17 Cara Membuat Artikel SEO di Blog Secara Baik dan Benar

181
2
Cara Membuat Artikel SEO Di Blog Secara Baik dan Benar
Cara Membuat Artikel SEO Di Blog Secara Baik dan Benar

Cara Membuat Artikel SEO Yang Menarik – Membuat artikel bisa dibilang gampang-gampang susah. Sama seperti membuat masakan untuk makan keluarga di rumah, jika masakan anda enak dan lezat penuh rasa. Maka orang-orang di rumah tentu akan melahap masakan anda dengan penuh nikmat.

Dalam membuat artikel bisa dikatakan mudah apabila kita sudah menemukan ide tentang apa yang akan kita tulis. Bisa juga dikatakan sulit apabila terjadi sebaliknya, dimana kita tidak memiliki ide atau inspirasi untuk membuat artikel tersebut.

Tetapi, menumbuhkan atau menemukan inspirasi untuk menulis sebuah artikel tidaklah terlalu sulit. Sebelum anda mencari inspirasi dalam membuat artikel, anda terlebih dahulu harus memahami beberapa tips untuk membuat artikel secara baik dan benar.

Tips Cara Membuat Artikel SEO Secara Baik dan Benar

 

  1. Tentukanlah Tema Yang Akan Anda Bahas

Setiap penulis pasti memiliki suatu minat serta ketertarikan dalam beberapa hal. Ketertarikan atau minat tersebut yang menjadikan setiap penulis memiliki perbedaan dalam gaya penulisan yang dibuat antara sesama penulis.

Maka dari itu anda perlu terlebih dahulu menentukan, mencari, atau mengetahui kategori apa yang anda senang yang mungkin itu adalah minat dan ketertarikan anda. Setelah menemukan minat tema seperti yang akan anda bahas dalam artikel yang akan anda buat.

Ini merupakan sebuah langkah awal yang dimana akan lebih memudahkan anda dalam pembuatan artikel nantinya.

Seperti contoh anda adalah orang yang menyukai hal tentang memasak. Mungkin anda bisa membuat artikel tentang teknologi dengan contoh judul ” spesifikasi handphone *** yang akan rilis april 2020 “.

Mungkin anda bisa membuat artikel dengan tema tersebut, tetapi anda belum tentu dapat membuat tulisan yang pembahasannya lebih mendalam. Bisa saja jika anda menulis sesuai minat dan ketertarikan anda.

Seperti contoh di atas contohnya anda memiliki minat tentang memasak. Dengan mengetahui minat anda itu akan lebih membuat anda dapat menulis artikel lebih kreatif serta pembahasan yang lebih mendalam.

Dalam memberikan judulpun mungkin anda akan dapat membuat sebuah judul yang lebih menarik. Contohnya : “Cara membuat nasi goreng enak ala betawi serta resep rahasianya”. Dari contoh tersebut dapat terlihat perbedaan antara penulisan judul sesuai minat dan yang tidak sesuai minat.

  1. Carilah Keyword

Cara Membuat Artikel SEO Di Blog Secara Baik dan Benar

Jika anda baca bagian no 2 ini. Saya menganggap anda sudah mengetahui minat apa yang akan anda jadikan tema dalam penulisan artikel anda nantinya.

Temukan Keyword yang sesuai dengan minat atau artikel apa yang akan anda buat. Setelah anda menemukan keyword tersebut. Marilah saat ini untuk anda menyusun beberapa keyword yang sudah anda dapatkan agar bisa dimasukkan dalam pembahasan artikel.

  1. Cari Sumber Referensi

Setelah anda menemukan keyword untuk artikel yang akan anda buat. Selanjutnya anda harus mencari sumber referensi pembahasan dari website-website lain.

Anda diharuskan untuk membaca artikel serta isi pembahasan yang di bahas oleh website lain. Setelah itu anda perlu untuk mencatat berbagai poin-poin yang dibahas oleh website lain.

  1. Menelaah Kembali Konten Kompetitor

Setelah anda melakukan seperti yang disarankan di no 3. Maka selanjutnya anda harus menilai apa saja yang kurang dari website kompetitor.

Setelah menemukan apa saja yang kurang dari website kompetitor, anda harus mencari kekurangan tersebut dengan melihat di website yang lain lagi. Lalu anda menggabungkan poin-poin yang telah anda catat. Serta susun poin-poin tersebut menjadi urutan yang baik.

  1. Kerangka Artikel

Pada tahap ini saya yakin anda sudah menemukan poin-poin serta ide apa yang akan anda buatkan artikelnya. Membuat kerangka artikel sangatlah diperlukan sebelum anda memulai menulis. Dengan susunan kerangka yang baik tentu akan memberikan kemudahan kepada pembaca dalam memahami isi konten anda.

  1. Berikan Data Aktual

Cara Membuat Artikel SEO Di Blog Secara Baik dan BenarJika anda membuat artikel yang berisikan informasi-informasi tertentu yang memerlukan data yang kredibel. Maka bagus untuk anda menampilkan data tersebut pada konten anda. Hal ini akan menambahkan nilai kepercayaan dari pembaca untuk blog anda.

Data aktual yang dapat anda tampilkan bisa berupa kutipan dari buku populer atau dari media lain baik itu seperti media televisi, radio, dll.

  1. Buat Judul Yang Jelas dan Menarik

Sebagai penulis tentu kita membutuhkan pembaca kan? agar artikel kita bisa dibaca dan bermanfaat untuk orang lain. Maka kita harus memberikan sedikitnya judul yang menarik pada artikel kita. Hal tersebut guna meningkatkan nilai klik saat artikel anda berada pada halaman mesin pencari.

Selain itu untuk menambahkan nilai SEO pada konten anda, anda juga bisa menambahkan atau menyisipkan keyword atau kata kunci pada judul artikel anda.

  1. Sisipkan Gambar Yang Sesuai

Fungsi gambar dalam sebuah artikel tentu menambahkan nilai keindahan pada artikel tersebut. Namun tidak hanya itu saja fungsi gambar dalam sebuah artikel sangatlah banyak.

Fungsi gambar pada artikel beberapa diantaranya ialah :

1. Menambahkan keindahan dalam artikel

2. Memudahkan pembaca dalam memahami isi konten

3. Memberikan nilai SEO yang tentunya sangat bermanfaat untuk website anda

  1. Kepadatan Konten

Konten yang berkualitas dan tidak, tentu sangat berbeda dan memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hal tersebut dapat anda nilai dari seberapa padat pembahasan yang ada dalam konten tersebut. Semakin padat isi sebuah konten tentu sangat bagus bagi sisi pembaca.

Selain itu, konten yang memiliki kepadatan yang cukup berarti tidak terlalu banyak embel-embel tidak penting. Pasti akan membuat pembaca menyukai konten anda dan menjadikan blog anda juga disukai oleh pembaca.

  1. Berikan Rekomendasi Artikel Lain]

Jika anda merasa artikel yang sedang anda buat sudah terlalu panjang, lalu anda ingin membagi pembahasannya pada artikel lain. Hal itu bukanlah masalah yang harus anda hiraukan. Dengan membagi pembahasanpun tentu hal tersebut selain dapat memudahkan pembaca karena tidak terlalu panjang artikelnya.

Tetapi, juga dapat meningkatkan score SEO dan jumlah PAGEVIEWS pada website anda. Jika anda sudah berhasil membuat sebuah artikel dengan baik, ada beberapa hal seputar teknis SEO di bawah ini yang harus anda perhatikan, agar kualitas artikel anda menjadi lebih baik.

Baca Juga > Ragam Kerajinan Kain Perca Polos Untuk Pemula

5 tips untuk membuat artikel lebih SEO Friendly pada sisi On-Page

Cara Membuat Artikel SEO Di Blog Secara Baik dan Benar

  1. Jumlah Kata Dalam Artikel

Membahas SEO memang sesuatu hal yang bisa dibilang tidak pasti. Sebab, setiap orang mempunyai ilmu, dan pengalaman yang berbeda-beda dari sisi SEO. Seperti dalam pembahasan jumlah kata yang tepat agar artikel lebih SEO untuk setiap orang tentu berbeda.

Ada yang berpendapat artikel SEO minimal 500 kata, minimal 500-700 kata atau lebih, dan pernyataan lainnya. Untuk admin pribadi artikel yang baik tentu yang memiliki jumlah kata yang banyak. Tetapi tunggu, tentu artikel dengan jumlah kata yang banyak harus memiliki pembahasan yang baik juga.

  1. URL Permalink

Untuk soal permalink mungkin anda ada sudah mengetahuinya. Untuk yang belum tahu anda bisa menyisipkan kata kunci anda pada bagian permalink. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan nilai SEO On-Page pada artikel serta website anda.

  1. Keyword Utama pada Paragraf Pertama

Jika anda melihat banyak sekali website dengan berbagai macam tehniknya, yang berusaha menempatkan keyword utama pada paragraf pertama di konten mereka. Hal tersebut sangat dianjurkan, sebab jika anda melihat artikel pada kompetitor lain juga banyak melakukannya.

  1. Keyword Turunan atau LSI (Latent Semantic Indexing)

Anda juga jangan melupakan sisi penting yang ini. Hal ini berupaya agar nilai SEO dalam konten anda di mata google menjadi sangat baik. Karena memiliki banyak keyword yang ada di dalam artikel anda.

  1. Menempatkan Keyword Pada Alt Image

Saat anda menyisipkan gambar pada artikel anda. Jangan sampai anda lupa untuk melakukan hal ini. Sebab hal inipun memiliki nilai SEO yang cukup baik untuk konten anda.

Kesimpulan, cara membuat artikel seo secara baik dan benar bisa dibilang gampang-gampang susah kan ? Maka dari itu anda harus mempelajarinya secara perlahan saja jangan terburu-buru. Nanti juga kalau sudah biasa tentu tidak akan sulit seperti saat pertama membuat.

2 KOMENTAR