Cara Memasang Widget Komentar Terbaru Disqus

48
4
Widget Komentar Terbaru Disqus
Widget Komentar Terbaru Disqus

Aorlin.com – Hello World, kali ini kita akan mencoba membuat widget tab komentar disqus seperti yang Aorlin pasang di sidebar tu (udah nggak lagi).

Satu widget dengan 3 tab, yang meng-embed data Komentar Terbaru, Top Komentator dan Komentar Terbanyak versi Disqus.

Sebelumnya Aorlin jelaskan sedikit ya, Disqus merupakan layanan pengelolah komentar pihak ketiga yang multiplatform. Karena itu Disqus sangat kompatibel dengan banyak sekali platform blogging.

Selain itu Disqus juga membentuk semacam jaringan pengguna yang dapat berdiskusi secara langsung tanpa melalui halaman Web/Blog terkait. Bahkan mereka memiliki program periklanan sendiri semacam Adsense, Wordads dsb.Widget Komentar Disqus Keren Untuk BlogJadi singkatnya Disqus ini merupakan kolom komentar yang memiliki Fleksibilitas dan Mobilitas tinggi banget, sangat cocok untuk para blogger.

Lagipula setiap komentar dapat disalin ke semua platform tersebut melalui banyak cara, keren lah pokoknya. oke2 kembali ke topik…

Baca: Cara Menyinkronkan Komentar Disqus Ke Blogger

Awalnya Aorlin agak kesulitan mencari Widget komentar terbaru yang keren dan cocok menggunakan feed dari akun Disqus.

Kebanyakan tutorial yang beredar hanya membahas tentang widget komentar yang hanya menggunakan feed blogger secara langsung.

Namun dengan sedikit perjuangan akhirnya ada satu blog bule yang memuat tentang ini, dan hasil tuh bisa sobat lihat sendiri di sidebar kanan blog Aorlin.com, walau nggak keren-keren amat tapi fungsinya kena banget tu.

Cara Pasang Widget Komentar Disqus Di Blog

Karena menggunakan Javascript jadi widget ini tidak menggunakan kode yang berderet panjang, sehingga tak begitu berpengaruh di beban load halaman blog. Sip lah langsung saja macamni caranya:

  1. Sebagaimana biasanya ita mesti login dulu kan ke akun blogger, yap akun blogger blog sendiri, jangan punya orang lain.
  2. Nah selanjutnya mengarah ke tab “Tata Letak” dan “Tambahkan Gadget“.
  3. Pilih “HTML/JavaScript” masukkan kode dibawah ini dan “Simpan“.

<div id=”CombComments” class=”dsq-widget”><script type=”text/javascript” src=”http://aorlin.disqus.com/combination_widget.js?num_items=5&hide_mods=1&default_tab=popular&avatar_size=20&hide_avatars=1&excerpt_length=50″></script></div>

Setelah 3 langkah diatas sebetulnya widget komentar Disqus nya sudah jadi, tapi bakal nampilin data punya blog Aorlin. Karena itu silakan ganti yang ditandai warna ungu itu dengan id akun Disqus sobat masing-masing.

Dan sebagai keterangan tambahan kita bisa bereksperimen untuk menyesuaikan sedikit tampilannya dengan mengubah value pada kodenya, kalo mau sih…

Itu yang aorlin tandai dengan warna hijau, coba aja.Tuh gimana guys, mudah banget kan, kodenya pun cuma seiprit tuh.

Kalo ada pertanyaan atau apapun terkait Cara Mudah Memasang Widget Komentar Terbaru Disqus ini mari kita bahas di komentar saja ya guys. See ya!

4 KOMENTAR

  1. Tapi kalau saran saya lebih baik login ke disqus dulu, nanti disana ada tahapannya. Sehingga admin blogger bisa sekaligus mengisi data-data di disqus.
    Kalau saya secara pribadi, lebih suka menggunakan bawaan blogspot

    • Iya bang saya juga sebetulnya lebih suka form komentar default, hanya saja kemarin template nya sudah diset default sama yang buat, saya juga sudah coba tutorial dari kompiajaib dsb untuk mengembalikan form default tapi malah error terus, wkwkwk.

      Ya karena memang script terkait dengan form default sudah disapu bersih sama dia, terus aku kontak depelovernya malah gak dibalas sampe sekarang, wkwkwk.

      terimakasih…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here