Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto
Knowledge, Tutorial

3 Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto Sangat Mudah

Cara Memperbesar Ukuran JPG – Mungkin di antara kita ada yang memiliki sebuah dokumentasi file foto yang bagus dan sangat disukai. Namun, memiliki kualitas resolusi yang tidak terlalu baik.

Sangat disayangkan pada momen tertentu disaat di antara kita membutuhkan foto tadi, diharuskan foto tersebut memiliki resolusi yang agak besar. Bagaimanakah cara memperbesar resolusi dari foto tersebut?.

Apabila Anda mengalami hal atau momen seperti yang saya contohkan di atas. Maka Anda harus segera membaca dan menyimak tutorial yang akan saya beritahu sekarang pada artikel ini.

Mungkin Anda ingin menggunakan foto tersebut untuk diupload di media sosial Anda, ataupun di tempat yang lain. Sehingga Anda membutuhkan resolusi foto yang cukup besar.

Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbagus resolusi dari file foto yang Anda miliki.

Beberapa cara di antaranya Anda bisa menggunakan aplikasi, atau Anda juga bisa menggunakan website yang ada di Google untuk memperbesar resolusi foto Anda.

Tentunya cara yang kedua terdengar lebih mudah. Tapi, jika Anda tidak mengetahui website-website yang bisa memperbagus resolusi foto tersebut percuma saja kan.

Anda tidak usah bersedih. Karena, admin akan memberitahukan cara lain, yaitu menggunakan beberapa aplikasi yang mungkin terdengar familiar oleh telinga Anda.

3 Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto

#1. Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Aplikasi Paint

Cara Memperbesar Ukuran JPG dengan Paint

Paint merupakan salah satu aplikasi yang terdapat di Komputer. Aplikasi ini merupakan aplikasi berjenis software yang berguna sebagai pengolah gambar.

Aplikasi ini biasanya sudah terinstall pada komputer yang memakai sistem operasi windows. Karena, aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari microsoft windows itu sendiri.

Bagaimana cara memperbesar resolusi gambar JPG dan foto menggunakan aplikasi ini? Berikut caranya.

  1. Pertama, sediakan file JPG atau foto yang ingin Anda perbesar resolusinya.
  • Anda bisa dengan langung mengklik kanan pada file JPG atau foto Anda tersebut lalu > Pilih Open With dan > Pilih aplikasi Paint.
  1. Kedua, setelah gambar Anda terbuka di aplikasi Paint. Anda cari tombol Resize.
  2. Ketiga, selanjutnya Anda klik pada menu Pixels > nah di sini silahkan Anda sesuaikan resolusi foto Anda sesuai yang Anda butuhkan.
  • Sebagai catatan yang penting ukuran resolusinya harus lebih besar dari sebelumnya.
  1. Keempat, berikutnya tinggal Anda save file Anda dengan cara:
  • Klik menu bertuliskan File > Lalu pilih Save As > Kemudian pilih format JPEG picture(format JPG).
  1. Kelima, selanjutnya tinggan Anda masukkan nama file baru Anda tersebut dan klik Save.
  • Menurut admin sendiri sih ini merupakan cara yang paling mudah. Kenapa demikian? Karena, aplikasi Paint sendiri biasanya sudah menjadi aplikasi bawaan dari perangkat windows.

Jadi Anda tidak usah lagi menginstal aplikasi lainnya yang ribet-ribet.

Catatan:

  • Jangan mengubah bagian Skew (Degress) apabila Anda tidak ingin mengubah gaya dari foto tersebut
  • Jika Anda tidak ingin menggunakan settingan pixels saat memperbesar resolusi foto Anda, Anda bisa menggunakan pengaturan Percentage yang ada di Paint.
  • Oh iya, jangan lupa juga untuk Anda mencentang bagian Maintain Aspect Ratio. Hal ini berguna jika Anda tidak ingin mengatur secara manual.

Baca juga : Cara Kompres Gambar Jpg Menjadi Kurang dari 200KB

#2 Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Let’s Enhance

Cara Memperbesar Ukuran Foto

Tidak hanya memperbesar ukuran JPG atau foto dengan aplikasi. Anda juga bisa menggunakan situs yang bertebaran di Google untuk keperluan ini. Salah satunya yaitu situs Let’s Enhance

Jadi kamu tidak akan ribet lagi dengan diharuskan menginstall aplikasi yang lain hanya untuk memperbesar ukuran foto saja. Bagaimana caranya? Cukup mudah kok. Yuk lihat caranya di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan Anda buka situs web Let’s Enhance di https://letsenhance.io/boost, dan login atau Anda bisa langsung login dengan akun Facebook Anda.
  2. Kedua, setelah Anda membuka website tersebut, silahkan Anda klik tombol ‘Click here to upload image‘. Silahkan Anda masukkan foto yang ingin Anda perbesar resolusinya.
  3. Langkah ketiga, Anda akan langsung ke menu ‘Operations‘ kemudian geser di bagian ‘Upscale Type‘ dan otomatis ukuran file JPG atau foto Anda akan langsung lebih besar.
  4. Langkah ke empat, Anda klik ‘Start processing‘, dan Anda tunggu foto atau file JPG Anda sedang diproses oleh website tersebut.
  5. Terakhir, Anda bisa langsung mendownload file Anda yang kualitasnya sudah lebih besar dari sebelumnya.

Catatan:

  • Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbayar. Untuk Anda yang baru daftar Anda akan diberikan credits sebesar 5, yang bisa Anda gunakan untuk memperbesar 5 foto atau file milik Anda.
  • Kerennya aplikasi ini cukup mudah sekali digunakan, dan kualitasnya juga cukup oke. Setelah admin coba, ukuran foto admin jadi lebih besar baik size atau besar MB foto admin.
  • Kekurangan lain situs ini yaitu, untuk mengatur ukuran foto secara manual Anda diharuskan menjadi kustomer berlangganan dahulu.

#3. Cara Memperbesar Ukuran Foto Dengan Situs Resizeimage.net

Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto

Situs lain yang bisa Anda gunakan untuk memperbesar ukuran foto ataupun file JPG milik Anda yaitu resizeimage.net.

Berbeda dengan situs di atas, situs ini merupakan situs yang gratis untuk Anda gunakan tanpa batasan credits atau apapun.

Cara untuk memperbesar ukuran JPG dan foto Anda menggunakan situs Resizeimage.net ialah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka situs Resizeimage di sini Resizeimage.net
  2. Kedua, Anda klik pada tulisan ‘Upload an image‘, kemudian masukkan file JPG atau foto yang ingin Anda edit. Selanjutnya perhatikan keterangan berikutnya di bawah ini.
  • Crop your image : Pilih ‘Normal‘ pada bagian ini. Untuk bagian lain silahkan Anda biarkan saja.
  • Rotate your image : Pada setting no rotation silahkan dibiarkan saja.
  • Resize your image : Anda geser ke sebelah kanan apabila ingin memperbesar ukuran gambar Anda. Jangan lupa centang di bagian ‘Auto Mode‘ dan ‘Keep Aspect Ratio‘(Apabila Anda membutuhkannya).
  • Select the output image format : Pilih hasil format foto atau file yang Anda inginkan, disarankan pilih JPG saja jika Anda mengedit gambar JPG.
  • Optimize your image : Silahkan centang bagian ‘Best image quality‘ agar Anda mendapatkan kualitas file yang terbaik.
  1. Langkah ketiga, setelah Anda melakukan setingan untuk file JPG yang Anda edit. Anda bisa klik ‘Resize image‘.
  2. Langkah keempat, silahkan Anda Save file Anda yang telah diedit tersebut.

Demikianlah 3 Cara Memperbesar Ukuran JPG dan Foto secara gratis. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.