilan akan berbeda dengan tutorial. Jadi diharapkan anda untuk teliti dan cermat ya untuk menyesuaikannya saat mengikuti tutorial ini.

Jangan lupa untuk berhati-hati saat mengikuti tutorial ini ya, agar nantinya tidak menambah masalah pada komputer anda. Terima kasih sudah berkunjung.

0