√ Cara Mengatasi Cartridge HP Tidak Terdeteksi & Tidak Keluar

126
0
Cara Mengatasi Cartridge HP

Cara Mengatasi Cartridge HP Tidak Terdeteksi dan Tidak Keluar – Halo sahabat aorlin. Pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang mungkin bisa mengatasi beberapa masalah yang sering terjadi pada mesin printer.

Cara Mengatasi Cartridge HP Tidak Terdeteksi & Tidak Keluar

Cara Mengatasi Cartridge HP

Pada umumnya printer sering kali digunakan oleh berbagai orang, instansi, atau suatu kelompok untuk melakukan proses cetak-mencetak. Mesin pencetak ini memang sering kali mengalami suatu masalah yang bervariasi sehingga mesin pencetak tersebut tidak dapat digunakan secara normal.

Terjadinya suatu problem pada mesin pencetak ini tentu saja akan membuat aktivitas kita terhambat. Sudah jelas sekali jika mesin printer tidak berfungsi maka aktivitas mencetak kita juga akan terhenti.

Dengan begitu, jika kita tidak segera mengatasinya maka akan membuat kita tidak dapat menyelsaikan pekerjaan yang akan kita kerjakan. Apabila pekerjaan kita tertunda, hal itu tentu saja akan membuat pekerjaan kita semakin menumpuk.

Maka dari itu ada baiknya bagi anda untuk segera memperbaiki mesin printer yang anda gunakan. Sebelum itu anda perlu memahami beberapa masalah yang biasanya terjadi pada mesin printer ini.

Umumnya Ada 9 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer

  1. Mengirimkan file yang akan dicetak ke printer yang salah
  2. Hasil cetak terdapat garis horisontal
  3. Kecepatan mencetak mesin printer sangat lama
  4. Hasil cetak kurang tebal
  5. Hasil cetak terdapat bercak
  6. Masa hidup cartride relatif cepat karena penggunaan tinta pihak ketiga
  7. Printer wireless sangat lambat saat mencetak
  8. Notifikasi tinta habis sebenarnya masih ada
  9. Masalah pengeluaran tinta yang dirasa mahal

Apabila anda mengalami salah satu masalah yang terdapat di atas. Maka di bawah ini saya akan mencontohkan tips untuk mengatasi beberapa masalah di atas dengan menggunakan beberapa jenis printer beserta masalahnya sebagai contoh.

Cara Mengatasi Tinta cartridge HP Tidak Keluar

1. Anda terlebih dahulu harus memastikan bahwa stiker penutup bagian lubang pengisian cartridge dalam kondisi yang terbuka.

2. Anda harus meletakkan cartridge dalam posisi berdiri tegak. Anda bisa juga menaruhnya dalam sebuah gelas.

3. Selanjutnya isikan gelas tersebut air panas secukupnya hingga mendekati lubang pengisian cartridge(Tidak harus mendekati atau setengahnya juga tidak apa-apa).

4. Lalu diamkan selama kurang lebih 3 menit. Jika terdapat angin yang masuk ke dalam cartridge. Maka yang terjadi selanjutnya akan keluar tinta atau tinta yang menggelembung pada bagian lubang cartridge.

Namun seandainya yang cartridge timbul ke atas karena direndam menggunakan air tersebut. Hal tersebut kemungkinan mengindikasikan bahwa cartridge berisi angin yang cukup banyak.

Jika demikian anda diharuskan menekan cartridge dengan tangan atau anda bisa menyimpan sesuatu di atas cartridge tersebut.

5. Apabila anda telah menunggunya cukup lama, lalu tidak terlihat ada tinta atau gelembung yang keluar. Anda angkat cartridge anda tanpa menyentuh bagian elemen lalu selanjutnya anda keringkan cartridge tersebut bisa dengan tissue. Setelah dilap lalu dinginkan.

6. Selanjutnya pada software printer anda lakukan Head Cleaning, lalu anda test apakah tinta pada cartridge anda sudah membaik atau belum.

7. Apabila masih belum anda bisa mengulangi langkah-langkah di atas kembali. Jika masih belum normal juga bagaimana? Anda bisa mencoba membiarkan bagian isolasi atau lubang pengisian cartridge terbuka, lalu mulai lakukan head cleaning.

Untuk anda yang memiliki cartridge hp 680, dan anda ingin melakukan reset terhadap cartridge anda. Maka anda bisa melihat tutorialnya di bawah ini.

Cara Reset cartridge HP 680

Kali ini admin akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara mengatasi error tinta kedip yang terjadi pada printer HP Ink Advantage 2135 cartridge HP 680 :

  1. Terlebih dahulu anda matikan printer anda lalu cabut bagian kabel power serta USB dari komputer anda.
  2. Anda harus memastikan masih adanya kertas yang terdapat pada Tray Printer.
  3. Anda buka bagian penutup depan printer dan anda buka juga penutup cartridge milik anda.
  4. Posisi cartridge pada umumnya terletak di bagian pojok kiri printer.
  5. Anda tarik dengan manual bagian dudukan cartridge tinta ke bagian tengah.
  6. Lalu selanjutnya anda ambil cartridge yang lampu indikatornya berkedip.
  7. Anda pasang kembali cartridge tersebut dan biarkan posisi tempat cartridgenya tetap berada di tengah.
  8. Lalu anda tutup kembali penutup cartridge bagian depan.
  9. Selanjutnya anda colokkan kabel power ke printer milik anda.
  10. Lalu anda tekan tombil silang(cancel) dan tahan kemudian anda tekan bagian tombol On/Off(tombol power), dan jangan dilepaskan hingga 5 samapi 10 detik sampai indikator yang berkedip berhenti.
  11. Lalu printer biasanya akan mencetak informasi tentang cartridge pada printer milik anda.
  12. Dan printer HP Ink Advantage 2135 berhasil anda reset.

Demikianlah bagaimana cara reset cartridge HP 680 pada printer HP Ink Advantage 2135. Apabila cara tersebut tidaklah berhasil, maka kemungkinan chip cartridge 680 miliki anda telah rusak.

Kalau sudah begini admin menyarankan anda untuk membeli chip cartridge 680 yang baru, harganya kalau tidak salah sekitar 100ribu saja kok tidak terlalu mahal.

Untuk tips mengatasi error tinta cartridge yang kering, anda bisa mempelajarinya dengan menonton video di bawah ini.

Tips Mengatasi Error Tinta Cartridge Yang Kering

0