Cara Gratis Membuat Alamat Email Dengan Nama Domain Sendiri di G Suite

194
19
Cara Membuat Email GSuite Gratis Domain Sendiri
Aorlin.com Cara Gratis Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri di G Suite. Sebagai pelaku bisnis, entah itu offline, online ataupun keduanya. Alamat email merupakan satu identitas yang menjadi sarana berinbteraksi kepada semua orang secara global.
Membuat Email G Suite Gratis

Sehubungan dengan itu, demi menjaring kepercayaan calon konsumen, ada baiknya kita menggunakan alamat email yang menggunakan nama domain sendiri agar tampak lebih profesional dan serius menjalankan bisnis terkait.

Adapun banyak cara untuk dapat memiliki email yang memakai nama sendiri seperti mail@aorlin.com, info@namabisnis.com, kontak@domainkita.com dan lain sebagainya. Akhiran blablabla dot com itulah yang selanjutnya kita sebut sebagai domain. Dipostingan ini Aorlin akan berbagi pengalaman bagaimana membuat alamat email domain sendiri di platform G Suite secara gratis atau trial selama 14 hari.
Berikut beberapa syarat yang diperlukan sebelum kita lanjut ke bagaimana cara membuat email profesional di akun G Suite;
  1. Email aktif – boleh gmail, yahoo, outlook, aol, zoho, mail ataupun lainnya.
  2. Domain aktif full control – bisa beli dimana saja, saran Aorlin sih sebaiknya beli di https://domains.google agar lebih mudah kelolahnya.
  3. Motivasi – kalo gak ada motivasi ya ngapain mending main game aja sambil tiduran.
Sip kalo 3 syarat diatas sudah terpenuhi kita lanjut ke proses pembuatannya, disini Aorlin hanya sisipkan screenshoot yang vital-vital saja yah. Selebihnya cukup Aorlin kasih arahan dan kamu bisa ikuti atau pahami sendiri instruksi yang tampil secara langsung. Ga susah kok, yok lanjut….

Buat Akun Di G Suite

G Suite Google
Kunjungi halaman https://gsuite.google.com dan klik “MULAI UJI COBA GRATIS” kamu diharuskan mengisi beberapa slide form seperti biasa kalo mau bikin akun-akun layanan serupa. Isi dan next aja sampai ketemu bagian “Cara Anda Masuk”, nah yang perlu diperhatikan, dibagian inilah alamat email yang kita inginkan dibuat, jangan lupa passwordnya yah.

Verifikasi Kepemilikan Domain

Sampai disini, artinya akun G Suite kita sudah jadi, selanjutnya ke tahap verifikasi kepemilikan domain yang kita daftarkan tadi. Setelah ss diatas kita akan diarahkan ke halaman login, masukkan alamat dan password yang kita bikin tadi, contoh: kontak@aorlin.com.
Lalu tambahkan pengguna, contreng selesaikan dan lanjut ke verifikasi domain. Lalu pilih saja metode “Tambahkan data host domain TXT atau CNAME”. Nah ditahapan ini kita akan disodorkan 8 langkah proses yang harus kita contreng, ikuti saja petunjuknya.
Jika semua sudah dirasa benar, akhiri dengan klik tombol “Verifikasi Domain dan Siapkan Email”. Dan jaaaadi deh!. Mudah bukan??, untuk mengakses emailnya kita bisa lewat semua halaman ataupun aplikasi terkait Gmail dan Login dengan menggunakan alamat dan password yang sudah dibuat tadi.
Sedangkan untuk panel kontrol akun google nya kita harus melalui halaman https://admin.google.com dan login dengan akun plus password yang sama. Ada beberapa kelebihan yang kita dapatkan di akun G Suite ini seperti Storage Google Drive yang lebih besar dan banyak lah, coba saja eksplorasi sendiri.
Yak itu lah gambaran langkah-langkah untuk membuat alamat email bisnis dengan nama domain sendiri melalui akun G Suite. Sayangnya untuk terus menikmati semua fitur itu secara gratis kita hanya dikasih limit 14 hari, selanjutnya kita harus membayar setidaknya $3 setiap bulannya selama yang kita inginkan. Kalo untuk pelaku bisnis yang sudah bonafit sih tentu itu sah-sah saja.
Udah yah, kalo ada sesuatu dan lain hal atau apapun mari kita bahas di kolom komentar, see ya!!

19 KOMENTAR

  1. yap sekali lagi terima kasih untuk tambahan info nya om, saya sendiri nggak pakai G Suite, saya pakai Zoho Mail versi gratisannya, heheee 😉

  2. Hehehehehe. Kirain benar gratis. Eeee ujungnya berbayar. Iya sebagai info, bahwa per april harganya naik menjadi 5-6 USD per akun. Sy juga menggunakan email G Suite. Alhamdulillah selama ini nggak ada kendala yg berarti. Terima kasih

  3. Ooh… Jadi bikin domain email milik sendiri begini caranya, berarti sama seperti yang diterapkan perusahaan-perusahaan.

    Keren eh!

    Semoga artikel ini bermanfaat buat mereka yang membutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here