Cara Mengatasi PUBG Mobile LAG pada Ponsel RAM 2GB

252
4
Cara Mengatasi Pubg Mobile Lag
Cara Mengatasi Pubg Mobile Lag

Halo gaes, perkenalkan nama saya “Reza” dari blog sebelah RezaNauma.com  Kali ini saya akan membagikan Cara Mengatasi PUBG Mobile LAG pada ponsel RAM 2GB.

Yap seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa tips yang akan saya tuliskan nanti tergolong “sederhana” saja, dan bisa dipastikan hampir semua orang bisa mengikutinya.

Oke langsung saja, ini dia caranya…

1. Kurangi apps tidak penting yg aktif di background

Dikarenakan jumlah/kapasitas RAM 2GB itu tergolong PAS-PASan, maka dari itu saya sarankan agar kamu mengurangi apps tidak penting yang aktif di latar belakang.

Beberapa aplikasi yang menurut saya tidak penting itu antara lain Adobe, CleanMaster, Babe, dan apps bloatware lainnya yang jarang kamu gunakan. (silahkan disesuaikan saja, tiap orang beda kebutuhan)

Hal ini bertujuan untuk “menyediakan” sumber daya memori yang dibutuhkan suatu game agar bisa running lebih maksimal.

2. Pastikan koneksi internet stabil

Jangan salah, bawha koneksi internet yang tidak stabil tentunya bisa membuat game mengalami yang namanya “LAG” ataupun “delay” pada saat proses gameplay.

Jadi pastikan bahwa koneksi internet yang kamu pakai sudah memadai. (kejadian lag, tidak melulu berasal dari hardware)

3. Jangan gunakan APK versi MOD

Untuk poin nomor 3 ini, sebenarnya berlaku untuk semua jenis game/apps. Alasannya, karena file APK yang sudah di modif, biasanya rentan kejadian error/muncul bug baru akibat sudah di utak-atik oleh pihak luar. (bukan developer resmi/pencipta aplikasi)

Lebih baik download langsung saja lewat Google Play saja. (selain stabil, apps dari Google Play sudah dijamin aman dari virus)

4. Jangan main game sambil di charge

Main game sambil di charge mengakibatkan ponsel menjadi lebih panas, hingga berdampak pada peforma hardware yang otomatis diturunkan jika mengalami overheat.

Apalagi jika ponsel yang kamu gunakan itu spek PAS-PASan (ram 2GB), tentu “perbedaan” peforma akibat overheat ini akan benar-benar semakin terasa.

5. Sisakan ruang internal, setidaknya 30%

Walaupun hanya berpengaruh sedikit saja, namun tidak ada salahhnya untuk mengoptimalkan di bagian penyimpanan internal ini.

Karena pada apps/game yang dibuka, tentu ada proses baca/tulis file yang berlangsung di memori internal.

Jika memori internal sudah dalam keadaan full, maka game yang sedang dibuka akan terganggu kinerjanya, atau bahkan lebih parahnya lagi bisa kejadian force close.

6. Udah, itu aja…

Cukup lakukan 5 poin di atas saja, maka peforma ponsel sudah dipastikan berada di peforma terbaiknya… Namun jika tetap saja masih LAG, berarti hardware ponsel yang kamu gunakan itu sudah terlalu tua.
Dan yang paling penting, pastikan di bagian CPU & GPU ponsel mu itu nggak jadul-jadul amat. (minimal Adreno 425 udah cukup, walaupun sebenarnya agak maksa)

Oke itu saja artikel singkat hari ini Cara Mengatasi PUBG Mobile LAG

Kalo ada yang mau ditanyakan, silahkan komen aja…

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here