Cara Mengatasi Pengangguran Friksional Lengkap Dan Tipsnya

585
2
Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional – Halo sobat Aorlin, perlu anda ketahui bahwa pengangguran memiliki beberapa jenis yang berbeda. Beberapa jenis pengangguran tersebut ialah pengangguran struktural, pengangguran musiman, pengangguran friksional, pengangguran siklis dan jenis pengangguran lainnya.

Namun untuk kali ini akan dijelaskan tentang pengangguran friksional. Pengangguran friksional adalah seorang pengangguran yang dimana pada sebelumnya orang tersebut memiliki sebuah pekerjaan, namun memilih untuk berhenti dengan tujuan untuk mencari pekerjaan yang menurutnya dapat berdampak lebih baik bagi dirinya.

Contohnya, Jika anda adalah seorang pekerja kantoran yang dimana anda ingin memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan anda yang sekarang, dengan harapan ingin menemukan pekerjaan yang lebih baik dari segala aspek untuk diri anda.

Maka jika anda seperti demikian, jika anda sudah keluar dari perusahaan tersebut maka anda dinamakan sebagai penganggurang friksional.

Sebelum Mengetahui Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Ketahui Terlebih Dahulu Beberapa Kemungkinan Penyebabnya di bawah ini.

Kenapa seorang pekerja bisa dengan mudah untuk berhenti dari perusahaan sebelumnya tempat dia bekerja? Pasti banyak sekali yang dapat menyebabkan seorang pekerja memilih berhenti dari perusahaan tempat dia bekerja sebelumnya.

Beberapa hal tersebut contohnya bisa karena seorang pekerja tersebut menghadapi sebuah konflik atau permasalahan pribadi dengan rekan kerja yang lainnya, atau bisa juga dengan perusahaan tempat dia bekerja tersebut.

Hal lainnya yang bisa juga menjadi penyebabnya ialah, mungkin saja pekerja tersebut merupakan seorang yang rajin menabung jadi disaat dia ingin mendapatkan pengalaman yang baru di perusahaan yang lain, dia masih memiliki simpanan uang karena dia adalah orang yang sangat rajin menabung.

Ataupun bisa juga karena pekerja tersebut memiliki sebuah kepentingan dengan keluarganya yang menurut dia tidak bisa untuk diabaikan. Kemungkinan adapula kasus yang dimana seorang pekerja tersebut merupakan pekerja yang sangat rajin.

Namun dikarenakan terjadinya sebuah masa darurat contohnya masa resesi, mungkin ada beberapa pekerja yang tidak ingin untuk dipecat dari perusahaan tempat dia bekerja, walau pekerja tersebut tidak menyukai pekerjaannya.

Namun pekerja tersebut malah dipecat oleh atasannya. Hal tersebut mungkin sering terjadi. Sebab, sebagai sebuah perusahaan yang termasuk dalam bidang bisnis. Tidak memandang seorang apakah menyukai pekerjaannya atau tidak.

Dampak Pengangguran Friksional

Walaupun termasuk jenis pengangguran. Tapi pengangguran friksional bisa dibilang lebih baik dibandingkan pengangguran jenis lainnya. Hal ini karena pengangguran friksional merupakan jenis pengangguran yang telah memiliki pekerjaan sebelumnya. Artinya pengangguran friksional adalah seseorang yang telah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Jadi pengangguran jenis friksional tidak terlalu berdampak berbahaya bagi sektor ekonomi.

Namun pengangguran friksional akan sangat berdampak bagi perusahaan. Karena jika pengangguran friksional menunggu untuk mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan. Hal ini tentu akan membuat perusahaan kesulitan, dalam mendatangkan pekerja baru dengan kualitas yang mungkin lebih baik. Namun tidak menambah biaya tenaga kerja yang terlalu tinggi.

Sebab jika biaya tenaga kerja yang meningkat, hal tersebut akan menyebabkan terjadinya sebuah inflasi yang menengkan biaya. Apabila buruh pekerja meningkat hal ini tentu akan menyebabkan ketidaksetaraan pendapatan dalam sebuah negara. Maka dari itu dibuatlah beberapa metode atau cara mengatasi pengangguran friksional di bawah ini.

Baca juga : 50 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Beberapa Tips Cara Mengatasi Pengangguran Friksional Yang Perlu Anda Ketahui

1. Kurangnya Media Informasi Yang Menyebarkan Lowongan Pekerjaan

Tentu sebuah perusahaan yang sedang kekurangan pekerja, akan membuat sebuah informasi lowongan pekerjaan pada berbagai media promosi baik di koran, media informasi online, dan media promosi lainnya.

Jika sebuah perusahaan kurang dalam mempromosikan lowongan pekerjaan, tentu akan membuat perusahaan tersebut merasa sulit dalam menemukan calon pekerjanya yang baru.

Serta akan memperlambat berkurangnya jenis pengangguran friksional, dikarenakan pengangguran friksional tersebut tidak menemukan lowongan yang anda promosikan, yang mungkin cocok dengan beberapa kandidat pengangguran friksional di luar sana.

2. Harusnya Seorang Pengangguran Friksional Aktif Dalam Mencari Informasi Lowongan Kerja

Jika di atas membahas dari sisi perusahaan, maka sekarang akan membahas dari sisi seorang pengangguran friksional. Sebagai seorang pengangguran friksional sangat dianjurkan sekali mencari informasi lowongan pekerjaan seperti di Media Sosial, dan media lainnya.

Dengan demikian mungkin dapat terjadinya keseimbangan baik dari sisi pengangguran friksional itu sendiri dan juga dari sisi perusahaan yang membutuhkan pekerja yang baru.

3. Meningkatkan Kualitas Sebagai Pengangguran Friksional

Selain dua faktor di atas, adapula faktor yang terjadi seperti ini. Dimana sebuah perusahaan kesulitan dalam menemukan calon kandidat yang pas untuk menempati posisi yang kosong di perusahaan tersebut.

Ataupun seorang kandidat yang kesulitan menemukan posisi lowongan kerja yang sesuai dengan skill yang telah dia kuasai. Persoalan seperti ini tentu akan sangat sulit.
Adapun cara mengatasinya ialah, apabila seorang pengangguran friksional tersebut berusaha untuk meningkatkan skill baru yang dia kuasai, agar semakin banyak skill dan pengalaman yang dia miliki.

4. Meningkatkan Infrastruktur Baru ataupun Memperbaiki Infrastruktur Lama

Negara Indonesia yang memiliki penduduk dan sumber daya alam yang begitu melimpah. Negara Indonesia juga termasuk jenis negara berkembang, yang dimana tentu akan selalu ada peningkatan dalam segi infrastruknya.

Dengan menciptakan infrastruktur baru atau memperbaiki infrastruktur lama seperti memperluasnya atau melakukan perbaikan dalam segi yang lain.
Hal tersebut pasti akan sangat berdampak sekali pada pengurangan jumlah pengangguran apapun.

Baik pengangguran friksional ataupun pengangguran jenis lainnya.
Sebab dengan adanya Infrastruktur baru atau perbaikan infrastruktur lama, tentu akan membutuhkan tenaga kerja dari berbagai bagian.
Hal ini tentu akan menyerap pengangguran yang telah ada sehingga dapat berpeluang mendapatkan pekerjaan dari hal tersebut.

5. Mendukung Berbagai Jenis UKM dan Start-Up yang Sedang Berkembang.

Hal lain yang dapat mengurangi pengangguran jenis friksional dan pengangguran jenis lainnya adalah dengan membantu para UKM atau pendiri Start-Up yang sedang berkembang.

Bisa kita lihat pada zaman saat ini, banyak sekali Start-Up dan UKM yang berkembang sukses lalu memiliki banyak pekerja didalamnya. Seperti contoh perusahaan Start-Up yang bergerak dibidang E-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan yang lainnya.

Bayangkan bagaimana jika Start-Up lain yang sedang berkembang mendapatkan dukungan dari pemerintah? dan bagaimana jika banyak Start-Up yang sukses? Tentu akan membutuhkan para tenaga kerja yang tidak sedikit.

Maka dari itu sangat bagus sekali jika pemerintah tiap daerah, melihat apakah di daerah dia memimpin terdapat sebuah perusahaan Start-Up yang sedang berkembang.

6. Mendirikan Banyak Situs Pencari Lowongan Kerja

Di zaman yang sudah serba online ini, membuat banyak situs pencari lowongan pekerjaan. Tentu akan bermanfaat dalam upaya pengurangan jumlah pengangguran yang ada pada saat ini.

7. Tidak Terjadinya Tindak Diskriminatif

Sebagai seorang pekerja yang segera ingin berhenti dari tempat dimana dia bekerja saat ini. Sebagai perusahaan tidaklah bisa untuk memaksa pekerja tersebut agar tetap bekerja pada perusahaannya.

Walau pada kebanyakan kasus pekerja harus menandatangani sebuah perjanjian khusus sebelum memulai bekerja di perusahaan tersebut. Sebagai seorang pekerja juga harus berusaha menghormati perjanjian tersebut.

Namun alangkah baik setiap perusahaan memberikan sebuah ruang di luar agar pekerjanya dapat lebih berkembang dan menemukan pekerjaan impiannya.

Semoga artikel dengan judul : Cara Mengatasi Pengangguran Friksional Lengkap Dan Tipsnya, dapat bermanfaat untuk anda semua. Jangan untuk share artikel ini ke social media anda seperti Facebook, IG, dan lain-lain sebagai bentuk dukungan anda untuk admin, Terima kasih.

0

2 KOMENTAR

Comments are closed.