Cara Membuka File Rar di Android Menggunakan File Manager Bawaan

180
2
Ilustrasi Cara Membuka File Rar Di Android
Ilustrasi Cara Membuka File Rar Di Android

AORLIN.com – Proses ekstraksi biasa dilakukan untuk membuka file yang terkompres. Tujuan dari pengompresan sendiri biasanya untuk menyatukan beberapa file yang terpisah, sekaligus mengecilkan ukuran file itu sendiri.

Salah satu format kompresi yang paling populer adalah .zip. Format satu ini pertama kali diperkenalkan oleh Phil Katz. Selain .zip, beberapa format yang tidak kalah populer seperti .rar, tar, dan .7z.

Saat ini, mengelola file terkompresi tidak hanya bisa dilakukan di perangkat berbasis desktop. Tetapi bisa juga dilakukan di perangkat android.

Hal ini dikarenakan, banyaknya aplikasi untuk mengolah file yang dalam keadaan terkompresi.

Cara Membuka File Rar di Android Menggunakan File Manager Bawaan

Sebelum membahas seputar cara mengekstrak file di android, terlebih dahulu saya akan memberikan penjelasan seputar istilah “ekstrak” dan “kompres”.

Seperti yang kita ketahui, kompres merupakan istilah untuk menggabungkan beberapa file/folder menjadi satu format. Proses kompresi bisa membuat file lebih ringkas, sekaligus mengecilkan ukuran file itu sendiri.

Jika kompres bertujuan untuk membuat file/folder menjadi satu, maka ekstrak berguna untuk membuka file tersebut agar bisa dibaca. Setelah diekstrak, file/folder akan kembali ke format semula.

Ilustrasi 2 Cara Membuka File Rar Di Android
Ilustrasi 2 Cara Membuka File Rar Di Android

Untuk anda yang penasaran bagaimana cara mengekstrak file di android, berikut informasinya.

Cara Membuka File Rar di Android Menggunakan File Manager Bawaan

Cara pertama, anda bisa mengekstrak file di android menggunakan file manager bawaan. Saat ini, beberapa merk smartphone telah dibekali kemampuan untuk mengompres dan mengekstrak file.

Keuntungan dari cara ini, anda tidak perlu menginstal aplikasi dari pihak ketiga, dan membuat penyimpanan smartphone tetap lapang.

Untuk mengekstrak file, anda hanya perlu masuk ke aplikasi file manager. Lalu, cari file yang akan diekstrak. Selanjutnya, akan muncul pilihan “ekstrak disini” atau “ekstrak di folder lain”.

Jika anda ingin mengekstrak di folder lain, bisa memilih pilihan kedua. Terakhir, tinggal tunggu proses ekstraksi sampai selesai.

Cara Membuka File Rar di Android Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Di beberapa smartphone, terutama seri yang cukup lawas biasanya tidak bisa mengekstrak/mengompres file secara langsung.

Jika file manager pada smartphone belum mendukung proses ekstrak file, anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Saat ini sudah cukup banyak aplikasi untuk mengekstrak file yang bisa diunduh di Playstore. berikut cara membuka file Rar di ANdroid menggunakan aplikasi Pihak Ketiga :

1. Cara Membuka File Rar di Android Menggunakan ZArchiver

Aplikasi tambahan yang pertama yaitu ZArchiper. ZArchiver merupakan salah satu aplikasi populer untuk mengelola file.

Dikembangkan oleh ZDevs, ZArchiver bisa digunakan untuk mengekstrak dan mengompres file, bahkan pada smartphone lawas sekalipun.

Aplikasi ini cukup ringan, dan tidak memakan banyak memori. Anda bisa mengunduh ZArchiver secara gratis di Playstore.

Untuk mengekstrak file menggunakan ZArchiver caranya sederhana.

Cukup buka ZArchiver, lalu cari file yang akan diekstrak.

Klik file, dan akan muncul berbagai pilihan seperti lihat, ekstrak disini, kompres, dan pilihan lainya.

Klik “ekstrak disini” untuk mengekstrak file di folder tersebut secara langsung.

2. Cara Membuka File Rar di Android Menggunakan EZ File Exploler

Aplikasi selanjutnya untuk mengekstrak file adalah EZ File Exploler. Sesuai namanya, aplikasi satu ini berfungsi untuk mengelola file, sekaligus melakukan proses kompresi dan ekstraksi.

EZ File Exploler sendiri telah diunduh lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan ratting 4,4 dari 17 ribu ulasan.

Cara penggunaan dari EZ File Exploler cukup sederhanya. Anda hanya perlu masuk ke aplikasi EZ File Exploler, lalu cari file yang akan diekstrak.

Tekan file tersebut hingga muncul menu untuk mengelola file. Pilih “more” (pojok kanan bawah), lalu pilih “Extract To”. Klik “OK”, dan tunggu proses ekstraksi selesai.

Selain kedua aplikasi diatas, anda bisa menggunakan aplikasi lain seperti Easy Unrar, WinZip, dan berbagai aplikasi lainya.

Demikian postingan mengenai Cara Mengekstrak File di Android, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Terima kasih telah membacar artikel ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu, jangan lupa berikan saran dan kritik mu untuk Blog sederhana ini, Sampai jumpa di artikel berikutnya 🙂

Wassalammm…..

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here